Dalam menghadapi rasa malas, terdapat hal yang perlu diketahui bahwa malas untuk kuliah sejatinya dapat diartikan sebagai ingkar janji pada diri sendiri dan orang tua. Kuliah adalah suatu kewajiban yang harus dituntaskan oleh diri sendiri agar memberikan dampak baik untuk masa depan kita.

Di kesempatan kali ini mimin akan memberikan beberapa cara yang dapat membantu menghindari sifat malas saat kuliah terutama bagi mereka yang kuliah sambil bekerja, adapun cara yang dapat dilakukan antara lain:

1. Buat Jadwal Belajar Yang Teratur

Buatlah jadwal belajar yang teratur dan patuhi jadwal tersebut dengan disiplin. Tentukan jadwal belajar yang sesuai dengan waktu yang kalian miliki setelah bekerja. Selain hal tersebut anda bisa membuat to do list agar membantu anda mengetahui jadwal yang harus dikerjakan terlebih dahulu sehingga pekerjaan bisa terhandle dengan baik.

2. Jangan Menunda-Nunda Tugas

Hal yang perlu ditanamkan dalam pikiran kita yaitu hindari menunda-nunda tugas kuliah, karena semakin menunda, semakin banyak pula tugas yang menumpuk dan semakin sulit untuk menyelesaikannya. Lakukan tugas tersebut secara bertahap dan jangan sampai menumpuk. Karena semakin menumpuk tugas yang harus kita kerjakan terkadang kita akan pusing dan berakibat menimbulkan kemalasan untuk mengerjakan.

3. Motivasi Diri Sendiri

Salah satu motivator terbaik didunia yaitu diri sendiri. Tekat yang kuat dan kemauan yang kuat untuk merubah nasib dapat menumbuhkan semangat pada diri sendiri, atau mengingat orang tua yang berada di rumah juga mampu memunculkan motivasi yang membara. Motivasi diri sendiri dengan menetapkan tujuan yang jelas dalam kuliah maupun pekerjaan. Hal ini dapat membuat kalian lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas dan akan terhindar dari rasa malas.

4. Cari Teman Belajar

Cari teman belajar yang tepat untuk saling memotivasi dan membantu menyelesaikan tugas kuliah. Dengan adanya teman belajar, kalian juga dapat memperoleh ide baru dan pemahaman yang lebih baik mengenai materi kuliah. Berdiskusi dengan teman belajar akan memberikan kematangan dalam berpikir dari sudut pandang yang berbeda dan mendapatkan masukan atau saran sehingga proses perkuliahan kita bisa lebih lancar dan terarah.

5. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi untuk mempermudah pembelajaran dan menyelesaikan tugas kuliah. Di zaman yang serba canggih ini kalian bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, banyak website atau aplikasi yang sangat membantu dalam mendukung proses belajar. Selain itu mahasiswa juga bisa merekam proses perkuliahan di kelas dengan smartphone, hal tersebut bertujuan untuk mereview kembali penjelasan dosen di waktu luang sehingga kalian bisa lebih paham dan mengerti dari materi yang disampaikan dosen. Apalagi saat ini maraknya Artificial Intelligence (AI) yang ramai diperbincangkan semakin memudahkan dalam bekerja dan tidak ada alasan bagi kita untuk malas serta kesulitan dalam menyelesaikan tugas kuliah.  

Cara-cara tersebut bersifat relatif dan tidak mutlak akan bisa mengurangi rasa malas pada setiap individu, karena masing-masing individu memiliki cara tersendiri untuk mengatasi rasa malasnya. Sobat Tazkia diharapkan mempu menghindari sifat malas saat kuliah meskipun sibuk bekerja, karena kita tahu sifat malas merupakan sifat buruk yang harus kalian hilangkan. Tetap fokus pada tujuan dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika kalian membutuhkannya.