Masing-masing mahasiswa yang mengikuti program BARISTA dibantu oleh prodi dan dosen tetap Prodi untuk proses pengajuan, pembuatan akun, kelengkapan persyaratan pengajuan dan penetapan judul penelitian (agar dapat diterima). Mahasiswa diberikan update secara berkala oleh prodi berkaitan dengan proses pengajuannya.

Program ini memiliki 3 tahap yakni seleksi Administrasi, Seleksi Judul Riset, dan Tahap Final.  Dari pengajuan 13 mahasiswa dan judul riset, 8 diantaranya lolos sampai ketahap Final yakni telah berhasil mendapatkan beasiswa BARISTA. Adapun nama-nama beasiswa yang lolos tersebut yaitu; 1) Beni Fadila, 2) Fahri Akbar, 3) Fatwa A'liyah Khairunnisa, 4) Gilang Ryan Ramadhani, 5) Iyalatul Huda, 6) Natita Kusuma Dewi, 7) Nurul Syafitri, 8) Prisma Gymnastiar. Sedangkan 5 mahasiswa yang dinyatakan tidak lolos, dikarenakan sudah melewati masa studi yakni sudah beradai di semester 8 (pada saat pengajuan), dimana mahasiswa pada akhirnya tidak lolos pada tahap seleksi administrasi.

8 mahasiswa pendidikan IPS/ Ekonomi Syariah dinyatakan lulus berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh BRIN dengan nomor surat B-1483/II.5.4/SI.06.01/3/2023 tentang Penyampaian Hasil Seleksi Program BARISTA BRIN Tahun 2023 dan diumumkan pada tanggal 29 Maret 2023   Pengajuan ini adalah pengajuan pertama program BARISTA oleh Prodi Pendidikan IPS/ Ekonomi Syariah dimana 8 mahasiswa yang dinyatakan lolos adalah mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir pada tahun akademik 2022/2023 . Persiapan pelaksanaan dan penyelesaian tugas akhir dilakukan mahasiswa di semster 7 dibantu dosen tetap prodi dan design kurikulum prodi pendidikan yang mendukung percepatan kelulusan/ lulus tepat waktu. Sehingga pada semster 8 mahasiswa dapat dengan matang serta siap menjalani proses riset, karena penyusunan proposal dikejakan pada semester 7.

Semoga keberhasilan ini dapat meningkatkan motivasi mahasiwa pendidikan IPS/ IAI Tazkia khususnya untuk lebih berprestasi lagi. Salam Aktif, Kreatif, Amanah.