PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN EKONOMI SYARIAH

P R O F I L

 

Progam Studi Manajemen Keuangan Mikro Syariah, memfokuskan diri dalam manajemen operasi keuangan dan perbankan syariah, serta pemasaran.

V I S I  &  M I S I

Visi

  • Menjadi program diploma keuangan syariah pilihan yang melahirkan profesional dan wirausaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkarakter T.A.Z.K.I.A. serta berperan di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2025

Misi

  • Melahirkan pengelola keuangan mikro syariah
  • Membina penggiat dalam pemberdayaan ekonomi syariah
  • Melahirkan entrepreneur muslim berkarakter T-A-Z-K-I-A.

T U J U A N

  • Menghasilkan lulusan yang profesional dan kompeten dalam bidang-bidang akuntansi syariah.
  • Menghasilkan lulusan yang istiqomah dan atau mampu mewarnai lingkungan kerja dengan nilai-nilai luhur sebagai akuntan publik, akuntan internal, akuntan pemerintah, akademisi maupun entrepreneur.
  • Menghasilkan akademisi akuntan yang aktif dalam mengembangkan disiplin keilmuan akuntansi syariah melalui riset-riset empiris.
  • Menghasilkan lulusan yang aktif dan peduli dalam bidang pengembangan masyarakat dan pembelajaran umat.
  • Hidup bukan hanya soal kecerdasan. Kecerdasan menjadi tidak berarti tanpa etika yang baik serta landasan spiritual yang kuat. Di STEI Tazkia, saya terdorong untuk menjadi cerdas dan aktif dengan etika yang baik tanpa melupakan aspek spiritualitas, sehingga saya dapat meraih apa yang belum pernah teraih. I'm Proud To Be Tazkian.

    Satrio Raharjo, S.E.I. Alumni Prodi Akuntansi Islam 2013. Staff Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
  • STEI Tazkia merupakan tempat terbaik untuk mendalami Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah, dengan kajiannya yang komprehensif serta penerapannya yang aplikatif, menjadi senjata utama bagi alumninya untuk menjadi akademisi dan profesional, serta dapat bersaing di kancah global.

    Bazari Azhar Azizi, S.E.I. Alumni Prodi Ekonomi Islam 2014. Penerima Beasiswa LPDP di Durham University.
  • Perkembangan Ekonomi Syariah saat ini perlu didukung oleh sumber daya insani yang berkualitas dan berkelas. Sebagai kampus ekonomi syariah pertama & terbaik yang lengkap & terpadu dalam menvetak lulusan-lulusan yang kompeten dan multi talenta diberbagai bidang. Saya bersyukur menjadi bagian dari keluarga besar STEI Tazkia.

    Hilman Fauzi Nugraha, S.E.I., M.E.Sy. Alumni Prodi Ekonomi Islam 2011. Narasumber Mengaji dan Mengkaji Transvision.
  • Hilman Fauzi Nugraha, S.E.I., MESy. Alumni Magister Bisnis Manajemen Syariah 2015
  • STEI Tazkia mencerdaskan mahasiswanya dengan ajaran syariah secara umum dan sektor keuangan secara khusus sekaligus mendidik untuk memiliki jiwa enterpreneur.

    Jose Hadita, S.E.I. Alumni Prodi Binis Manajemen Islam 2010, Staff Kementerian Keuangan Republik Indonesia & Pemilik Toko Abdu.
  • STEI Tazkia mengajarkan saya berbagai pendekatan dalam belajar mengintegrasikan ilmu syariah dan berbagai pemikiran ekonomi Islam serta ilmu aplikatif lain di bidang ekonomi dan bisnis untuk menghadapi tantangan ekonomi dunia. Selain itu, STEI Tazkia juga membekali dengan pendidikan karakter dan motivasi spiritual, sebagai bekal terbaik untuk pngembangan diri.

    Muh. Tri Bakhoirudin. S.E. Alumni Prodi Binis Manajemen Islam 2016, SODP Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS)..
  • Suatu kebanggan tersendiri bagi saya pribadi bisa menjadi salah satu alumnus Tazkia, Institusi pendidikan pelopor Ekonomi Syariah di Indonesia. Tazkia tidak hanya mengajarkan pengetahuan umum kepada mahasiswanya melainkan juga memberikan pembekalan ilmu agama yang mempuni. semoga STEI Tazkia tetap menjadi yang terdepan dalam proses penciptaan kualitas alumnus yang lebih baik.

    Fahror Rosi, S.E.I. Alumni Prodi Akuntansi Islam 2009, KPMG Indonesia
  • Menjadi alumni STEI Tazkia bagi saya merupakan sebuah kebanggaan. Semoga STEI Tazkia bukan hanya menjadi pelopor ekonomi syariah tetapi juga menjadi katalisator dalam mengaplikasikan muamalah di dalam bisnis dan keseharian ummat.

    Iryandi Masputra, S.H.
  • STEI Tazkia mendidik mahasiswa melalui dosen-dosen yang kompeten di bidangnya dalam mempelajari peluang, menyusun strategi pemasaran dan bagaimana menciptakan customer satisfaction

    Galih Andika, S.E.I. Alumni 2010, pemilik of Car Auto Shine
  • STEI Tazkia tidak hanya memberi pembekalan mengenai perbankan syariah, tetapi juga mendidik interpersonal skill untuk siap ‘terjun’ langsung di dunia perbankan yang kompetitif

    Anna Ratnaningsih, S.E.I Alumni 2009, Bank BRI Syariah
  • Pesatnya pertumbuhan ekonomi Islam saat ini harus dibarengi dengan SDM yang handal, terbukti STEI Tazkia adalah pencetak SDM yang berkualitas.

    Muzammil, S.E.I Alumni 2009, Bank CIMB Niaga Syariah Cab. Lhokseumawe
  • Sistem pendidikan yang terintegrasi antara praktek ekonomi dan pemikiran Islam serta didukung oleh lingkungan yang nyaman. Sungguh tempat yang sangat baik untuk belajar.

    Anisza Hasmawati, S.E.I Alumni 2011, PT Sigma Citra Caraka/Telekom Sigma
  • Semua yang sudah saya dapatkan dari Tazkia telah memberikan manfaat kepada hidup dan karir saya di perusahaan asuransi syariah. Perkembangan pesat industri asuransi syariah memerlukan SDM yang handal. Lanjutkan Tazkia!

    Ade Solahuddin, S.E.I., AAAIK. Alumni 2008, PT. Asuransi Umum Bumida Syariah
  • Tazkia memberikan saya pendekatan baru dalam memahami akuntansi, dan akuntansi syariah sebagai nilai utamanya. Tazkia membuat saya mencintai akuntansi!

    Muhamad Jarkasih, S.E.I Alumni 2008, PT. Zahir International (Accounting Software)
  • Tazkia ibarat mata air yang membasahi keringnya asupan praktisi & akademisi ekonomi syariah. Sehingga lulusannya mampu menjadi primadona di industri syariah.

    Putra Satria, S.E.I Alumni 2011, BSM Sentul City, Bogor
  • STEI Tazkia mengajarkan saya kemampuan holistik. Tidak hanya model-model ekonomi dan manajemen, tetapi juga pendekatan wahyu, diajarkan secara padu.

    Mahbubi Ali, Ph.D. Alumni 2009, Penerima Beasiswa INCEIF (The International Centre for Education in Islamic Finance), Malaysia

N E W S  &  E V E N T S

Proses setoran hafalan kepada pembina

Tazkia Menyambut Mahasiswa Baru Dengan Kegiatan Qur’an Camp

Tazkia memberlakukan hal yang berbeda dalam menyambut mahasiswa baru tahun ini (mahasiswa angkatan 2018/2019). Pada kegiatan masa orientasi mahasiswa baru tahun ini STEI Tazkia memasukan program Qur’an Camp dalam rentetan acaranya. Kegiatan yang berlngsung selama 10 hari ini membagi mahasiswa kedalam 3 kelompok besdasarkan konsentrasinya masing-masing: Pertama, Kelompok Tajwid. Kelompok ini bertujuan untuk memperbaiki bacaan

International Talk STEI Tazkia bersama Habib Namlaitu, Ph.D “Keseimbangan Rohani dan Materi dalam Bermuamalat Maliyah dengan Sunnah Nabawiyah”

Senin, 17 September 2018 M/ 7 Muharram 1440 H Monday Forum kali ini merupakan kolaborasi antara Pusat Studi Zakat dan Wakaf yang dinaungi LPPM dengan International Programme. International Muslim Scholar Talk Series dibuka dengan sambutan dari Ketua STEI Tazkia, Dr Murniati Mukhlisin, M.Acc. Acara dimoderatori oleh Ustadz Abdul Mughni, Lc kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum

Keseimbangan antara Materi dan Spritual dalam Konsep Ekonomi Islam

Konsep islam menawarkan keseimbangan materi dan spritual. Misalnya, orang boleh punya orientasi menjadi kaya tetapi tidak boleh rakus dan pelit. Inilah rumusan sederhana tentang konsep ekonomi islam yang berorientasi pada nilai ibadah, semangat kebersamaan dan azas keadilan. Hal ini disampaikan oleh Dr. Habib Namlaity, Pengurus Badan Wakaf asal Bahrain dalam kuliah umumnya di STEI Tazkia

STEI Tazkia Hadiri Launching NTB Syariah di Islamic Center Mataram, NTB

Mataram, 13 September 2018 / 3 Muharram 1440 H. Dr. Murniati Mukhlisin, Ketua STEI Tazkia menghadiri Launching NTB Syariah di Islamic Center Mataram, NTB. Provinsi Nusa Tenggara Barat mengikuti Provinsi Aceh menyatakan konversi penuh Bank Konvensional NTB menjadi NTB Syariah. Dengan konversi ini, maka seluruh operasional Bank NTB dijalankan full syariah. Ketua OJK Provinsi menyatakan

Ahmad BukhoriS1 – Pendidikan Ekonomi Islam