Bertemakan “Nurturing the Next Generations of Islamic Economists” IETC 2023 bertujuan mempromosikan dan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan riset di bidang Ekonomi Islam di kalangan cendekia muda. Selain itu para peserta akan dibekali dengan aspek fundamental dan praktis dari Ekonomi Islam, termasuk peran institusi dan kebijakan Ekonomi Islam.

Seminar dan diskusi IETC 2023 menghadirkan para pembicara yang telah lama berkecimpung dan mengembangkan ekonomi Islam, seperti Emeritus Profesor Dato Dr Jamil Osman dari IIIT, Prof. Dr. Mohd. Aslam Haneef, Prof. Dr. Norma Md Saad, Prof. Dr. Gairurazmi Mat Gani, Assoc. Prof. Dr. Mohd. Nizam Barom, Assoc. Prof. Dr. Mohd. Asmy bin Mohd Thas Thaker, Dr. Riasat Amin Imon dari IIUM, Sekretaris Jendral IAEI, Astera Primanto Bhakti, M. Tax, Prof. Dr. M. Shabri Abd Majid, Assoc. Prof. Dr. Irfan Syauqi Beik dari IAEI, dan Assoc. Prof. Dr. Hafas Furqoni dari UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berargumentasi terkait isu-isu kontemporer yang relevan dengan disiplin ilmu Ekonomi Islam, para peserta dibagi dalam 10 kelompok diskusi yang berbeda dan diminta mempresentasikan proposal riset yang mereka buat. Tiga kelompok terbaik diberikan hadiah berupa uang tunai.