Ujian ini dirancang untuk mengukur kemampuan para siswa dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan berpikir, kemampuan literasi, dan kemampuan matematika.

Kisi-kisi soal UTBK 2024 untuk Tes Kemampuan Skolastik dan Tes Literasi telah diumumkan. Tes Kemampuan Skolastik terdiri dari empat materi, yaitu:

Kemampuan Penalaran Umum: Menguji kemampuan siswa untuk memecahkan masalah baru menggunakan prosedur yang sesuai.

Jumlah soal yang diuji berjumlah 30 butir yang terdiri dari 10 butir penalaran induktif, 10 butir penalaran deduktif, dan 10 butir penalaran kuantitatif.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum: Terdapat 20 soal dengan waktu pengerjaan 15 menit mengenai pengetahuan praktis seseorang tentang bahasa, informasi, dan konsep berbasis verbal serta kebahasaan.

Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis: Soal terdiri atas kemampuan seseorang dalam memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Jumlah soal berjumlah 20 butir yang bisa dikerjakan selama 25 menit.

Pengetahuan Kuantitatif: Menguji kemampuan siswa tentang pengetahuan mengenai ukuran dan perhitungan matematika, pemecahan masalah matematika, serta pengetahuan umum matematika. Soal berjumlah 15 butir dengan durasi selama 20 menit.

Sementara itu, Tes Literasi terdiri dari empat materi, yaitu:

Literasi Bahasa Indonesia: Terdapat 20 soal berdurasi 45 menit mengenai literasi membaca, kemampuan membaca, menggunakan, mengevaluasi, dan berinteraksi dengan teks bahasa Indonesia.

Literasi Bahasa Inggris: Soal ini hampir serupa dengan literasi bahasa Indonesia, hanya saja ditulis dalam bahasa Inggris. Jumlah soal pada materi ini adalah sebanyak 20 butir dengan durasi 30 menit.

Penalaran Matematika: Materi terakhir adalah penalaran matematika yang menguji kemampuan siswa untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan informasi kuantitatif. Soal terdiri dari 20 butir yang bisa dikerjakan selama 30 menit.

Dengan demikian, para siswa yang akan mengikuti UTBK 2024 harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi soal-soal yang akan diujikan.

Mereka harus memahami kisi-kisi soal dan materi yang akan diujikan, serta memiliki kemampuan berpikir yang baik untuk memecahkan masalah yang dihadapi.