LPPM IAI Tazkia Adakan Kajian Bedah Kitab Al Amwal Secara Daring

LPPM IAI Tazkia Adakan Kajian Bedah Kitab Al Amwal Secara Daring

user

Humas Tazkia

Bogor-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAI Tazkia mengadakan acara Bedah Kitab Al Amwal Karya Abu Ubaid Al-Qasim. Acara dilaksanakan hari Jumat, 11 Nopember 2022 mulai pukul 09.00-11.00 WIB dalam bentuk webinar. Narasumber pada bedah kitab ini adalah Ust. Nurizal Ismail, MA (Direktur LPPM dan Dosen Tetap IAI Tazkia) . Peserta begitu antusias mengikuti acara ini,karena acara ini rutin dilaksanakan Tiap hari Jumat Pagi setiap minggunya.


Kitab al Amwal merupakan sebuah karya tentang keuangan publik Islami yang ditulis oleh Abu Ubaid Al-Qasim. Kitab ini menekankan beberapa materi mengenai pendapatan dan belanja negara dalam pemerintahan Islam serta hukum administrasi dan hukum internasionalnya. Buku ini secara komprehensif memuat sejarah pemikiran ekonomi Islam selama dua abad pertama hijriyah, dan merupakan sebuah ringkasan tradisi Islam asli dari Nabi, para sahabat dan para pengikutnya mengenai keuangan publik pemerintahan Islam.

Abu ubaid, dalam Kitab al-Amwal, banyak mengutip pandangan dan perlakuan ekonomi dari imam dan ulama terdahulu. Pembahasannya selalu dimulai dengan Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan hadits Rasulullah saw serta atsar para sahabat. Acara bedah buku kali ini membahas bab tentang ancaman bagi orang-orang yang menahan sedekah dan zakatnya. Diakhir acara peserta merasa sangat senang memperoleh ilmu baru, semakin paham mengenai konsep zakat dan perpajakan, serta mengetahui pemikiran tokoh besar Ekonomi Islam Abu Ubaid Al-Qasim.(Humas IAI Tazkia)