Asrama Diawal & Akhir Tahun

Untuk mewujudkan visi dan misi serta tujuan tersebut, pendidikan di selenggarakan dalam satu  kesatuan  dan tahapan yang jelas yaitu: (1) Seleksi TPA/Smart Test/Seleksi Berkas, (2) Program Matrikulasi, (3) Perkuliahan (UTS, UAS, Magang, Skripsi, Ujian Komprehensif, (4) Boarding tugas akhir  dan (5) Bursa Alumni.  Adapun tahapan pembelajaran yang mengimplementasikan kurikulum di atas adalah sebagai berikut:

Program Matrikulasi (Semester 1 – Semester 2)

Selain program studi yang sesuai dengan kebutuhan pasar, program ini juga dirancang dengan beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Di tahun pertama, mahasiswa diwajibkan mengikuti orientasi & matrikulasi dengan fokus pada beberapa subyek utama yaitu: bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan teknik menulis, komputer & internet, matematika dan statistika, efektif learning, leadership dan Dirasah Islamiah, serta materi dasar pada ilmu ekonomi, akuntansi, bisnis dan manajemen, dan muamalah;
  2. Selama matrikulasi, mahasiswa tinggal di asrama sehingga mendapatkan lingkungan yang kondusif untuk belajar, mengerjakan tugas dengan sepenuh waktu, akses internet, berkomunikasi dalam bahasa Arab/ Inggris serta memastikan akhlaq Islami;
  3. Sebagian materi perkuliahan disampaikan dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Arab.
  4. Tahun Kedua s.d Keempat (Semester 3-7). Setelah menginjak tahun kedua, mahasiswa telah menetapkan program studi dan konsentrasi (salah satu dari keempat program studi yang ada: Bisnis dan Manajemen Islam, Ilmu Ekonomi Islam, Akuntansi Islam, dan Muamalah) serta mengikuti jadwal perkuliahan per semester dari Senin – Sabtu yang diselingi dengan Ujian Tengah Semester dan diakhiri oleh Ujian Akhir Semester.
  5. Tahun Akhir Semester 8. Saat ini mahasiswa dipersiapkan untuk melakukan praktek kerja lapang selama 3 bulan dan selanjutnya mengerjakan skripsi. Satu bulan sebelum masa pendaftaran sidang skripsi, mahasiswa menjalankan program asrama untuk pembekalan dan penyelesaian skripsi.

Sidang dan Wisuda 
Sidang dilaksanakan dua tahap yaitu Sidang Komprehensif dan Sidang Skripsi yang diuji oleh penguji internal dan eksternal. Untuk mengikuti ujian tersebut mahasiswa dipersyaratkan lulus Ujian Hafalan Juz Amma. Setelah semuanya memenuhi persyaratan lulus, Senat STEI Tazkia akan mengesahkan nama – nama wisudawan.

Ahmad BukhoriAsrama Diawal & Akhir Tahun