Disisi lain dari aspek tersebut, ada output dari pendidikan yang merupakan hal yang sangat penting sebagai bukti seseorang pernah belajar, yaitu Ijazah. Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa ijazah adalah persyaratan wajib yang harus disertakanketika melamar pekerjaan. Oleh karenanya, melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi di jenjang sarjana menjadi sangat penting untuk meniti karir sesuai dengan impian.

Terdapat banyak opini di masyarakat Indonesia bahwa mereka yang lulus berasal dari Perguruan Tinggi Negeri akan mendapatkan perhatian khusus ketika melamar pekerjaan di lnstansi atau Perusahaan, kampus swasta diberikan stigma bahwa lulusanmya tidak sebagus kampus negeri. Banyak masyarakat yang tidak paham bahwa ketika kita melihat dari kacamata yang berbeda, sangat banyak realitas ataupun alasan konkret mengapa harus masuk kampus swasta dan tentunya kelebihan inilah yang akan meyakinkan kita bahwa kampus swasta tidak mutlak kalah bersaing dari kampus negeri.

Pada hakikatnya antara Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri memiliki visi dan misi yang sama yaitu ingin memberikan pendidikan yang lebih tinggi. Mahasiswa diajari sesuai dengan program yang ditawarkan oleh masing-masing kampus yang mana nantinya mereka akan mendapatkan gelar sarjana ketika lulus dengan dibekali pengetahuan, keterampilan, sikap, dan tindakan yang bisa mereka aplikasikan dalam dunia kerja Merespon permasalahan di atas sobat Tazkia perlu tahu nih, ada tujuh alasan mengapa
harus memilih kampus swasta daripada
kampus negeri:

  1. Akreditasi PTS tidak kalah dengan PTN
    Salah satu parameter seberapa baik kualitas dari institusi pendidikan yaitu akreditasinya. Tidak dapat dipungkiri lagi sat ini banyak sekali kampus swasta yang telah mendapatkan akreditasi terbaik dari BAN-PT A atau Unggul. Hal tersebut menggambarkan bahwa kualitas kampus swasta sudah bisa bersaing dengan kampus negeri.
  2. Peluang Diterima Lebih Besar
    Salah satu kemudahan ketika mendaftarkan diri di kampus swasta adalah kemudahan untuk diterima karena banyaknya jalur pendaftaran yang diberikan bagi calon mahasiswa, mulai dari jalur undangan, jalur prestasi rapor, jalur prestasi nonakademik, jalur tes tulis, jalur reguler, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dari banyaknya opsi pendaftaran tersebut maka peluang kita untuk diterima akan semakin besar.
  3. Jam Kuliah Sangat Fleksibel
    Perkulihan di kampus swasta pada dasarnya tidak terlalu ketat, sehingga memudahkan mahasiswanya untuk mengatur waktu untuk melakukan aktivitas lain seperti kerja part
    time, berorganisasi, berbisnis, dll. Meskipun demikian tentunya kualitas perkuliahan tetap dikemas dengan baik dan profesional sehingga tetap bisa memberikan input dan
    ouput yang baik untuk mahasiswa.

  4. Fasilitas Lengkap dan Mewah
    Beberapa kampus swasta menjadikan fasilitas sebagai daya tarik bagi calon mahasiswa, hal terbukti bahwa kampus swasta selalu memberikan fasilitas lengkap
    mulai dari gedung kampus elit, ruangan kelas mewah, fasilitas olahraga lengkap, asrama, laboratorium, perpustakaan, meeting-room mewah, food centre, dll. Jadi soal fasilitas, kamu bisa cek sendiri ke website-website kampus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk melihat fasilitas-fasilitas apa yang disediakan kampus-kampus tersebut bagi mahasiswanya.

  5. Banyak Tawaran Beasiswa
    Bagi kamu yang ingin berkuliah di kampus swasta jangan risau dengan permasalahan beasiswa, pasalnya kampus swasta juga menyediakan banyak beasiswa bagi mahasiswa. Mahasiswa kurang mampu bisa mendapatkan pembiayaan melalui program KIP Kuliah, mahasiswa juga bisa mendaftarkan beasiswa yayasan, beasiswa penghafal al-quran, dall.
  6. Perkulihan Lebih Fokus dan Efektif
    Meskipun kuota di kampus swasta lebih banyak dibandingkan kampus negeri, jumlah mahasiswa saat pembelajaran dikelas kampus swasta juga dibatasi dan lebih sedikit. Hal tersebut dilakukan guna menjaga kualitas dan kenyamanan dalam belajar sehingga komunikasi antara dosen dan mahasiswa bisa lebih intens sehingga ilmu dan pemahaman mahasiswa lebih kompleks dan detail.
  7. Kualitas Lulusan Siap Bersaing
    Keberhasilan dari lembaga pendidikan adalah melihat output lulusannya bekerja di perusahaan bereputasi sehingga kematangan dan pengalaman yang telah diperoleh dikampus akan memberikan pengaruh signifikan terhadap kualitas mahasiswa. Oleh karena itu, di kampus swasta selalu membekali mahasiswanya untuk mengemas kurikulum sesuai kebutuhan zaman dan memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengikuti international exchange atau magang-magang di instansi bereputasi agar nanti lulusannya memiliki kompetensi yang berdaya saing.