Rapat dibuka oleh Wakil Rektor I bidang Akademik Yaser Taufik Syamlan, M.E., CIFP. Beliau mengatakan bahwa tujuan orientasi dosen untuk menyelaraskan kurikulum melalui pendekatan kurikulum OBE serta menjelaskan kebijakan-kebijakan baru tentang Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Yaser Taufik Rapat Kurikulum Tazkia

Peraturan Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam Merdeka Belajar Episode 26: Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi. Bapak Warek menyampaikan beberapa aturan terbaru terkait absensi, luaran mata kuliah, integrase tri dharma dalam perkuliahan serta mekanisme perkuliahan kelas karyawan. Tak lupa Bapak Yaser menyampaikan kembali Rencana Strategis terkait dengan pembelajaran dan kualitas lulusan, sesuai dengan Visi dan Misi IAI Tazkia ke depan. Acara dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dengan dosen yang hadir.

Agenda sosialisasi kemudian disampaikan oleh Aminah Nuriyah, M.E selaku Kabag Akademik. Beliau menjelaskan informasi terkait agenda perkuliahan di Semester Ganjil 2023/2024, teknis perkuliahan, laporan semester genap dan juga evaluasinya. Kabag Akademik menekankan bahwa proses perkuliahan harus berjalan sesuai dengan jadwal, dosen diharapkan tertib e-learning, mengisi absensi dan berita acara serta memberikan nilai tepat waktu agar laporan ke PDDIKTI dapat optimal. Selanjutnya, beliau mengenalkan beberapa fitur baru SMILE yang dapat digunakan untuk perkuliahan semester baru yaitu generate attendance dan approval dosen wali.

Aminah Nuriyah Rapat Kurikulum Tazkia

Agenda selanjutnya disampaikan oleh Prof. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec. Prof. menyampaikan beberapa target IAI Tazkia. Salah satunya adalah mewujudkan Kampus Tazkia menjadi Universitas. Untuk mendukung itu, dosen perlu lebih cerdas dibandingkan mahasiswa baik dari sisi digital dan juga knowledge.

Syafii Antonio Rapat Kurikulum Tazkia