projectips tazkia

Namun pada semster ini, UTS dilaksanakan dengan memberikan tugas besar pengganti UTS yang dengan syarat-syarat penialian yang ditentukan oleh dosen berdasarkan RPS dan Capaian mata Kuliah. Beberapa tugas yang dilakukan mahasiwa bagai pengganti UTS adalah pada mata kuliah perkembangan masyarakat Indoensia, dosen meminta mahasiswa untuk mebuat video yang diunggah di reels Instagram disamping melakukan pelaporan observasi di TMII secara tertulis.

ipsproject tazkia

Selain itu pada mata kuliah Konsep Dasar IPS mahasiswa diminta untuk membuat opini dan pemikiran kritis berkaitan dengan fenomna sosial dan pendidikan di Indonesia yang tulisannya wajib di release pada media online adapun beberapa link hasil tulisan dari mahasiswa di media online sebagai tugas penggati UTS adalah sebagai berikut; Perilaku Pengguna Shoppable Live Stream dan Tik-Tok Live Stream (Faiz Hasan).

https://www.kompasiana.com/faiz890/64298e173788d457745f14d2/perilaku-pengguna-shoppable-live-stream-dan-tiktok-live-stream; Terjebak Dalam Jaringan Menelusuri Ketergantungan Yang Membahayakan Dari Sosial Media (Riski Nur Alim)

https://www.kompasiana.com/rizqy411/642f99554addee220c082452/terjebak-di-dalam-jaringan-menelusuri-ketergantungan-yang-membahayakan-dari-media-sosial?utm_source=Whatsapp&utm_medium=Refferal&utm_campaign=Sharing_Desktop; Fenomena Wanita Bercadar Mengikuti Trend Tak Paham Esensi (Risky Khoirunnisa)

https://www.kompasiana.com/rizkikhoirunnisa6999/6430b95a4addee5fd02c2662/fenomena-wanita-bercadar-mengikuti-trend-tak-faham-esensi; Perubahan Sosial Dalam Era Kecerdasan Buatan: Bagaimana Ledakan Ilmu Pengetahuan AI Mempengaruhi Perubahan Sosial (Najwa Azka Khairani), Korelasi Peran Mahasiswa dan Organisasi Pada Bulan Ramadhan dengan Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Islam (Suci Hermalia Utami)

https://www.kompasiana.com/diardfrh/6430e597eb51ce79ea12a242/korelasi-peran-mahasiswa-dan-organisasi-pada-bulan-ramadhan-dengan-pendidikan-dan-ilmu-ekonomi-islam, dan terdapat beberapa artikel mahasiswa lainnya.

Penerapan kurikulum OBE juga dilaksanakan di mata kuliah lainnya seperti pendidikan Ekonomi Syariah pada semester ganjil 2022/2023 yang tugas akhirnya adalah pembuatan video penerapan pendidikan Ekonomi Syariah di masayarakat. Pendidikan berbasis Project di Prodi Pendidikan IPS/ Ekonomi Syariah khususnya, difokuskan untuk mengambangkan kemampuan mahasiswa dalam penerapan keilmuan dan juga melatih kemampuan mahasiwa dalam meningkatkan skill menciptakan sesuatu sehingga lulusan yang diaharapkan adalah satunya adalah kemampuan dalam bidang edupreneur.

Usaha Institusi dan juga prodi dalam menerapkan kurikulum OBE pada dasarnya menjawab kebutuhan user (lapangan kerja) agar lulusan mampu survive dan unggul dalam dunia kerja. Sehingga lulusan pendidikan pada Prodi Pedidikan IPS/Ekonomi Syariah memiliki kemampuan Digital Learning dan penguasaan pengetahuan kurikuluam dan isi mata pelajaran. Penerapan Kurikulum ini, diharapkan mampu menciptakan embrio mahasiswa nobelis khsuusnya di bidang pendidikan.


Salam Aktif, Kreatif, Amanah