Orang yang bergelut didunia podcast dinamakan podcaster. Podcaster adalah seseorang yang membuat dan menghasilkan konten audio dalam bentuk podcast. Seorang podcaster menciptakan dan mengelola program-program audio yang dapat diunduh dan didengarkan oleh pendengar biasanya melalui platform Youtube. Mereka biasanya menggunakan mikrofon dan perangkat lunak pengeditan audio untuk merekam, mengedit, dan menghasilkan episode-episode podcast yang berkualitas.

Menggeluti dunia podcast merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang sehingga diperlukan kemampuan komunikasi lisan yang baik. Kemampuan dalam berkomunikasi tidaklah muncul secara otodidak, butuh konsistensi untuk belajar dan mengembangkan jam terbang guna mematangkan cara kita dalam menyampaikan pendapat, bertanya, maupun saat merespon lawan bicara kita. Salah satu solusi untuk membangun keterampilan komunikasi anda agar handal menjadi podcaster adalah berkuliah di jurusan komunikasi penyiaran islam di Institut Agama Islam Tazkia Bogor. Jurusan ini menyiapkan kurikulum berbasis digital yang menyesuaikan kebutuhan zaman. Mahasiswa tidak hanya diajarkan untuk berkomunikasi dengan baik saja,namun juga diajari untuk mengembangkan keahlian-keahlian lain seperti retorika (Public Speaking), Fotografi, Desain Grafis, Videografi, mengelola sebuah acara, merancang program televisi hingga membuat karya video berupa film pendek.

Berkuliah dengan memilih jurusan Komunikasi Penyiaran Islam di IAI Tazkia merupakan hal yang tepat bagi para calon mahasiswa yang ingin bergelut di dunia content creator. Selain fasilitas lengkap dan mewah yang telah disediakan oleh kampus, para dosen-dosennya juga merupakan praktisi aktif dalam membuat konten dan pastinya mahasiswa akan dibimbing dengan baik sampai mahir. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin menjadi podcaster handal perlu mentor yang profesional untuk membimbing, dan hal tersebut akan terbuktikan jika anda bergabung dan berkuliah di jurusan Komunikasi Penyiaran Islam di Institut Agama Islam Tazkia Bogor.