Seminar Bulan Forum x Bulan Fintech Nasional, Islamic Digital Finance.

Seminar Bulan Forum x Bulan Fintech Nasional, Islamic Digital Finance.

user

Humas Tazkia

Bogor- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam (IAI) Tazkia,& Humas Institut Tazkia berkolaborasi dengan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) gelar Webinar Bulan Fintech Nasional, dengan tema Islamic Digital Finance: A Game Changer for Financial Inclusion? yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting , Youtube Tazkia TV & tatap muka di Hall Lantai 3 Kampus Institut Tazkia, pada Senin (28/11/22).


Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) sebagai asosiasi penaung fintech dan ekosistem keuangan syariah di Indonesia terus mendorong terwujudnya kolaborasi yang baik antara pelaku bisnis di industri keuangan syariah, khususnya fintech syariah. Dengan adanya kolaborasi tersebut, diharapkan dapat menjadi katalis dalam percepatan Indonesia memimpin industri keuangan syariah secara global di tahun 2023.
Mengutip dari www.fintechsyariah.id, Asosiasi ini diinisiasi pada bulan Oktober tahun 2017 oleh Pusat Studi Fintech Syariah Tazkia dan 8 Startup Fintech Syariah di Jakarta. Asosiasi ini dibentuk dengan semangat berjama’ah dalam menyatukan potensi kekuatan fintech syariah di Indonesia dalam memberikan pelayanan jasa keuangan alternatif yang bebas riba bagi umat. Asosiasi ini juga dibentuk dengan tujuan mengadvokasi para pelaku startup fintech syariah dalam menyampaikan aspirasi kepada regulator agar dapat mendukung perkembangan bisnis fintech syariah. Setelah melakukan berbagai macam konsolidasi dengan berbagai pelaku fintech syariah dan terus memperlebar jangkauannya ke berbagai wilayah, pada tanggal 8 Februari 2018 Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) resmi didirikan bertempat di Sekretariat AFSI di Menara MTH Lantai 10, Jl. MT Haryono Kav. 23, Tebet Timur, Jakarta Selatan.


Untuk diketahui, dalam rangka Bulan Fintech Nasional, AFSI akan mendorong peningkatan literasi dan edukasi fintech syariah melalui sejumlah kegiatan seperti seminar, webinar, hingga workshop. Momentum ini juga akan manfaatkan sebagai ruang kolaborasi semua pihak dalam ekosistem fintech syariah dan ekonomi syariah.


Kegiatan ini berlangsung dengan tujuan memperkenalkan sistem finasial teknologi syariah yang ada di Indonesia.
Dalam sambutan pembukaan,Dr. Murniati Mukhlisin,M.Ak, Rektor Institut Tazkia yang merupakan Keynote Speaker pada webinar kali ini, menyampaikan harapan output yang didapatkan dari acara ini serta menyambut para narasumber dan sekaligus membuka AFSI Bulan Fintech Nasional.


Pembicara pertama dengan pemateri Ridiani Kurnia, Direktur Group Inovasi Keuangan Digital OJK menyampaikan melalui zoom meeting tentang Peran Fintech Syariah, perkembangan Fintech Syariah di Indonesia, Penerbitan Modul & Sosialisasi Digital Financial Literacy.
Dilanjutkan pemateri kedua oleh Firdila Sari sebagai Direktur digital Banking PT. Bank Aladin Syariah Tbk menjelaskan melalui Zoom Meeting tentang perkembangan Bank Aladin Syariah. Bank Aladin Syariah dimulai tahun 2020, sejak dioperasikan aplikasinya pada awal 2022 sudah dinikmati 1,3 juta nasabah/user bekerjasama dgn 17rb outlet Alfamart di seluruh Indonesia.
Pemaparan materi disampaikan Rama Yurindra, Kepala Eksekutif Inovasi dan Pengembangan Industri AFSI Cerita latar belakang AFSI melalui tatap muka. AFSI didirikan sejak tahun 2017 di Institut Tazkia. Menaungi Model Bisnis Anggota AFSI seperti…dan telah bergabung lebih dari 20 kampus.(Humas Tazkia)