Dilansir Institut Tazkia dari kanal YouTube Raymond Chin, berikut cara membangun bisnis hanya dengan modal 1 juta rupiah.

1. Ide bisnis

Dalam membangun bisnis dengan modal yang kecil, maka disarankan untuk berbisnis secara digital dan tidak memerlukan stock barang. Selain itu, ide bisnis bisa juga muncul dari keseharian seseorang dan sesuai passion calon pebisnis tersebut.

2. Riset

Pembahasan riset dibagi menjadi dua, diantaranya riset pasar dan riset kompetitor.

Contohnya dalam riset pasar, apabila seseorang ingin membuka bisnis cilok maka harus melihat sekitar terlebih dahulu, apakah disekitar banyak orang yang mau membeli cilok.

Untuk meriset pasar bisa juga dengan menggunakan aplikasi antar pesan makanan, seperti Gofood atau GrabFood.

Atau bisa juga ditanyakan kepada orang-orang sekitar mengenai ketertarikan produk yang sedang dijual kepada pelanggan. Lalu selanjutnya untuk riset kompetitor haruslah mengetahui harga pasaran, rasanya, hingga pengemasan dari bisnis cilok tersebut.

Bisa juga dengan mengetahui value apa kompetitor yang dimiliki sehingga laku dalam berjualan cilok.

3. Product

Dalam product terdapat aturan 40-40-20, yang di mana 40% untuk product, 40% untuk marketing dan 20% untuk operasional.

Apabila memiliki modal minim tapi permintaan konsumen tinggi, maka bisa diberlakukannya sistem PO atau Pre Order.

4. Marketing

Dalam marketing dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya untuk fondasi dan distribusi. Untuk distribusi bisa dengan memasang iklan perbayar atau melakukan endorse influencer.

Namun apabila memiliki modal yang minim, maka tidak disarankan untuk marketing dibagian distribusi. Marketing bisa dipindahkan untuk fondasi seperti membuat logo, poster di Instagram dengan menggunakan jasa designer atau pribadi.

Untuk marketing distribusi bisa juga dengan menggunakan platform gratis seperti komunitas marketing atau minta bantuan untuk re-post produk atau jasa yang kamu jual.

5. Operation

Operation bisnis bisa dengan kebutuhan logistik atau akunting. Apabila seorang pebisnis yang hanya bermodalan 1 juta harus bergantung terhadap cashflow.

Hal itu bisa dengan menggunakan siste PO lalu beli bahannya untuk dibuat produknya.