Namun, di masa sekarang ini mahasiswa tidak hanya fokus pada perkuliahan saja, ada sebagian dari mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, dan hal tersebut terjadi pada sebagian mahasiswa IAI Tazkia. Kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang baru lagi karena mahasiswa yang kuliah tidak semua berasal dari keluarga yang berkecukupan. Ada dari sebagian mahasiswa yang berasal dari keluarga yang pas-pasan namun tetap berkuliah untuk mewujudkan impiannya.

Mahasiswa yang berasal dari keluarga mampu dengan pendapatan orangtua yang cukup pada umumnya akan lebih mudah memenuhi segala kebutuhan kuliah dan keperluan lain karena sudah merasa tercukupi. Namun, bagi mereka yang berasal dari keluarga yang pas-pasan dan dengan pendapatan orang tua yang relatif rendah akan merasa terbebani apabila uang saku yang diberikan orang tua hanya cukup dalam biaya hidup saja, belum biaya pendidikan dan kelangsungan hidupnya agar bisa bertahan. Salah satu cara yang ditempuh unuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan kuliah sambil bekerja.

Keputusan untuk kuliah sambil bekerja merupakan keputusan yang beresiko dan tidak mudah untuk dilakukan. Namun, resiko tersebut berbeda-beda tergantung dari pekerjaan apa yang dipilih mahasiswa. Kuliah merupakan waktu yang biasanya digunakan mahasiswa untuk belajar dan mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Namun, tidak sedikit orang-orang yang kuliah sambil bekerja. Kuliah sambil bekerja tidak salah selama masih bisa tetap fokus kuliah, dari pada fokus utuk bekerja. Kuliah sambil bekerja berarti mengambil dua kesibukan sekaligus. Kuliah sambil bekerja akan berdampak bagi mahasiswa, dampak yang didapatkan mahasiswa bisa berupa dampak postif maupun dampak negatif.

Banyak alasan yang digunakan mahasiswa dalam memilih kuliah sambil bekerja. Alasan yang paling sering ditemui adalah permasalahan ekonomi. Kuliah sambil bekerja menjadi pilihan demi meringankan beban kedua orang tua, untuk memenuhi biaya kuliah, maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi bagi mereka para mahasiswa yang kuliah di luar daerah asalnya. Hal tersebut mungkin menjadi salah satu alasan bagi para mahasiswa yang kuliah sambil bekerja.

Selain permasalahan ekonomi, banyak pula yang memilih untuk kuliah sambil bekerja karena ingin mengembangkan bakatnya, mengisi waktu luang dan sekaligus mempersiapkan diri agar lebih matang saat memasuki dunia kerja. Di zaman modern dan global ini, dunia kerja tidak hanya menuntut seseorang sebagai insan yang pintar, namun juga profesional dan memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Sebagai mahasiswa yang nantinya akan memasuki dunia kerja, merupakan nilai tambah bagi mereka jika saat menjadi mahasiswa sudah pernah terjun dan bersentuhan langsung dengan dunia kerja.

Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja akan memiliki pengalaman lebih banyak dibandingkan dengan mahasiswa lain yang sama sekali belum pernah bersentuhan dengan dunia kerja. Karena, dengan memiliki penghasilan tambahan, mahasiswa dapat membiayai kuliahnya sendiri bahkan kebutuhan sehari-harinya. Hal tersebut berarti mahasiswa akan merasa bangga dengan dirinya sendiri karena tidak lagi merepotkan orangtuanya. Ketika memutuskan kuliah sambil bekerja, berarti harus siap pada dampak yang kurang menyenangkan dari apa yang dibayangkan. Memfokuskan diri terhadap dua aktifitas sekaligus akan menguras tenaga dan pikiran mereka. Mereka akan berfikir lebih keras agar keduanya dapat berjalan lancar secara bersamaan. Kuliah sambil bekerja, berarti membagi waktu kuliah dengan bekerja. Dengan terbaginya waktu kuliah mahasiswa, maka waktu untuk mengerjakan tugas kuliah juga akan terbagi. Tidak jarang pula ditemui, jika waktu kuliah berbenturan dengan waktu bekerja, hal ini berarti kita harus memilih antara kuliah atau bekerja yang harus diprioritaskan.

Bekerja sambil kuliah bukan hal yang mudah dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Hal yang perlu diperhatikan adalah cara untuk mensiasati dua kegiatan tersebut agar keduanya dapat berjalan beriringan dan tidak mengalami kendala dalam pelaksanaanya. Hal yang paling penting adalah seorang mahasiswa harus bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga kuliah dan pekerjaan akan berjalan dengan baik, tanpa ada salah satu yang perlu dikorbankan akibat tidak bisa membagi waktu dengan baik.