Acara dimulai sekitar pukul setengah Sembilan pagi, dibuka dengan pembukaan yang dipimpin oleh Putri Sholihatuzzahra sebagai MC acara, lalu disambung pembacaan tilawah Al-Quran. Setelah pembacaan tilawah, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars FoSSEI.

Sebelum masuk ke acara inti, ada sambutan-sambutan yang diberikan oleh beberapa tokoh. Semabutan pertama dari Ibu Melvina Syahnum Lubis, M. E. Sy sebagai Kepala Bagian Kemahasiswaan, Perencanaan Karir, dan Alumni lalu dari Muhammad Murtadho sebagai Ketua MPK KSEI Progres 2022/2023 dan M. Zulva Zetta Zaidan sebagai Ketua Umum KSEI Progres 2022/2023.

Setelah pemberian sambutan dari tiga tokoh tersebut, berlanjut ke acara inti yaitu penyampaian materi. Materi pertama adalah tentang ke-FoSSEIan yang dibawakan oleh Zidane Akbar Wiguna sebagai Koordinator Regional FoSSEI Jabodetabek 2022/2023. Pertama-tama Zidane menyampaikan tentang pontensi perekonomian Indonesia yang akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-4 pada 2050 menurut PwC (PricewaterhouseCoopers).

Disamping itu Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia, hanya saja perekonomian Syariah di Indonesia masih rendah. Hal itu dibuktikan dengan belum optimalnya manfaat ekonomi syariah pada masyarakat ditambah juga literasi ekonomi syariah yang masih rendah. Disamping itu Ekonomi Syariah akan sulit berkembang karena masih kurangnya tenaga ahli yang tersedia.

Setelah menjabarkan tentang keadaan Ekonomi Indonesia kedepannya dan realita Ekonomi Syariah saat ini Zidane berlanjut pada pembahasan tentang ap aitu FoSSEI, visi misi FoSSEI, arah gerak FoSSEI, kapan FoSSEI berdiri, hubungan FoSSEI dengan KSEI, kegiatan-kegiatan FoSSEI dan penyebaran sekaligus pengaruh FoSSEI di Indonesia.

Acara pun berlanjut pada penyampaian materi kedua yang dibawakan oleh dan Lalu Rizky Adriansyah, S.E. Ketua Umum KSEI Progres 2019/2020. Pada pemaparannya Lalu tidak terlalu banyak menyinggung tentang perekonomian Indonesia, tapi lebih berfokus pada pembahasan filosofis tentang kenapa harus bergabung dengan KSEI Progres, apa yang dicari di KSEI Progres dan bagaimana kita dapat meraih apa yang kita cari.

Sebelum penutupan acara diadakan sesi tanya jawab dan kepada beberapa peserta yang bertanya dan peserta yang teraktif. Pada akhir acara, LBT I KSEI Progres “Membentuk Ekonom Rabbani yang Bertheologia Qurani dan Bersemangat Dakwah”ditutup dengan do’a. Acara LBT I KSEI Progres 2022/2023 “Membentuk Ekonom Rabbani yang Bertheologia Qurani dan Bersemangat Dakwah”selesai pada waktu sekitar setengah dua belas siang.