Institut Tazkia Melatih Para Karyawan untuk Sertifikasi Halal

No comments

Bogor, 30 Mei 2021

“Institut Tazkia – Kampus Halal, Kampus Syariah, Allahu Akbar”, begitulah gema suara para karyawan yang mengikuti pelatihan sertifikasi halal pada hari Sabtu. 29 Mei 2021 yang dilaksanakan di kampus matrikulasi Dramaga Institut Agama Islam Tazkia. Pelatihan tersebut diberikan untuk mensosialisasikan halal para karyawan dapur kampus matrikulasi Institut Agama Islam Tazkia. Dihadiri oleh direktur Pusat Studi Halal Tazkia, Dr. Indra, M.Si. serta Bapak H. Syaripudin, direktur Andalusia Islamic Center Sentul City yang merupakan penyelia halal resmi tersertifikasi oleh LSP-MUI. Dan diikuti oleh tiga orang staf kantor matrikulasi, lima belas juru masak matrikulasi, dan vendor pengadaan bahan untuk produksi dapur matrikulasi Institut Agama Islam Tazkia.

Acara tersebut berlangsung selama enam jam, dari pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB di aula Ibnu Khaldun, Institut Agama Islam Tazkia.Para karyawan dibekali pengetahuan tentang sertifikasi halal. Mulai dari pengenalan tentang halal, standar halal untuk dapur, sistem jaminan halal, hingga pemantauan dan evaluasi langsung kondisi dapur matrikulasi Institut Agama Islam Tazkia. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai prasyarat pendaftaran sertifikasi halal ke BPJPH Kementerian Agama Republik Indonesia.

Selama acara berlangsung, antuasiasme para karyawan sangat tinggi. Sehingga banyak pertanyaan teknis mengenai standar halal di dapur yang ditanyakan oleh para karyawan utamanya juru masak dan staf penanggungjawab dapur. Materi yang disampaikan oleh para pembicara dibawa dengan penyampaian yang santai namun tepat. Sehingga para peserta pelatihan tidak merasa bosan dengan materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan terdiri dari sepuluh modul dasar halal yang disingkat menjadi tiga sesi pelatihan, yaitu;
1. Pengenalan Sertifikasi Halal dan Urgensinya yang disampaikan oleh Staf Pusat Studi Halal Tazkia, M. Yusuf Ibrahim, S.E.
2. Regulasi dan Ketentuan Sertifikasi Halal di Indonesia yang disampaikan oleh Direktur Pusat Studi Halal Tazkia, Dr. Indra, M.Si.
3. Penerapan Sistem Jaminan Halal yang dijelaskan oleh Direktur Andalusia Islamic Center Sentul City, H. Syaripudin, S.E.

Setelah pemaparan materi selama kurang lebih empat jam, acara dilanjutkan dengan sidak dapur dan diskusi dengan para karyawan perihal pengembangan infrastruktur dapur, vendor halal, hingga menu guna persiapan menjelang pengajuan sertifikasi halal dan audit eksternal. Acara tersebut ditutup dengan sesi dokumentasi dan doa bersama.

Penyusun Press Release,
Muhammad Yusuf Ibrahim
Staf Pusat Studi Halal Tazkia
@halalcenter_tazkia
hsc.tazkia@gmail.com
(+62)888-9049-997

Miftahul AnwarInstitut Tazkia Melatih Para Karyawan untuk Sertifikasi Halal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *