Sambutan diawali oleh Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Syariah (FEBS) Bapak Wiku Suryomurti, S.T., M.Si., Ph.D. Sebagai narasumber dari acara studium generale yaitu bapak Irfan Syauqi Beik, Ph.D, Ekonom Syariah Fakultas Ekonomi Manajement (FEM) IPB University dan Wakil Ketua Umum VI DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, dan dimoderatori Ibu Rininta Nurrachmi, Sekretaris Pascasarjana IAI Tazkia.

Judul kuliah yang disampaikan narasumber yaitu Penguatan Inovasi Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Ketidakpastian Perekonomian Global. Narasumber memulai kuliah dengan menceritakan mengenai kondisi ekonomi dunia yang negatif, resesi yang melanda dan pemicu terjadinya resesi. Kemudian beliau menceritakan bagaimana efeknya ke Indonesia dan bagaimana peran ekonomi Syariah mengatasi resesi tersebut dengan instrumen yang ada seperti Zakat, Infak, Sedekah dan wakaf (ZISWAF). Beliau juga memaparkan peranan ekonomi Syariah dari aspek industri, aspek keuangan dan aspek sosial. Setelah presentasi diberikan kesempatan bagi peserta yang hadir untuk bertanya.

Sesi selanjutkan adalah ekspose penelitian dari alumni Magister Ekonomi Syariah (MES) yaitu Bapak Arief Luqman Hakim, M.E dengan judul tesis Analisis Intensi Investor Ritel untuk Berinvestasi pada Sukuk Usaha Kecil Menengah melalui Platform Fintech Securities Crowdfunding, dan ibu Sabila Putri Dian, M.E. dengan judul tesis Minat Generasi Milenial Muslim Pulau Jawa dalam Berwakaf Uang melalui Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel.

Alhamdulilah acara berlangsung dengan lancar dan ruangan penuh terisi. Dari program studi pascasarjana IAI Tazkia, kami berharap acara tersebut memberikan manfaat tidak hanya sekarang tetapi juga untuk masa depan peserta yang hadir.

pidato studium generale

studium generale tazkia 2

 

Humas Tazkia