Tazkia lakukan inisiasi Kerjasama dengan Bank Riau Kepri

No comments

Oleh : Ria Marsella & Miftahul Anwar

PEKANBARU – Rektor Institut Agama Islam Tazkia, Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc melakukan kunjungan ke Bank Riau Kepri pada Jumat, 28 Mei 2021/16 Syawwal 1442 H. Kunjungan tersebut disambut oleh Direktur Operasional Bank Riau Kepri, Said Syamsuri.

Tujuan Pihak Tazkia melakukan kunjungan adalah untuk inisiasi kerjasama dibidang SDM, penelitian dan pengabdian masyarakat, sinergi kerjasama ini disambut baik oleh Pihak Bank Riau Kepri.

Rektor IAI Tazkia menawarkan program peningkatan kualitas SDM melalui training, sertifikasi dan pendidikan program Hafizpreneur. Lulusan program hafizpreneur diharapkan menjadi bankir di bank syariah termasuk di Bank Riau Kepri.

Rektor Tazkia menjelaskan “Kita perlu memiliki Bankir yang Hafiz Al-Quran dan berakhlak kharimah, agar dapat berlaku jujur dan profesional dan Tazkia siap mencetak SDM unggul hafiz Al-Qur’an tersebut. Karena pada saat ini banyaknya kasus fraud yang menimpa para bankir, yang salah satunya disebabkan oleh degradasi akhlak”.

Selain itu, Tazkia menawarkan tim khusus yang akan membantu Bank Riau Kepri mengkonversikan diri dari Bank Konvensional ke Bank Syariah sesuai dengan program Pemerintah Provinsi Riau. Tawaran ini diterima dengan baik dan akan langsung dikoordinasikan oleh Pihak Bank Riau Kepri, mengingat Tazkia sebelumnya telah memiliki pengalaman mengkonversi beberapa bank, seperti Bank Syariah Mandiri (kini menjadi Bank Syariah Indonesia) dan yang terbaru adalah konversi Bank NTB Syariah.

Program inisiasi kerjasama terakhir adalah dibidang industri halal, UMKM halal dan sertifikasi halal. Tazkia siap memberikan training dan sertifikasi penyelia halal, serta membantu UMKM di Provinsi Kepulauan Riau mendapatkan sertifikat halal. Gayung pun bersambut, inisiasi ini disambut dengan baik, Said Syamsuri mengatakan “Bank Riau Kepri memiliki program UMKM Award, yakni penghargaan bagi UMKM binaan Bank Riau Kepri. Tazkia dapat membantu dalam mendampingi UMKM binaan tersebut”. Beliau menambahkan, program Tazkia sejalan dengan program Gubernur Riau yang ingin menjadikan Riau sebagai daerah wisata halal.

Sebelumnya, Tazkia telah bekerjasama dengan Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Kepri Riau. Hasil inisiasi ini akan dituangkan di dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang akan ditandatangani oleh Pihak Tazkia dan Bank Riau Kepri.

Miftahul AnwarTazkia lakukan inisiasi Kerjasama dengan Bank Riau Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *