Apa Itu Human Relation?

Hubungan antar manusia (human relation) adalah komunikasi antar pribadi yang manusiawi, berarti komunikasi yang telah memasuki tahap psikologis yang komunikator dan komunikan saling memahami pikiran, perasaan dan melakukan tindakan bersama. Ini juga berarti bahwa apabila kita hendak menciptakan suatu komunikasi yang penuh dengan keakraban yang didahului oleh pertukaran informasi tentang identitas dan masalah pribadi yang bersifat sosial.

Human relation bertujuan untuk memperat rasa persaudaraan dan mendapatkan suatu kepuasan dari apa yang telah mereka kerjakan. Human relations juga sangat diperlukan dalam lingkungan kerja mulai dari tingkat Top management sampai pada tenaga pelaksanaannya.

Apa Itu Komunikasi?

Komunikasi itu adalah proses dimana pesan disampaikan oleh komunikator kepada penerima. Pesan itu dapat berupa hasil pemikiran atau perasaan yang dimaksudkan untuk mengubah pengetahuan, sikap atau tingkah laku si penerima pesan. Pentingnya komunikasi dalam human relation Dimana Human Relation merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara atasan dan bawahan, bawahan dengan atasan dan bawahan dengan bawahan Untuk menciptakan kepuasan dalam bekerja, sehingga meningkatkan produktivitas kerja.Dengan kemampuan human relation yang baik, seorang pimpinan akan dapat memecahkan masalah para karyawannnya, sedangkan komonikasi merupakan alat perantaranya.

Pentingnya komunikasi dalam human relations merupakan salah satu unsur penting yang membangun sebuah tim, yang dapat membawa tim tersebut kedalam tingkat keberhasilan. Kemampuan berkomunikasi secara jelas, berguna untuk mendominasi dalam bidang yang digeluti. Komunikasi juga salah satu aspek penting dalam human relations dintaranya yaitu : Membantu membangun tim: membutuhkan seorang pemimpin yang mampu dengan baik untuk berkomunikasi kepada setiap individu.

Fungsi Komuikasi dalam Human Relation

Untuk meningkatkan gairah kerja suatu industri pariwisata/ suatu organisasi, untuk meningkatkan hubungan kerja serta kerjasama diantara teman kerja, untuk mengurangi aspek-aspek negatif dari timbulnya konflik maupun frustrasi, untuk dapat mengetahui sedini mungkin kemelut-kemelut didalam organisasi, terutama yang menyangkut kepada hubungan kerja yang harmonis, untuk mengetahui sejauh mana faktor psikologis, manajemen, sosiologis, maupun komunikasi serta ekologi mempengaruhi hubungan kerja di dalam suatu organisasi, baik pemerintah maupun swasta.

Human Relation merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara atasan dan bawahan, bawahan dengan atasan dan bawahan dengan bawahan. Untuk menciptakan kepuasan dalam bekerja sehingga meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Kemampuan human relation yang baik, seorang pimpinan akan dapat memecahkan masalah para karyawannnya, seperti halnya dalam perhotelan dengan adanya human relation atau hubungan antar manusianya atasan dan bahawan proses kinerja dalam suatu perhotelan tersebut membuat hubungan semakin baik, saling memahami satu dengan lainnya, serta bidang pariwisata ini bisa berjalan dengan hasil kerja sama yang baik dan menciptakan keharmonisan antara tamu dan karyawan serta karyawan dengan karyawan.

Komunikasi adalah proses dimana pesan disampaikan oleh komunikator kepada penerima. Pesan itu dapat berupa hasil pemikiran atau perasaan yang dimaksudkan untuk mengubah pengetahuan, sikap atau tingkah laku si penerima pesan. Secara garis besar, fungsi komunikasi dalam Human relation di bagi menjadi dua bagian, Yaitu: Fungsi intergratif, yang bertujuan untuk menjaga kesatuan individu-individu serta bagaian-bagian dalam  industri pariwisata/organisasi. Fungsi Interaktif, yang bertujuan untuk menjaga pertukaran informasi, pendapat dan sikap agar individu atau bagian industri pariwisata/organisasi tersebut mengadakan penyesuaian, baik penyesuain antara sub sistem dalam organisasi itu sendiri maupun antara organisasi dan lingkungannya.