Kehadiran ChatGPT oleh OpenAI pada 2023 menggambarkan peningkatan interaksi manusia dengan mesin dan meningkatnya pemanfaatan kecerdasan buatan.

Berikut empat prediksi yang akan menjadi tren dalam komunikasi digital pada tahun 2024.

1. Moderasi dan Etika dalam Komunikasi

Perluasan ruang digital menimbulkan kekhawatiran keamanan dan keaslian. Dalam menghadapi perkembangan pesat AI generatif dan chatbot, perlu ditingkatkan kontrol dan keamanan.

Diperlukan dorongan dari semua pihak untuk memastikan moderasi dan etika dalam era komunikasi digital yang kian tak terbendung perkembangannya.

2. Komunikasi Asinkron Berpusat pada Pengguna

Tren komunikasi non real-time memungkinkan pengguna berinteraksi tanpa batasan waktu, menjadi fokus utama terutama dalam aplikasi customer support modern.

Dalam media tersebut , beberapa pengguna dapat berkomunikasi dengan batasan waktu yang tidak tertentukan.

3. Komunikasi Dipersonalisasi dengan AI Generatif

Penggunaan teknologi AI Generatif pada tahun 2024 untuk menciptakan konten disesuaikan dengan konsumen, mencakup pemasaran email hingga dukungan pelanggan, menjanjikan pengalaman pelanggan lebih personal dan relevan.

Teknologi large language models (LLM) dengan terus berkembangnya dari waktu ke waktu dapat menganalisis data para konsumen dalam jumlah yang banyak untuk menghasilkan respons dan konten yang beresonansi lebih dalam berdasarkan preferensi individu, perilaku waktu nyata, dan interaksi di masa lalu.

4. Konten Multimedia Berdurasi Pendek

Keberhasilan platform seperti TikTok dan Instagram Reels mempopulerkan konten multimedia singkat.

Bisnis beradaptasi dengan tren ini, menyesuaikan perilaku konsumen dan memanfaatkan video pendek untuk mempromosikan merek dengan cara yang lebih efektif.

Tren ini memberikan peluang bagi brand untuk menciptakan komunikasi yang unik dan mudah diingat oleh pelanggan melalui berbagai cara, seperti pemasaran viral, iklan, demo produk, testimoni pelanggan, dan konten awareness brand.