FAQ

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam TAZKIA
(Tazkia University College of Islamic Economics)

Kampus Utama : Jl. Ir.H.Djuanda No.78, Sentul City, Bogor 16810,Indonesia
Telp. 021-87962291-93
Fax. 021-87962294

Kampus STEI Tazkia berlokasi di kawasan Sentul City. Sangat mudah di akses dari  tol Jagorawi & Bogor Ring Road (BRR). Sentul City dilengkapi banyak fasilitas umum : Mall, hotel, kolam renang, Convention Center, Lapangan golf, taman rekreasi & pusat kuliner. Mahasiswa dapat menyewa rumah-rumah yang sejuk, nyaman & kondusif untuk belajar (Rincian lokasi dapat dibuka di www.sentucity.com)

Kampus Matrikulasi : Jl.Darmaga Km.7 Bogor 16680,berada di sebelah barat bogor,1 km dari kampus utama IPB (Institut Pertanian Bogor)

Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc.

Beliau memiliki pengalaman bekerja di bidang perbankan, keuangan dan fintech pada berapa perusahaan mulitansional diantaranya Unibank – Jakarta, Ernst & Young – Kuala Lumpur, dan ANSI Berhad – Selangor, Malaysia.

Beliau memulai karirnya sebagai dosen di bidang Akuntansi dan Keuangan Islam pada tahun 2002. Beliau menjadi Staf Afiliasi di Universitas Glasgow setelah menyelesaikan PhD pada tahun 2014 dan kemudian bergabung dengan Essex Business School, Universitas Essex, Colchester, Inggris dari 2015 hingga 2017. Beliau juga duduk di Dewan Penasihat Editorial untuk Jurnal Emerald Akuntansi Islam dan Riset Bisnis . Beliau aktif menulis tentang perspektif kritis penelitian di bidang pelaporan keuangan, akuntansi Islam, perbankan dan keuangan Islam, dan literasi keuangan Islam. Selain sebagai Ketua STEI Tazkia, Bogor, Indonesia, beliau juga sering menjadi pembicara dan motivator publik. Beliau bersama suami, menulis sebuah buku inspirasional bernama Sakinah Finance yang berbicara tentang keuangan keluarga Islam. Mereka melakukan beberapa talk show dan pelatihan berkaitan dengan Sakinah Finance di beberapa kota di Indonesia, UAE, UK, USA, Kanada, Jepang, Turki, Jerman, Qatar, Arab Saudi, Australia, Brunei Darussalam, Perancis, Malaysia, dan Mesir.

Visi: Menjadi Perguruan Tinggi Pilihan bagi Calon Pemimpin Bisnis & Intelektual Kelas Dunia Berkarakter T-A-Z-K-I-A di Tahun 2025
Misi: 

  1. Mewujudkan lingkungan kerja yang kondusif bagi pengembangan potensi dosen dan karyawan yang sejalan dengan peningkatan kualitas hidup
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan di bidang ekonomi, manajemn, bisnis, hukum, pendidikan, komunikasi, sistem informasi dan keuangan yang berbasis nilai-nilai Islam
  3. Mewujudkan Jaringan Alumni Tazkia di Seluruh Dunia untuk mewujudkan keberlanjutan kemanfaatan berkarakter T-A-Z-K-I-A.
  4. Membentuk Peneliti, Wirausaha, dan Profesional yang unggul berkelas dunia, bertauhid dan berakhlaq mulia serta memiliki kepedulian sosial kemasyarakatan.
  1. Diasramakan pada tahun pertama untuk penguatan aqidah,bahasa Arab dan Inggris serta ilmu alat pada akhir perkuliahan untuk bimbingan skripsi dan bekal ke dunia kerja sehingga mahasiswa dapat lulus tepat waktu dan lebih siap menghadapi dunia kerja
  2. Perguruan Tinggi Islam pertama di Indonesia yang mendapat sertifikat ISO 9001/2008 untuk sistem manajemen dan pendidikan dengan predikat “Baik” dan “Sangat Baik” dari Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama Republik Indonesia.
  3. Mengacu pada Kurikulum AL-Azhar University Cairo, dan International Islamic University Malaysia (IIUM).
  4. Tim Dosen yang kompeten dalam bidang perbankan dan ekonomi Islam pimpinan Dr.Muhammad Syafii Antonio, M.Ec, pakar ekonomi Islam terkemuka di Indonesia
  5. Sinergi dengan dunia Usaha, instansi pendidikan, pemerintah daerah dan Lembaga keuangan Syariah serta institusi Internasional.
  6. Free internet accees
  7. Bekerjasama dalam standardisasi kurikulum dengan IIU Malaysia yang telah berhasil meluluskan ribuan alumni yang mampu mengintegrasikan ilmu sains dan Qurani.
  8. Internship dan on the job tranimg di lembaga bisnis dan keuangan syariah.
  9. Beasiswa prestasi dari industri keuangan syariah,dan sebagian dengan ikatan dinas setelah kelulusan.
  10. Boarding untuk di awal dan diakhir kuliah Lulus,sehingga mahasiswa dapat lulus 4 tahun sesuai waktunya.
  11. Laboratorium mini bank, pojok bursa efek sebagai sarana praktek mahasiswa.
  12. Integrasi pengetahuan syariat dan ekonomi

STEI Tazkia merupakan perguruan tinggi dengan program S-1 (Strata Satu) & S-2 (Magister)

Program Ekstensi mengharuskan calon mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan tahun pertama dan asrama. Sedangkan untuk D3 tidak tersedia

Program S-1:

1)    Bisnis & Manajemen Islam (ada 3 konsentrasi) : ( Akreditasi B )

  • Keuangan & Perbankan Syariah
  • Pemasaran & Kewirausahaan  Islam
  • Digital Marketing

2)    Akuntansi Islam : ( Akreditasi A )

  • Sistem Informasi
  • Pengauditan
  • Dibuka pula Program Sistem Informasi Perbankan Syariah (SIPS)
    kerjasama STEI TAZKIA dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia

3)    Ilmu Ekonomi Islam : ( Akreditasi B )

  • Ekonomi Pembangunan
  • Keuangan dan Moneter Islam

4)    Muamalat : (Akreditasi B)

5)    Pendidikan Ekonomi Syariah

Program Pasca Sarjana ( S-2 ): ( Akreditasi B )

Magister  Ekonomi, Keuangan & perbankan Syariah

  1. Kampus yang terintegrasi
  2. Masjid
  3. Aula Al Hambra
  4. Perpustakaan
  5. Labkom
  6. Mini Bank Syariah
  7. Pojok Bursa Syariah
  8. Lapangan Olahraga

Sekolah tinggi Ekonomi Islam pertama yang memperoleh izin dari pemerintah (SK. Ditjenbagais Nomor.Dj.II/548/2003) dan menjadi rujukan pengembangan kurikulum Ekonomi Islam secara nasional.

Alhamdulillah, STEI Tazkia sudah mendapat Akreditasi Baik dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi untuk program studi Manajemen , program studi Akuntansi Islam, Hukum Ekonomi Islam  dan Ilmu Ekonomi Islam,

Yaitu Badan stándar jaminan mutu tingkat internasional. Artinya STEI di tingkat nasional telah diakui dengan akreditasi dari BAN-PT dan telah menjalankan standar jaminan mutu pendidikan yang diakui secara internasioanal.

Menggunakan Sistem Satuan Kredit Semester (SKS).

Tahun ke-1 ada matrikulasi yang diboarding selama 1 tahun untuk memperdalam bahasa arab & inggris, matematika, metode belajar, studi Islam, fundamental ekonomi, dll.

Tahun ke-2 & 3 kuliah reguler seperti biasa(lihat buku panduan akademik)

Yaitu penyelenggaraan pendidikan yang menggunakan pengukuran atas pengalaman dan proses belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu.

Ya, setiap mahasiswa tahun pertama (baru) wajib mengikuti matrikulasi.

  1. Memahami visi,misi,dan tujuan STEI Tazkia sehingga mampu berperan untuk mewujudkannya.
  2. Mampu berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan bahasa Arab dan bahasa Inggris serta mengakses literatur yang berbahasa asing.
  3. Mampu menggunakan komputer baik sebagai alat bantu penyelesaian tugas-tugas maupun untuk mencari sumber informasi melalui internet.
  4. Mampu belajar secara efektif dan efisien membaca cepat,membuat catatan dan ringkasan,menyimak pelajaran maupun berfikir secara sistematis,komprehensif (tidak parsial), serta kreatif dalam menghasilkan pembaharuan.
  5. Memiliki pengetahuan dasar tentang Ilmu ekonomi sebagai dasar untuk mempelajari dan mendalami Ilmu ekonomi Islam dengan segala aspeknya.
  6. Semakin yakin dan memahami bahwa Islam merupakan pedoman hidup yang benar dan menyelematkannnya.

Meliputi 3 hal:

Pertama, Program penguatan bahasa arab & Inggris masing-masing satu semester dengan penempatan pada kelas sesuai kemampuan dasar mahasiswa.

Kedua, perkuliahan selama 2 semester untuk smstr ganjil & genap, yaitu belajar dengan tentang mata kuliah dasar ekonomi seperti pengantar ilmu ekonomi & akuntansi, matematika ekonomi, dan dasar ilmu syariah muamalah misal dirosah islamiyah, fiqh muamalah, ayat hadist ekonomi, dll.

Ketiga, pembinaan yaitu aktifitas pendampingan tentang amaliyah ibadah dan program keasramaan paska perkuliahan seperti sholat jamaah, tilawah, kultum, kajian, olahraga, wisata, konseling, dll.

Secara umum mahasiswa harus mengikuti program perkuliahan dan pembinaan, memakai jilbab, tidak merokok, dan menjaga ketertiban umum.

Rp.1.500.000,-. Tempat tidur & kasur, meja, lemari sendiri- sendiri, makan 3 kali sehari, dan laundry (cuci baju),

Tidak boleh. Mahasiswa matrikulasi wajib tinggal diasrama, diperbolehkan balik/pulang jika hari libur (sabtu sore sampai ahad).

Bimbingan Akademik melalui wali dosen, program pembinaan dan bahasa, free internet access, kelas AC dan LCD, perpustakaan & labkom gratis, sarana olahraga dan seni, forum kajian, unit kegiatan mahasiswa, lingkungan yang kondusif, dll.

Kami didukung oleh dosen-dosen berkualitas dan kompeten dibidangnya. Kebanyakan lulusan dari Islamic International University Malaysia (IIUM), Al- Azhar University Mesir,  Perguruan Tinggi Negeri terkemuka, para pakar ekonomi Islam, praktisi perbankan & asuransi, dll.

Kurikulum STEI Tazkia merupakan perpaduan dari IIUM dan Al-Azhar yang menggabungkan disiplin Ilmu ekonomi konvensional dan Ilmu Syariah secara komprehensif, Program matrikulasi, Magang di LKS (Lembaga Keuangan Syariah) atau perusahaan bisnis.

  1. Juara III ICON (The Islamic Economics Competition)  di Perbanas,Jakarta 2004
  2. Juara I ICON (The Islamic Economics Competition)  di Perbanas,Jakarta 2005
  3. Juara I Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam di Mataram, 2005
  4. Juara I  & III CASE (Competition About Sharia Economics) di UI 2007
  5. Juara I Young Economist ICON the 4th di IPB, 2007
  6. Juara I “TRADE MARK” di IPB Bogor, 2008
  7. Juara Umum Temilnas di UGM,Yogyakarta 2008
  8. Juara I Essay Competition di IPB, 2009
  9. Juara I Lomba  Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI) di Medan, 2010
  10.  Juara I Olimpiade Ekonomi Islam & LKTEI Temilreg, Bogor 2010
  11.  Juara II Essay Competition Season 6 di IPB, 2010
  12. Finalis 10 besar Indonesia Economic Outlook (IEO) di UI, 2010
  13. Juara Umum Temilnas (Temu Ilmiah Nasional) di Banjarmasin 2011
  14. Juara II Olimpiade Ekonomi Islam Tk. Mahasiswa se-Jabotabek di UI, 2011
  15. Juara I SIPP (Sharia Innovation Produck Competition) di UIN Jakarta,2011
  16. Finalis Lomba Nasional Business Case Competition di Unair, 2011
  17. Best Paper Award Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) Bank Indonesia Jakarta,2011
  18. Finalis Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) Bank Indonesia, Medan, 2011
  19. Juara I Debat Karya Ilmiah Mahasiswa Tk. Kopertis Wilayah I Dki Jakarta, 2012
  20. Juara Umum Temilnas (Temu Ilmiah Nasional)di UIN Riau, 2012
  21. Presnas (Presidium Nasional) FoSSei (Forum Silatirahmi Studi Ekonomi Islam  selama beberapa periode
  22. Asisten Peneliti Junior Bank Indonesia (BI), 2012
  23. Juara lomba Blog & Cerpen Asuransi Syarih Tingkat Nasional di Jakarta, 2013
  24. Juara 1 & 2 Olimpiade Ek. Islam di Univ.Gunadarma, Depok, 2013
  25. Juara 1 Duta Mahasiswa di Pemda Jawa Barat tingkt Propinsi Jawa Barat, 2013
  26. Juara 1 & 2  Olimpiade Ekonomi Islam Temilnas di Solo,2013
  27. Juara 3 LKTEI Temilnas di Solo,2013
  28. Juara 3 Bussines Plan Temilnas di Solo,2013
  29. Juara 1 Olimpiade Karya Tulis Ekonomi Islam, Nov.2013
  30. Juara 1 Temilreg di Jakarta, 2014
  31. M.Ishaq Firdaus, mewakili pemuda Jawa Barat dalam gelaran Indonesia Youth  Forum 2014 yang diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum di Wakatobi Sulawesi Utara pada 21-24 Mei 2014
  32. Juara 3 Musabaqoh Qiratil Qutub di UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, 2014
  33. Nurhayani Hasibuan, mewakili Provinsi Jawa Barat dalam pemilihan Duta Mahasiswa GenRe tingkat nasional pada 2014
  34. Juara 1 Menulis Artikel Tingkat Nasional di PP. Sidogiri, 2014
  35. Juara 1 Global Student Entrepreneur Awards (GSEA) Tingkat ASIA di Filiphina,2015
  36. Juara 1 & 3 Temilreg di Jakarta, 2015
  37. Juara 2 Lomba Poster Ekonomi Islam Tingkat Nasional di Univ.Gunadarma,Depok, 2015
  38. Juara 1 Lomba Essay Akuntasi Tingkat Nasional di Univ. Bakrie, 2015
  39. Juara 2 Olimpiade Ekonomi Islam Temilnas di Undip, Jawa Tengah, 2015

Kami mempunyai MoU dengan IIUM dalam pengembangan kurikulum, sehingga alumni Tazkia dapat melanjutkan ke IIUM.

  1. Juara III ICON (The Islamic Economics Competition)  di Perbanas,Jakarta 2004
  2. Juara I ICON (The Islamic Economics Competition)  di Perbanas,Jakarta 2005
  3. Juara I Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam di Mataram, 2005
  4. Juara I  & III CASE (Competition About Sharia Economics) di UI 2007
  5. Juara I Young Economist ICON the 4th di IPB, 2007
  6. Juara I “TRADE MARK” di IPB Bogor, 2008
  7. Juara Umum Temilnas di UGM,Yogyakarta 2008
  8. Juara I Essay Competition di IPB, 2009
  9. Juara I Lomba  Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI) di Medan, 2010
  10. Juara I Olimpiade Ekonomi Islam & LKTEI Temilreg, Bogor 2010
  11. Juara II Essay Competition Season 6 di IPB, 2010
  12. Finalis 10 besar Indonesia Economic Outlook (IEO) di UI, 2010
  13. Juara Umum Temilnas (Temu Ilmiah Nasional) di Banjarmasin 2011
  14. Juara II Olimpiade Ekonomi Islam Tk. Mahasiswa se-Jabotabek di UI, 2011
  15. Juara I SIPP (Sharia Innovation Produck Competition) di UIN Jakarta,2011
  16. Finalis Lomba Nasional Business Case Competition di Unair, 2011
  17. Best Paper Award Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) Bank Indonesia Jakarta,2011
  18. Finalis Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) Bank Indonesia, Medan, 2011
  19. Juara I Debat Karya Ilmiah Mahasiswa Tk. Kopertis Wilayah I Dki Jakarta, 2012
  20. Juara Umum Temilnas (Temu Ilmiah Nasional)di UIN Riau, 2012
  21. Presnas (Presidium Nasional) FoSSei (Forum Silatirahmi Studi Ekonomi Islam  selama beberapa periode
  22. Asisten Peneliti Junior Bank Indonesia (BI), 2012
  23. Juara lomba Blog & Cerpen Asuransi Syarih Tingkat Nasional di Jakarta, 2013
  24. Juara 1 & 2 Olimpiade Ek. Islam di Univ.Gunadarma, Depok, 2013
  25. Juara 1 Duta Mahasiswa di Pemda Jawa Barat tingkt Propinsi Jawa Barat, 2013
  26. Juara 1 & 2  Olimpiade Ekonomi Islam Temilnas di Solo,2013
  27. Juara 3 LKTEI Temilnas di Solo,2013
  28. Juara 3 Bussines Plan Temilnas di Solo,2013
  29. Juara 1 Olimpiade Karya Tulis Ekonomi Islam, Nov.2013
  30. Juara 1 Temilreg di Jakarta, 2014
  31. M.Ishaq Firdaus, mewakili pemuda Jawa Barat dalam gelaran Indonesia Youth  Forum 2014 yang diselenggarakan oleh Indonesia Student and Youth Forum di Wakatobi Sulawesi Utara pada 21-24 Mei 2014
  32. Juara 3 Musabaqoh Qiratil Qutub di UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, 2014
  33. Nurhayani Hasibuan, mewakili Provinsi Jawa Barat dalam pemilihan Duta Mahasiswa GenRe tingkat nasional pada 2014
  34. Juara 1 Menulis Artikel Tingkat Nasional di PP. Sidogiri, 2014
  35. Juara 1 Global Student Entrepreneur Awards (GSEA) Tingkat ASIA di Filiphina,2015
  36. Juara 1 & 3 Temilreg di Jakarta, 2015
  37. Juara 2 Lomba Poster Ekonomi Islam Tingkat Nasional di Univ.Gunadarma,Depok, 2015
  38. Juara 1 Lomba Essay Akuntasi Tingkat Nasional di Univ. Bakrie, 2015
  39. Juara 2 Olimpiade Ekonomi Islam Temilnas di Undip, Jawa Tengah, 2015

Sangat luas karena industri syariah sedang tumbuh pesat dari industri keuangan sampai restoran dan perhotelan, juga sebagai enterpreneur. 75% alumni diterima sebagai profesional pada lembaga keuangan syariah.

Tidak, kecuali yang mendapatkan beasiswa dengan ikatan dinas.

Sudah 13 kali wisuda sekitar 1800 lulusan (wisuda 1 kali setahun)

Kami memiliki linkage program dengan Industri Syariah, terutama MoU magang dan on the job training. Bahkan kita selalu meminta masukan dari dunia industri untuk perubahan kurikulum sehingga selalu relevan dengan perkembangan.

Ya, bisa. Alumni kita sudah menyebar ke universitas dalam dan luar Negeri, diantaranya di Saudi, Tiongkok, UK, Malaysia.

Perbankan / lembaga keuangan syariah, yaitu sekitar 75%

Ya, ada banyak kontrakan/ kos di daerah sekitar kampus.

  • website  : www.tazkia.ac.id
  • Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
    021-87962291-93
    0251- 421076, 421309
  • Panitia :
  • HADI: +62812-1162-0867
  • IRMA: +6281-595-51299
  • JOKO: +62856-9516-2913 (Asrama)
  • RIZQI : +6285719434500

Calon mahasiswa dapat langsung mendaftar online  di www.tazkia.ac.id , setelah masuk web klik pmbonline kemudian klik Registrasi

Terbagi menjadi beberapa Gelombang. Dengan selisih biaya uang pangkal dari masing-masing Gelombangnya. 

Gel I – Gel III Mulai dari Akhir Tahun Bulan Oktober – Hingga Awal Bulan September Tahun berikutnya

Tidak, karena ketika matrikulasi akan belajar bahasa arab secara intensif.

Dasar Agama Islam, Matematika & B. Inggris

Biaya kuliah relatif murah dan bisa diangsur, yang meliputi:
–  Uang Pangkal Sesuai Gelombang
–  Uang Kuliah Tunggal Persemeseter (Termasuk SKS) Sesuai Jurusan
–  Asrama Rp. 1.500.000,-/bln Sudah termasuk Makan 3x, Laundry dan Penggunaan Fasilitas Asrama
(lihat rincian biaya)

Ada, bagi mahasiswa yang berprestasi. Bagi mahasiswa yang belum mendapatkan beasiswa diawal, bisa mengajukan beasiswa ketika sudah menjadi mahasiswa jika memenuhi syarat, yaitu IPK minimal 3.00. Untuk mendaftar Beasiswa Bisa akses tazkia.ac.id/beasiswa

  1. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebagai organisasi yang membawahi semua UKM ( Unit Kegiatan Mahaiswa)
  2. HIMMAH (Himpunan Mahasiswa Manajemen Syariah)
  3. HAMAS (Himpunan Mahasiswa Akuntansi Syariah)
  4. SMART (Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam)
  5. Progres, lembaga kajian & penelitian mahasiswa lintas program studi yang mengembangkan konsep ekonomi Islam dalam dunia praktis maupun teoritis
  6. LDK Iqtishaduna, Lembaga Dakwah Kampus yang konsen terhadap implementasi nilai- nilai keagamaan di kalangan sivitas akademika.
  7. Mark-Biz, lembaga profesi khusus bagi mahasiswa manajemen yang berkonsentrasi pada dunia marketing dan kewirausahaan.
  8. UKM Seni dan Olah raga, wadah penyaluran minat dan bakat mahasiwa
  9. UPZ (unit pengumpul zakat), yang melakukan pemberdayaan dana zakat untuk pengembangan masyarakat
  1. 3 Dosen STEI Tazkia ditunjuk menjadi Tim  Asesor Ekonomi Syariah ,Seluruh Indonesia, 2003-sekarang
  2. Akreditasi B dari BAN PT untuk Prodi Manajemen Syariah,Indonesia,2008
  3. Peneliti di Pusat Studi Kebank-sentralan Bank Indonesia, Jakarta,2007-2008
  4. 3 Dosen STEI Tazkia ditunjuk menjadi DPS (Dewan Pengawas Syariah) dan Anggota DSN (Dewan Syariah Nasional) MUI Jakarta, 2003-Sekarang
  5. Pemakalah Terbaik dalam Simposium Nasional Akuntansi Syariah,Yogyakarta,2006
  6. Juara I lomba karya tulis populer, Departemen Agama RI, 2006
  7. Mahbubi Ali meraih penghargaan Best Presentation Shariah Economics Conference di University of Hannover, Jerman bulan Februari 2013
  8. Achmad Djazuli,MM dengan karya tulisnya yang berjudul  Comparison Study On Regional Development Bank Efficiency In The Period of Before and After Fiscal Decentralization Policy terpilih tampil mempresentasikan papernya di Konferensi  International Finance and Banking Society (IFABS) Conference di Lisbon Portugal, Juni 2014
Ahmad BukhoriFAQ