Jawabannya tentu saja tidak, karena dengan berkembangnya teknologi yang canggih dan gesit mempermudah setiap individu untuk mengeksplorasi kemampuannya dengan memanfaatkan berbagai macam cara dari proses terjadinya digitalisasi yang akan semakin mempermudah individu untuk berkembang dan tumbuh menjadi mahasiswa yang berkualitas dan unggul.

Berkaitan dengan kesempatan di dalam dunia kerja, tentunya perusahaan akan mempertimbangkan kembali kampus swasta terbaik untuk merekrut kandidat baru. Namun hal tersebut dapat diantisipasi dengan menawarkan dan meyakinakan kompetensi atau kapabilitas yang kita miliki memang sesuai dengan kebutuhan perusaaan. Oleh karena itu, kita harus memahami perbedaan kuliah di kampus swasta dan negeri, mungkin perbedaannya dari segi biaya, peluang masuknya, pengelolaannya, dan program-program yang ditawarkan. Selain dari hal tersebut tujuan dari semua kampus swasta dan negeri sama, yaitu memfasilitasi mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuannya dan memperoleh pengalaman sebanyak-banyaknya di kampus.  Agar sobat Tazkia lebih yakin, yuk pahami hal berikut:

1. Perusahaan Lebih Mencari Kandidat Yang Kompeten

Tidak bisa dipungkiri kembali bahwa kompetensi merupakan hal yang diutamakan dalam bekerja. Kompetensi kerja atau kompetensi karyawan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan dari karyawan dalam kaitannya dengan kinerja di tempat kerja. Jadi, meskipun kita kuliah di kampus swasta tapi kompetensi yang kita miliki banyak, maka besar kemungkinan akan ada banyak perusahaan tertarik untuk membidik kita.

2. Perusahaan Mengutamakan Kandidat Yang Berpengalaman

Pengalaman menjadi hal yang sangat dipertimbangkan dalam dunia kerja,  semakin luas pengalaman seseorang, maka semakin terampil seseorang dalam melakukan pekerjaan dan semakin sempurna pula pola berpikir dan sikap dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, meskipun kita kuliah di kampus swasta, namun manfaatkan waktu kita selama di kampus untuk mengikuti program magang dengan baik, aktif berorganisasi, ataupun mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak kampus, tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan menjadi nilai tambah pada kita.

3. Perusahaan Memprioritaskan Kandidat Berkarakter Baik

Karakter menjadi hal yang sangat krusial dalam dunia pekerjaan. Karyawan yang memiliki karakter yang baik cenderung memiliki etika kerja yang tinggi, kemampuan sosial yang baik, kemampuan manajemen diri yang tinggi, kreativitas dan inovasi yang tinggi, dan kinerja yang tinggi. Berkuliah di IAI Tazkia, karakter dijadikan fondasi prioritas pada mahasiswa sebagai pembentukan kepribadian yang mulia. Hal tersebut dibuktikan dengan pengintegrasian pembelajaran berbasis syariah islam yang selalu menuntun mahasiswa agar selalu berperilaku baik sesuai kaidah-kaidah ajaran islam.

Ketiga penjelasaan di atas jelas bahwa terdapat hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun di dunia mulai dari kompetensi, pengalaman, dan karakter yang baik. Jadi tidak menjadi suatu penghalang bahwa lulusan dari kampus swasta akan susah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan bergengsi. Selama kita menjadi mahasiswa di kampus dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mengembangkan potensi yang kita miliki, maka akan sangat terbuka lebar kesempatan bagi kita untuk mendapatkan perkerjaan impian nantinya setelah lulus kuliah.