Lembaga pendidikan modern, saat ini banyak yang hanya memberikan pelayanan pendidikan formal saja, tanpa memperhatikan tujuan utama dari pendidikan tersebut. Namun, berbeda dengan salah satu kampus di Bogor yaitu Institut Agama Islam Tazkia yang mengintegrasikan pendidikan secara umum dengan pendidikan agama. Hal tersebut tercermin dalam setiap pelaksanaan perkuliahan yang diwajibkan untuk memulai dengan pembacaan 5T. Lantas, apa itu program 5T?

Program Qur'an 5T merupakan singkatan dari Tahsin, Tahfidz, Tarjamah, Tafsir, Tathbiq. 5T merupakan salah salah satu program yang ada di Institut Agama Islam Tazkia dimana setiap mahasiswa sebelum memulai perkuliahan wajib membaca Al-Qur’an dipimpin oleh dosen atau perwakilan kelas dan diikuti oleh mahasiswa. Tujuan diterapkannya 5T ini agar setiap mahasiswa mampu memahami secara utuh makna dan kandungan dalam Al-Qur’an serta memahami tata cara membaca Al-Quran yang benar sesuai dengan kaidah bacaannya sehingga dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kandungan ayat yang telah dijelaskan.

Selain kegiatan perkulihanan, program 5T di kampus digital syariah ini juga diterapkan bagi seluruh karyawan dan dosen setiap pagi sebelum memulai aktivitas bekerja dan dipimpin oleh salah satu anggota dari Tazkia Al-Quran Center. Hal ini diyakini agar mendapatkan kemudahan, kebermanfaatan, dan kelancaran dalam bekerja. Kegiatan 5T di Tazkia memang telah menjadi kebiasaan bagi seluruh sivitas akademika serta menanamkan nilai positif yang akan tertanam pada diri masing-masing agar mendapatkan keberkahan dan menjadikan agama sebagai dasar segala sudut pandang. Selain itu pelaksanaan program 5T juga diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran kolektif (collective awerness) terhadap semuanya bahwa harus ada keseimbangan dari yang didapatkan selama perkuliahan atau bekerja bahwa semua itu merupakan kuasa Allah SWT.