Dewasa ini, perkembangan universitas tengah memasuki babak baru dengan datangnya era globalisasi dan disrupsi 5.0. Era ini ditandai oleh sejumlah fenomena bahwa terdapat mobilitas kelembagaan yang semakin tinggi di antara universitas-universitas berkelas dunia. Pergerakan mobilitas ini dilakukan oleh mayoritas universitas sebagai katalisator inovasi inovasi di bidang sains dan teknologi yang menghasi lkan revenue bagi ilmuwan dan universitas di mana dia berafiliasi. Konsekuensinya, pergerakan mobilitas kelembagaan ini mensyaratkan sepenuhnya kompetensi akademis yang seirama dengan tuntutan pasar global.

Oleh karenanya, perubahan dan pengembangan sebuah lembaga pendidikan tinggi sedapat mungkin diarahkan untuk keperluan ini, yakni terpenuhinya kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akademis secara luas. Artinya, rajutan kelembagaan antar universitas di dunia ke depan akan diwarnai oleh pertukaran dan mobilisasi kompetensi dasar keilmuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat dunia.

Institut Agama Islam Tazkia sebagai kampus pelopor bisnis digital syariah secara responsif mempertimbangkan tantangan global tersebut dengan memberikan terobosan program International Program (IP) sebagai bentuk rekonstruksi pengembangan sumberdaya mahasiswa. International Program adalah program yang didesain khusus untuk mempersiapkan sumberdaya mahasiswa yang mumpuni di bidang pendidikan, teknologi, dan bisnis. Mahasiswa International Program diproyeksikan mampu untuk memiliki kapabilitas yang tinggi dalam khazanah keilmuan global dan pengetahuan umum lainnya yang dapat menunjang integritas serta profesionalitas mahasiswa guna  menyongsong perkembangan era global di abad 21 ini.

International Program di IAI Tazkia diaplikasikan melalui pembinaan yang intensif dengan penerapan dua bahasa (bilingual method) serta kurikulum yang menarik, inovatif, dan berkesesuaian dengan konteks kekinian. Program kelas internasional ini selain berusaha untuk memberikan pengalaman pendidikan global kepada mahasiswa, program-program di dalamnya juga menawarkan mata kuliah yang diajarkan dalam bentuk bahasa Inggris, mulai dari proses pembelajaran dikelas, tugas-tugas mahasiwa, serta tugas akhir mahasiswa nantinya yang wajib menggunakan bahasa inggris.

              Keuntungan dari program kelas internasional adalah bahwa mahasiswa dapat belajar dari perspektif yang lebih luas dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang budaya dan perspektif yang berbeda-beda. Program ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan komunikasi antarbudaya. Namun, program kelas internasional biasanya membutuhkan biaya yang lebih tinggi daripada program reguler dan persyaratan masuk yang lebih ketat. Mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program kelas internasional harus mempertimbangkan dengan cermat biaya, persyaratan masuk, dan persyaratan lain yang mungkin berbeda dengan program reguler.