Pertama, sebagai mitra umat dengan fokus pemberdayaan desa dan UMKM.

Kedua, menampilkan simpati kepada umat dalam menghadapi bencana alam, kesehatan, hingga aspek sosial-agama.

Ketiga, mendidik umat dengan program BSI Scholarship Pelajar dan Mahasiswa, BSI Maslahat Sociopreneur, dan Liketrasi Ekonomi Syariah (LIKES).

Misbahul Munir mengatakan dalam pidatonya bahwa program BSI Scholarship telah melibatkan banyak mahasiswa berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Angkatan pertama (2021), partisipasi melibatkan 500 mahasiswa dari 32 kampus.

Angkatan kedua (2022) mengalami peningkatan signifikan dengan 1000 mahasiswa dari 72 kampus.

Angkatan ketiga (2023) mencapai 1.650 peserta dari 84 kampus di seluruh Indonesia.

"Walaupun program ini dimulai pada tahun 2021, antusiasme terhadap BSI Maslahat Scholarship sangat besar, menjadikannya investasi human capital yang signifikan bagi dunia ekonomi syariah," ujar M. Misbahul Munir.

Regional CEO/Regional IV/Jakarta 1, Deden Durachman menegaskan bahwa menjadi peserta BSI Scholarship bukanlah sesuatu yang mudah diraih.

Setiap mahasiswa harus bersaing ketat, memenuhi kriteria prestasi akademik atau non-akademik, memiliki IPK minimal 3,25, tidak menerima beasiswa dari lembaga lain, dan bersedia menandatangani syarat kelayakan penerima beasiswa.

Acara Graduation & Gala Dinner BSI Scholarship Angkatan 2021 menjadi momen bersejarah bagi sejumlah mahasiswa peserta program. Tiga mahasiswi Institut Tazkia, yaitu Khodijah, Annisa Octavia, dan Munadiya Aliyya, turut mendapatkan gelar wisuda dihari tersebut.

Perwakilan dari Institut Tazkia yang merupakan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Inovasi Abdul Aziz Ibrahim, Warek 3 Bidang Humas dan Marketing Pak Doddy,Kabag. Humas Pak Fajar, dan Kabag. Inovasi Pak Irham, hadir dalam acara tersebut sebagai tamu undangan.

Abdul Aziz memberikan testimoni perihal program BSI Maslahat. Ia menyampaikan apresiasi Tazkia atas program beasiswa tersebut sebagai langkah awal bagi mahasiswa untuk berkontribusi di industri keuangan syariah.

“Tazkia sangat berterima kasih atas program beasiswa BSI Maslahat, yang menjadi stepping stone bagi mahasiswa untuk berkiprah di dunia industri keuangan syariah. 5-10 tahun ke depan, mahasiswa penerima manfaat memiliki semangat untuk jadi muzakki dan menjadi salah satu tool bagi talent pool industry” Ujar Abdul Aziz.

Acara tersebut ditutup dengan pemberian cenderamata kepada perwakilan kampus sebagai bentuk apresiasi dari BSI Maslahat atas kerjasama yang baik. Mahasiswa penerima manfaat juga menerima sertifikat penilaian sebagai penghargaan atas dedikasi dan prestasi selama mengikuti program BSI Scholarship.