Selamat Datang Mahasiswa Baru Angkatan 22 di Kampus Institut Agama Islam Tazkia

Selamat Datang Mahasiswa Baru Angkatan 22 di Kampus Institut Agama Islam Tazkia

user

admin

IAI Tazkia mengadakan penyambutan mahasiswa baru angkatan 22 beserta orang tua dan wali mahasiswa pada tanggal 3 Rabi’ul Awal 1444 H bertepatan dengan 29 November 2022. Turut hadir juga Assoc. Prof. Dr. Muhammad Syafii Antonio (MSA) sebagai ketua pembina Yayasan Tazkia Cendekia. Pada kesempatan tersebut, Ayahanda Syafii mengucapkan selamat datang dan memperkenalkan sejarah berdirinya kampus IAI Tazkia beserta perkembangannya serta unit unit Tazkia pada pemaparannya yang berlangsung sekitar 30 menit. Tazkia saat ini memiliki 18 unit, diantaranya ada Tazkia Tazkia Consulting, Tour dan Travel, Andalusia Islamic Center, Baitulmaal Tazkia, Asuransi Keluarga Indonesia (Asyki), Tazkia Publishing, Tazkia Book Network, Tazkia Global Islamic School, dan Asia Raya Kapital. Unit unit Tazkia yang didirikan dapat menjadi inkubator dari mahasiswa mahasiswa yang ingin belajar bisnis dalam berbagai bidang seperti jasa konsultasi keuangan syariah, pemasaran buku dan ensiklopedi, dan pemasaran produk pasar modal dan financial technology (fintech). Ditekankan pada penyampaiannya bahwa Tazkia bukan hanya sekedar Lembaga Pendidikan ekonomi syariah, tetapi juga akhlak Islamiah. Dengan demikian, Ketua Pembina IAI Tazkia juga mengajak para orangtua untuk bekerja sama membina para mahasiswa baru ini, sehingga ketika pulang ke rumah, program kedisiplinan yang dilatihkan selama di asrama kampus, akan tetap dilanjutkan. “Mari Bersama sama menjerumuskan anak anak kita ke surga,” ujar MSA.

Jajaran Manajemen IAI Tazkia yang turut hadir pada acara ini adalah Ibu Assoc. Prof. Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP, IFP (Rektor IAI Tazkia), Ibu Anita Priantina, M.Ec (Direktur Internasional Program), Bapak Miftakhus Surur, M.Sc. (Fin) (Direktur Matrikulasi), Ust Dr. Unang Fauzi, M.E.I (Dekan Fakultas Syariah), dan Melvina Syahnum Lubis, M.E.Sy (Kepala Bagian Humas). Rektor IAI Tazkia menjelaskan secara detail semua fakultas, program studi, serta program program unggulan di kampus.

IAI Tazkia memiliki program hafidzprenur, program ini memiliki target untuk menggabungkan antara kurikulum sarjana dengan hafalan 30 juz. Program hafidzpreneur ini berbeda dengan program reguler biasanya karena program hafidzpreneur mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk tinggal di asrama empat tahun secara penuh selama masa perkuliahannya.

   

Program Internasional di IAI Tazkia juga menjadi program unggulan di kampus ini. Program ini dibuka di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah. Program Studi yang dibuka pada program internasional adalah Program Studi Ekonomi Syariah dengan Konsentrasi Ekonomi Moneter Islam, Program Studi Akuntansi Syariah dengan Konsentrasi Auditing Syariah, dan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah dengan Konsentrasi Manajemen Keuangan Syariah. Kelebihan dari kelas internasional adalah bahwa system pendidikannya menggunakan Bahasa Inggris, baik pada pemaparan materi dan pelaksanaan tugas dan ujiannya, termasuk pada ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas laporan magang, dan tugas skripsi. Mahasiswa dan mahasiswi pada program ini juga akan bertemu dengan para dosen tamu yang didatangkan dari berbagai negara dan juga memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar dengan lebih baik.

Kami sebagai keluarga besar civitas akademika IAI Tazkia mengucapkan selamat bergabung dan berterima kasih setinggi tingginya kepada para orangtua mahasiswa baru Angkatan 22 yang telah menjadikan IAI Tazkia sebagai pilihan bagi putra putrinya untuk solusi melanjutkan Pendidikan formalnya. Sebagai pamungkas, acara penyambutan mahasiswa dan orangtua IAI Tazkia ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustad Faishol sebagai salah satu dosen senior di IAI Tazkia. (MSL)