Sertifikasi Halal bagi UMKM: Peluang dan Tantangan

No comments

Kesadaran akan pentingnya sertifikasi halal bagi UMKM dewasa ini menjadi isu yang menarik untuk dibahas. Pada Selasa, 8 Juni 2021 M bertepatan dengan 27 Syawwal 1442 H, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Tazkia (IAI Tazkia) yang dimotori oleh Program Studi Ekonomi Syariah (Prodi ES) menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema; Sertifikasi Halal bagi UMKM: Peluang dan Tantangan. Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber yang kompeten yakni, Ir. Nur Wahid, M.Si. sebagai Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama Indonesia (LSP-MUI) dan Dr. Indra, M.Si sebagai Direktur Pusat Studi Halal LPPM IAI Tazkia. Acara ini dimoderatori oleh Dosen Mata Kuliah Industri Halal, Anita Priantina, M.Ec

Ir. Nur Wahid, M.Si. selaku pembicara pertama membahas tentang landasan hukum sertifikasi halal bagi UMKM, urgensi, prosedur serta peluang untuk menjadi penyelia halal bagi masyarakat luas. Selain itu, Dr. Indra, M.Si juga menjelaskan sekilas tentang kegiatan yang telah dilakasanakan oleh Halal Center Tazkia yang berkejasama dengan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (DEKS BI) pada medio 2020. Diantaranya kegiatan-kegiatan yang sudah diselenggarakan oleh Halal Center Tazkia seperti; pilot project pembangunan Kantin Halal IAI Tazkia, pelatihan pendamping halal UMKM, sosialisasi dan pelatihan UMKM Halal untuk UMKM, fasilitasi pendampingan sertifikasi halal untuk UMKM dan riset UMKM halal.

Acara yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Achmad Firdaus, M.Si., AAAIJ ini diselenggarakan secara daring melalu aplikasi zoom yang dihadiri oleh 138 peserta. Webinar ini dimulai pukul 13.00 hingga pukul 15.300 WIB dan ditutup dengan diskusi dan tanya jawab oleh para pemateri dan para peserta. Pada akhir acara, Koordinator Prodi ES, Nahsr Akbar, M.EC menyerahkan sertifikat pengahargaan kepada dua narasumber dan moderator. Beliau menyampaikan harapannya kedepan agar dapat terjalin kerjasama yang lebih inten antara IAI Tazkia dan LSP-MUI dalam pendampingan sertifikasi halal bagi UMKM dan juga sertifikasi Penyelia Halal bagi mahsiswa Prodi Ekonomi Syariah.

dofirfauziSertifikasi Halal bagi UMKM: Peluang dan Tantangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *