LDK (Lembaga Dakwah Kampus) Tazkia Gelar Acara Leadership Basic Training

No comments

Lingkung Gunung, Jumat 06 Maret 2020. LDK Al-Iqtishod untuk kesekian kalinya mengadakan Leadership Basic Training 2 yang ditujukan bagi seluruh kader baru LDK Al-Iqtishod. Acara ini berlangsung selama tiga hari dua malam, yaitu dimulai pada hari Jumat dan diakhiri pada hari minggu di Lingkung Gunung Adventure Camp Bogor.

Adapun tujuan dilaksanakannya LBT 2 ini untuk menumbuhkan rasa kepemimpinan serta kekompakan pada setiap diri kader karena jiwa kepemimpinan itu harus ada pada setiap muslim dan muslimah. Orang yang memiliki jiwa kepemimpinan adalah orang yang dapat menguasai dan mengondisikan baik dirinya sendiri maupun lingkungan di sekitarnya.

Upacara pembukaan dilaksanakan di lapangan futsal pukul 13.00 dengan pemberian pengarahan singkat oleh Aunul Muaffaq, selaku ketua LDK Al-Iqtishod. Setelahnya proses keberangkatan langsung dilaksanakan walaupun sempat diguyur hujan. Namun, tidak mempengaruhi semangat para kader untuk menjalani kegiatan LBT 2 ini.

Sesampainya di tempat tujuan, para kader yang sebelumnya sudah dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu mentor setiap kelompok langsung diarahkan untuk memasang tenda dan merapikan barang bawaan. Suara sirine berbunyi menandakan para kader diharapkan berkumpul di sumber suara. Bagian kedisiplinan memanggil seluruh anggota kelompok untuk berkumpul di lapangan dan membuat barisan sesuai kelompoknya masing-masing dalam rangka pengkondisian.

Shalat Magrib berjamaah para kader dan para panitia aula dilanjuti dengan membaca al matsurat bersama-sama dan mendengarkan kultum dari salah satu peserta lalu makan malam di aula utama. Setelahnya bagian kedisiplinan memanggil seluruh kelompok untuk berkumpul di aula dalam rangka evaluasi kader dilanjutkan dengan pengkondisian seluruh kader untuk tidur dan dibangunkan kembali pada pukul 01.00 WIB.

Jurit malam, kader dibangunkan tengah malam dan diarahkan untuk pergi ke pos yang telah disediakan. Seluruh peserta harus melewati beberapa pos-pos di mana ada pos yang sebenarnya dan pos bayangan. Dari setiap pos seluruh peserta diminta untuk menjawab pertanyaan dan perintah yang diberikan panitia. Jurit malam diselesaikan menjelang azan subuh. Seluruh peserta dan panitia melakukan shalat subuh berjamaah dan dilanjuti dengan membaca al matsurat bersama-sama. Selanjutnya adalah sarapan pagi dan senam pagi yang dipandu oleh panitia, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi.

Pemberian materi kepada para kader dengan mendatangkan para pembicara hebat yang diundang oleh pengurus LDK Al-Iqtishod, yaitu Ikhsanul Ikhwan yang juga selaku ketua LDK Al-Iqtishod periode 2018-2019, Salman Zuhdi selaku ketua Haihata IAI Tazkia, dan yang terakhir Tangkas Afiq Afandi, salah satu pengurus LDK Al-Iqtishod untuk menambah wawasan bagi para kader.

Selain kegiatan utama, panitia juga memberikan games bagi seluruh peserta di hari terakhir dilanjutkan dengan bersih-bersih diri dan pengepakan barang bawaan. Upacara penutupan segera dilakukan sebagai pertanda bahwa telah berakhirnya kegiatan LBT 2 dengan lancar disertai dengan pembagian jaket LDK kepada para kader. Kemudian pengumuman peserta dan kelompok LBT terbaik. Diharapkan setelah berakhirnya LBT 2 ini dapat mendorong semangat para kader untuk berdakwah dan tidak mudah mengeluh dalam melewati rintangan-rintangan di dalamnya. (aliqtishod.com)

Miftahul AnwarLDK (Lembaga Dakwah Kampus) Tazkia Gelar Acara Leadership Basic Training

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *