Apakah kamu sudah membayangkan setelah lulus nantinya akan mengambil jurusan apa? pasti diantara kalian masih bingung dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kalian. Memilih jurusan merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan masa depan. Sebelum memilih jurusan kamu juga harus tau jurusan tersebut mempelajari tentang apa? sesui dengan bakat diri atau tidak? Serta  prospek kerja  setelah lulus nanti apa agar setelah lulus nanti punya gambaran harus mengarah kemana.

Institut Agama Islam Tazkia merupakan kampus pelopor bisnis digital syariah di Indonesia yang memiliki visi dan misi konkret dalam pengembangan kualitas mahasiswa berbasis digital syariah. Kampus ini juga merespon positif tantangan zaman dengan memberikan pelayanan dan program-program perkuliahan sesuai dengan kebutuhan zaman yang adaptif dalam dalam pemanfatan teknologi terkini yang menjadi tren dimasyarakat. Melihat tantangan zaman tersebut, IAI Tazkia berusaha untuk mewujudkan para lulusan yang tidak senstif dengan adanya perubahan, namun lebih responsif terhadap perubahan tersebut untuk mampu memberikan terobosan-terobosan extraordinary yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan demikian kampus digital syariah ini, menyajikan jurusan-jurusan unggulan yang memiliki prospek gemilang dan menjawab tantangan zaman yang serba digital ini. Adapun beberapa jurusan unggulan di IAI Tazkia sebagai berikut: 

1. S1-Pendidikan Ekonomi Syariah (Pendidikan IPS)

Bagi kalian yang tertarik menjadi pendidik profesional, jurusan S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dijadikan opsi terbaik. Jurusan ini merancang lulusan calon guru untuk mahir menjadi guru IPS di SMP/MTs, atau guru Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, dan Geografi di SMA/MA sederajat yang ahli dalam pemanfaatan teknologi digital. Selain menjadi guru, jurusan ini juga berkesempatan untuk menjelajahi karir sebagai konsultan pendidikan, praktisi sosial, analis sosial, pengembang komunitas pendidikan, dan expert tentor di lembaga platform digital. Para lulusan Jurusan Pendidikan IPS yang konsentrasi pada Pendidikan Ekonomi Syariah di IAI Tazkia mengedepankan lulusan guru profesional berkarakter unggul mengarah pada kebutuhan pendidikan yang serba digital melalui penguatan kompetensi digital serta aktiualisasi pembelajaran yang berbasis project digital.

2. S1-Komunikasi Penyiaran Islam

Tidak kalah menariknya, IAI Tazkia juga merespon perkembangana zaman dengan menyajikan jurusan S1-Komunikasi Penyiaran Islam sebagai wadah untuk para generasi muda yang ingin fokus dalam pengembangan karir didunia entertaiment dan dakwah. Jurusan ini juga sudah merancang kurikulum sesuai kebutuhan zaman untuk menjadi solusi permasalahan dakwah di tengah perubahan masyarakat dan penggunaan teknologi informasi yang semakin masif. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam di kampus Tazkia mengaplikasikan pembelajarannya yang lebih menekankan pada praktik dengan mengembangkan keahlian-keahlian lain seperti retorika (Public Speaking), Fotografi, Desain Grafis, Videografi, pengelola sebuah acara, merancang program televisi hingga membuat karya video berupa film pendek. Lulusan dari jurusan ini juga diproyeksikan memiliki peluag karir untuk menjadi Digital Content Specialist, Media Relation Specialist, Radio Programmer, Entrepreneur Komunikasi Digital, Podcaster handal, Jurnalis/Broadcasater, Akademisi dan Peneliti bidang Komunikasi Dakwah Islam, dll.

3. S1-Ekonomi Syariah

Melalui jurusan S1 Ekonomi Syariah, kalian akan memiliki wawasan lengkap seputar fondasi keilmuan ekonomi islam dan menyelesaikan permasalahan praktis secara ilmiah berdasarkan keilmuan islam. Jurusan mengajarkan ilmu ekonomi syariah secara komprehensif baik mikro maupun makro. Selain itu mahasiswa akan mendapatkan kompetensi dalam menganalisis dan memformulasikan solusi bagi penyelesaian permasalahan ekonomi di bidang keuangan dan moneter, sumber daya alam dan lingkungan, ekonomi digital, dan industri halal. Keunggulan dengan bergabung di jurusan ekonomi syariah pada profile lulusan yang diproyeksikan akan dapat memberikan solusi permasalahan dalam bidang ekonomi syariah dan menyebarluaskan informasi tentang penyelenggaraan praktik di bidang ekonomi syariah. Selain itu peluang karir dari lulusan ini juga berkesempatan untuk menjadi sociopreneur, pakar peneliti pada bidang ekonomi islam, bekerja di lembaga keuangan syariah, konsultan ekonomi dan keuangan, dll.

4. S1-Akuntasi Syariah

Program Studi Akuntansi Syariah di Institut Agama Islam Tazkia bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan kompeten di bidang akuntansi dan keuangan yang diintegrasikan dengan nilai-nilai syariah melalui pendekatan data analytics dan data science. Dengan berkuliah di jurusan Akuntansi syariah, kalian juga akan mendapatkan kesempatan menjadi menjadi akuntan Syariah yang profesional, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, serta memiliki tanggung jawab sosial yang mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Islam dan keindonesiaan. Profil lulusan program studi Akuntansi Syariah nantinya akan memiliki kompetensi sebagai calon financial planner, auditor, akuntan publik, pengembang sistem informasi akuntansi, akuntan manajemen, akuntan pendidik, akuntan pemerintah, akuntan syariah, serta wirausahawan yang mampu mengaplikasikan ilmu dan keahlian akuntansi dalam menjalankan usaha yang beretika dan berakhlak.

5. S1-Manajemen Bisnis Syariah

Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut Tazkia mengarahkan para mahasiswa dan lulusan untuk menumbuhkembangkan passion dan manage bisnis. Pada program studi ini kalian juga akan mendapatkan wawasan tentang keilmuan manajemen secara holistik yang mengintegrasikan teori dan praktik sesuai dengan kebutuhan Abad 21 dan kaidah-kaidah bisnis islam. Profil utama lulusan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah adalah menjadi manajer bisnis Syariah yang memiliki kematangan profesional. Selain itu lulusan pada prodi ini akan dicetak menjadi konsultan bisnis Syariah, menjadi analis pasar modal syariah, menjadi entrepreneur syariah, menjadi perencana dan pengelola bisnis syariah, serta menjadi peneliti manajemen bisnis syariah.

6. S1-Hukum Ekonomi Syariah

Selain itu, program studi hukum ekonomi syariah akan membekali lulusannya untuk mahir pada bidang ilmu hukum muamalah atau hukum ekonomi konvensional yang kompeten untuk mengatasi permasalahan hukum islam di Indonesia. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah adalah jurusan yang mempelajari kegiatan ekonomi berbasis syariah dari perspektif hukum. Profile lulusan pada program studi ini nantinya direncanakan untuk menjadi pengawas di lembaga perbankan dan keuangan syariah, praktisi hukum, advokat, dewan pengawas Syariah, analis hukum ekonomi syariah, legal officer, dll