Meraih work-life balance saat kuliah sambil bekerja memang tidak mudah, namun hal ini tetap bisa dilakukan dengan beberapa tips-tips berikut ini, antara lain :

1. Membuat Jadwal Yang Teratur

Buat jadwal yang teratur dan sesuaikan dengan waktu yang tersedia. Pisahkan waktu antara kuliah, pekerjaan, dan waktu luang. Jadwal teratur membantu kita menjaga konsistensi dalam melakukan tugas-tugas yang harus dilakukan. Hal ini sangat penting, terutama jika kita memiliki pekerjaan atau tugas yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Dengan adanya jadwa yang teratur kita akan terbantu juga untuk mengatur waktu dengan lebih efektif dan efisien.

2. Membuat Skala Prioritas Tugas

Prioritaskan tugas-tugas penting yang perlu diselesaikan dan fokus pada tugas-tugas tersebut. Jangan terlalu banyak membebani diri dengan tugas-tugas yang tidak terlalu penting. Sebagai mahasiswa yang kuliah sambil bekerja kemampuan untuk menentukan prioritas tugas sangatlah penting untuk membantu mengetahui tugas mana yang harus didahulukan, sehingga anda dapat menghemat lebih banyak waktu. Sebaliknya, jika seseorang tidak mempunyai skala prioritas maka segala pekerjaannya akan terganggu dan tidak bisa terselesaikan dengan baik serta tepat waktu.

3. Manfaatkan Waktu Senggang

Sebagai mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, memanfaatkan waktu senggang adalah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas atau melakukan kegiatan yang membuat anda nyaman. Salah satu hal yang bisa dilakukan bagi mahasiswa untuk mengisi waktu luang bisa dengan membaca buku atau mereview beberapa materi kuliah yang telah diberikan dosen agar lebih mematangkan anda untuk memahami materi yang diajarkan.

4. Minta Mentoring 

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau teman jika anda membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan tugas atau mengurus kegiatan lain. Mentoring terhadap orang yang lebih kompeten bisa lebih memudahkan kita untuk memahami suatu hal, baik masalah perkuliahan atau masalah pekerjaan. Hal ini bertujuan sebagai insight bagi anda untuk mendapatkan arahan dan nasihat sehingga apa yang kita kerjakan bisa lebih terarah dan sesuai target yang diinginkan.

5. Istirahat Yang Cukup

Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan melewatkan waktu tidur yang seharusnya karena hal ini akan berdampak pada kinerja kuliah dan pekerjaan. Memanfaatkan waktu istirahat merupakan hal yang terpenting guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak pekerjaan boleh, namun jangan lupa istirahat jika capek karena kesehatan lebih penting dari apapun.

6. Hindari Menunda Waktu

Jangan menunda-nunda tugas dan pekerjaan yang perlu diselesaikan. Selesaikan tugas tersebut tepat waktu sehingga anda tidak akan terlalu terbebani. Semakin sering anda menunda sebuah pekerjaan, maka akan semakin banyak tugas dan pekerjaan yang tertumpuk sehingga akan membuat diri kita repot sendiri karena terbebani dengan tumpukan tugas yang kita tunda-tunda.

7. Berolahraga Rutin

Lakukan kegiatan olahraga atau aktivitas fisik lainnya secara teratur. Hal ini akan membantu anda menjaga kesehatan dan mengurangi stres. Olahraga adalah sebuah aktivitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan dan penting untuk dilakukan secara rutin. Walaupun berada dalam kesibukan, olahraga / aktivitas fisik ringan tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apapun jenis olahraganya, mengaktifkan seluruh anggota tubuh bermanfaat secara fisik, mental, dan menyehatkan tubuh.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan anda dapat meraih work-life balance saat kuliah sambil bekerja. Selalu ingat untuk menjaga keseimbangan antara kuliah, pekerjaan, dan kegiatan yang membuat anda senang. Good Luck !