Namun, banyak dari umat Islam yang tidak mengetahui jenis-jenis riba. Berikut 5 jenis riba yang jarang diketahui oleh masyarakat.

1. Riba Fadhl

Riba Fadhl merupakan riba yang berbentuk penukaran uang dengan uang atau barang konsumsi dengan barang konsumsi tambahan.

Kesimpulannya ,riba fadhl ini merupakan jenis riba yang penukaran suatu benda namun kualitas dan kuantitas berbeda.

2. Riba Yad

Riba yad merupakan kegiatan jual beli namun saat bertransaksi tidak ada penegasan terhadap nominal pembayaran dan kesepakatan barang yang akan diserahkan kepada pembeli.

Contoh, penjualan motor dengan harga Rp12 juta jika dibayar secara tunai dan Rp15 juta melalui kredit. Baik pembeli maupun penjual tidak menetapkan berapa nominal yang harus dilunaskan hingga transaksi berakhir.

3. Riba Nasi’ah

Riba nasi'ah merupakan jenis riba yang melebihkan pendapatan nya dari proses transaksi jual beli dengan jangka waktu tertentu.

Transaksi tersebut dua jenis barang yang sama, tetapi terdapat waktu penangguhan dalam pembayarannya.

4. Riba Qardh

Riba qardh merupakan jenis riba yang menambahkan nilai yang dihasilkan. Penambahan tersebut dilakukan dengan pengembalian pokok utang dengan beberapa persyaratan dari pemberi utang.

Contoh, terdapat hutang kepada rentenit sebanyak 100 juta, namun hutang tersebut akan terdapat bunga 10 persen dalam waktu enam bulan.

5. Riba Jahilliyah

Riba merujuk pada penambahan atau jumlah pembayaran tambahan yang melebihi pokok pinjaman. Situasi ini umumnya terjadi ketika peminjam tidak mampu melunasi pinjamannya tepat waktu sesuai kesepakatan.