Berita Terbaru

Tazkia Adakan Webinar “Dua Belas Purnama Menggantang Asa: Refleksi dan Proyeksi Setahun Pandemi di Indonesia”. Join Now!!!

No comments
#tazkia #ekonomi #ekonomisyariah #economy #bussiness #indonesia
 
Bismillahirrahmanirrahiim
 
📌Mengundang Bapak Ibu semua dalam acara kajian ilmu Webinar Pascasarjana Tazkia pada:
🗓 Date : Friday, 26 February 2021 / 14 Rajab 1442 H
⏰Time : 16.00 – 17.30
 
Bersama:
👨🏻‍🏫 Dr. Ir. Rahmat Mulyana, MM (Koordinator Prodi Magister Ekonomi Syariah)
👨🏻‍🏫 Dr. Eng. Syaiful Anwar, SE, Ak. M.Si, CA (Dosen Pascasarjana Institut Tazkia)
 
Dengan Tema : “Dua Belas Purnama Menggantang Asa: Refleksi dan Proyeksi Setahun Pandemi di Indonesia”
 
silahkan klik link berikut :
 
⤵️⤵️⤵️⤵️⤵️⤵️
Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/81803239480?pwd=NGZKZEdMMm5lWEV4bjhhdzNqTDlBZz09
 
Held By :
Magister Ekonomi Syariah Institut Tazkia
Magister Akuntansi Syariah Institut Tazkia
 
Silahkan dishare ke Relasi Bapak/Ibu
———————
 
Enroll Now :
👨🏻‍🎓 Online Postgraduate Program IAI Tazkia :
✅ Master in Islamic Accounting
✅ Master in Islamic Economics
 
👨🏻‍🎓 Undergraduate Program in Islamic Economics – Law – Education – Accounting – Business Management
 
CP (Call/WA) :
📱 085711910191 / wa.me/6285711910191 (Postgraduate & Webinar)
📱 08159551299 / wa.me/628159551299 ( Undergraduate & Webinar)
Miftahul AnwarTazkia Adakan Webinar “Dua Belas Purnama Menggantang Asa: Refleksi dan Proyeksi Setahun Pandemi di Indonesia”. Join Now!!!
read more

Reuni Online Angkatan 4 Tazkia “Menggulirkan Program Tazkia Peduli Alumni”

No comments

Ahad, 21 Februari 2021/ 10 Rajab 1442 H. Keluarga besar Alumni Angkatan 4 Institut Tazkia mengadakan reuni online. Agenda ini dihadiri oleh Bapak Nurizal Ismail, M.A. sebagai
Ketua Alumni, Al Ustadz Abdul Mughni, LC, M.Hi sebagai ustadz senior tazkia, juga seluruh mahasiswa angkatan 4 yang sudah berkiprah di berbagai profesi.

Ketua angkatan 4; Bapak Heru Kurniawan Susilo mengusulkan Program sosial peduli alumni angkatan 4. Dengan memilih Koordinator angkatan untuk pengaduan mahasiswa yang terkendala dari segi ekonomi, alumni angkatan 4 dapat menyampaikan kendala kepada Koordinator tersebut, dengan validasi internal, donasi dapat digalang tanpa menyebut nama alumni yang memiliki kendala tersebut. Hal ini diharapkan dapat memotivasi jalannya peduli alumni dengan tanpa ada alumni yang memendam kendala ekonomi atau permasalahan lainnya. Dengan tertanamnya jiwa amanah dan semangat berbagi, alumni Tazkia berupaya untuk terus menjalin ikatan alumni angkatan yang lebih baik selanjutnya.

Selain program tersebut, alumni Tazkia angkatan 4 juga berencana mengadakan kajian tematik dan visit bersama pasca Pandemi Covid-19 mereda. Hal ini semakin mudah diwujudkan dengan adanya alumni yang memiliki basic riset akademis, praktisi, serta lembaga sosial pesantren yang sudah berkiprah luas di masyarakat.

Semoga dengan program ini, alumni tazkia dapat semakin solid bersinergi untuk pengembangan program alumni angkatan khusus nya, dan Masyarakat lain umumnya.

Miftahul AnwarReuni Online Angkatan 4 Tazkia “Menggulirkan Program Tazkia Peduli Alumni”
read more

KOORDINASI DOSEN PRODI PENDIDIKAN EKONOMI SYARIAH “BERKREASI DITENGAH PANDEMI MERAIH RIDHO ILAHI”

No comments

Setelah berjibaku pada semester ganjil 2020-2021 kini kembali Prodi Tadris IPS menatap dengan penuh harapan di Semester Genap 2020-2021, kegiatan koordinasi dosen-dosen yang akan mendapat amanah mengajar di Tadris IPS di semester genap ini dilakukan tepatnya pada hari Rabu 10 februari 2021/27 Jumadil Akhir 1442 H mengambil tema “Berkreasi ditengah Pandemi Meraih Ridho Ilahi”.

Acara diawali dengan sambutan Dekan Fakukltas Tarbiyah, Dr Andang menegaskan perlunya inovasi dan kreasi agar pembelajaran dimasa pandemi lebih menyenangkan dan berkualitas utk menjawab tuntutan stake holder. Sementara itu Koordinator Tadris IPS Asnan Purba, Lc. M.Pd.i menyampaikan evaluasi mahasiswa selama semester ganjil dan masukan perbaikan terhadap pembelajaran di semester genap nanti, selain itu juga mengingatkan kepada seluruh Dosen utk mulai fokus kepada bahan ajar yg berkualitas, dengan membuat inovasi dan kreasi dalam pembelajaran e learning. Kegiatan koordinasi ini dilanjutkan dgn diskusi yg lebih detil ttg bagaimana memberikan pelayanan dan pembelajaran yg efektif kepada mahasiswa seraya terus berusaha membuat kreasi berkualitas yang tentunya bermuara kepada kepuasan stake holder.

Maju Terus Tadris IPS sesuai dgn mottonya Aktif, Kreatif, Amanah!!!….

Miftahul AnwarKOORDINASI DOSEN PRODI PENDIDIKAN EKONOMI SYARIAH “BERKREASI DITENGAH PANDEMI MERAIH RIDHO ILAHI”
read more

Workshop Dan Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Bahasa Indonesia Semester Genap 2020-2021

No comments

Menghadapi Semester Genap 2020-2021 Prodi Tadris IPS fakultas Tarbiyah IAI Tazkia selaku Koordinator Mata kuliah Bahasa Indonesia di kampus Institut Agama Islam Tazkia melaksanakan  Workshop dan koordinasi dosen pengampu mata kuliah Bahasa Indonesia semester genap 2020-2021 secara daring melalui zoom pada hari Senin 8 Februari 2021 yang bertepatan dengan 25 Jumadil Akhir 1442 H.

Workshop ini sangat membantu para dosen pengampu mata kuliah ini karena di workshop ini para pengampu mata kuliah ini memebdah dan menganalisa Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) Bahasa Indonesia yang akan diajarkan di Institut Agama Islam Tazkia mereka menyatukan serta mempertajam  visi dan misi dalam pendidikan dan pengajaran Bahasa Indonesia agar peserta didik dan dosen pengampu mempunyai visi dan misi yang sama ketika mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia.Workshop ini dihadiri oleh seluruh pengampu mata kuliah Bahasa Indonesia di kampus IAI Tazkia yang mengampu pada semester ini. Workshop yang mengusung tema Berkreasi Ditengah Pandemi Meraih Ridho Ilahi dibuka oleh sambutan KPS Tadris IPS IAI Tazkia ustadz Asnan Purba Lc.,M.Pd.I selaku KPS Tadris IPS yang menaungi mata kuliah Bahasa Indonesia.

Workshop ini ditutup dengan foto bersama dan berdoa agar pengajaran dan pendidikan semester ini khususnya di mata kuliah berjalan dengan lancar walaupun di tengah pandemic dan dilakukan secara daring sesuai dengan tema workshop dan koordinasi dosen ini yaitu Berkreasi Ditengah Pandemi Meraih Ridho Ilahi

Miftahul AnwarWorkshop Dan Koordinasi Dosen Pengampu Mata Kuliah Bahasa Indonesia Semester Genap 2020-2021
read more

Press Release: Visitasi Reakreditasi Magister Ekonomi Syariah IAI Tazkia

No comments

Program Studi Magister Ekonomi Syariah Institut Agama Islam (IAI) Tazkia.baru saja selesai melaksanakan visitasi reakreditasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Jumat, 29 Januari 2021 sampai dengan Sabtu 30 Januari 2021.

Proses submit reakreditasi sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 26 Maret 2019. Namun dikarenakan ada perubahan sistem rekareditasi dari 7 standar menjadi 9 standar. Banyak program studi lain yang mengajukan reakreditasi serupa, kemudian ditahun 2020 pandemi corona juga menjadi isu lainnya sehingga proses akreditasi ini bru bisa dilaksanakan diawal tahun 2021.

Proses reakreditasi kali ini sangat kental dengan nuansa Jogja, karena kedua asesor sama-sama berasal dari Provinsi yang dikenal.sebagai kota pelajar. Prof Syafiq M Hanafi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ditunjuk sebagai asesor 1 dan Prof Mamduh M Hanafi dari Universitas Gajah Mada ditunjuk sebagai Asesor ke 2. Sedangkan tim Akreditasi Magister Ekonomi Syariah dipimpin oleh Dr. Achmad Firdaus. M.Si.

Hari pertama proses akreditasi meliputi pengecekan Borang 3A oleh asesor 1 dan Borang 3B oleh asesor 2. Secara umum proses akreditasi ini selain pengecekan kesesuain borang dengan data yang ada, ada perubaham TS dri 2019 saat diajukan pertama kali.menjadi TS 2020 saat proses visitasi dilaksanakan. Perubahan mencakup jumlah mahasiswa, lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Hari kedua visitasi diisi dengan kegiatan wawancara kepada dosen, mahasiswa, alumni, tendik.dan pengguna lulusan. Alhamdulillah dengan antusiasme dan dukungan dari semua stakeholder proses wawancara berjalan lancar.

Berdasarakan hasil wawancara Prof Syafiq selaku asesor 1, ketika ditanya kenapa mereka memilih tazkia? Karena memang kampus terbaik dibidang ekonomi syariah yang mereka ketahui adalah Tazkia. “Artinya brand ekonomi syariah sudah melekat di Tazkia” tambah beliau.

Proses akreditasi ditutup dengan.doa oleh Ayahanda Dr. Syafii Antonio, M.Ec selain berdoa.untuk.keberkahan program stud Magister Ekonomi Syariah, keluarga tazkia.juga.turut mendoakan almarhum Dr. Mukhamad Yasid, M.Si yang merupakan mantan direktur pascasarjana IAI Tazkia dan salah satu pendiri.Tazkia.

By: Maulana Hamzah

melvinaPress Release: Visitasi Reakreditasi Magister Ekonomi Syariah IAI Tazkia
read more

Press Release: Coordination Meeting with KBRI Islamabad, Pakistan

No comments

Pada hari Rabu, 27 Januari 2021/ 14 Jumadil Akhir 1442 H, Tazkia International Program menghadiri pertemuan bersama KBRI Islamabad secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Duta Besar RI, Bapak Adam Mulawarman Tugio, S.H. L.L.M.. Tujuan dari pertemuan ini yaitu salah satu upaya untuk meningkatkan hubungan kerja sama akademik antara universitas di Indonesia dengan berbagai universitas di Pakistan. Acara tersebut berlangsung mulai dari pukul 14.00 WIB (12.00 PKT) sampai dengan selesai. (+- 2 jam).

Beberapa kampus yang terlibat dalam pertemuan ini ada 10 Universitas; diantaranya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, STAI Darunnajah Jakarta, Universitas Darussalam Gontor, Universitas Muhamadiyah Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, ICRS Yogyakarta, Universitas Padjajaran Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan IAI Tazkia Bogor. Secara bergilirian setiap kampus tersebut menyampaikan kerjasama apa saja yang sudah atau sedang bahkan akan dijalani dengan universitas yang ada di Pakistan. Mayoritas kerjasama yang dilakukan oleh beberapa kampus tersebut diantaranya pertukaran pelajar (mahasiswa), visiting lecturer, join confrence, dan juga beberapa project seperti penelitian dan pengabdian.

Anita Priantina, M.Ec sebagai Direktur Tazkia Internationa Program memaparkan bahwa IAI Tazkia sejak tahun 2017 sudah mempunyai kelas Internasional dimana semua media pembelajaran menggunakan bahasa Inggris. Kemudian Tazkia sudah menandatangani MoU dengan 2 Universitas di Pakistan di bidang Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Syariah, diantaranya pertama, pada tahun 2015 bekerjasama dengan International Islamic University Islamabad (IIUI) dengan mengadakan pembelajaran secara online menghadirkan Prof. Fahim Khan. Kemudian yang kedua, pada tahun 2018 Tazkia bekerjasama dengan Minhaj University Lahore. Selain Universitas, terdapat pula kerjasama dengan lembaga keuangan mikro syariah yaitu AKHUWAT sebagai bentuk kunjungan dan melakukan penelitian terkait keuangan mikro syariah.

Adapun kerjasama yang terdekat saat ini yaitu saat pandemi seperti ini, Tazkia membuka kelas secara virtual bagi mahasiswa IIUI dan Minhaj University Lahore untuk mengikuti proses pembelajaran di Tazkia selama 1 semester ke depan, dengan mata kuliah yang sudah disiapkan. Harapannya setelah pertemuan dengan KBRI Islamabad ini, semakin mudahnya mendapatkan akses informasi juga menambah terjalinnya kerjasama dengan kampus maupun lembaga keuangan di Pakistan.

By: Shofi Arofatul Marits, Staf International Program

melvinaPress Release: Coordination Meeting with KBRI Islamabad, Pakistan
read more

Data Alumni Pascasarjana Institut Tazkia

No comments
NIM Nama Lengkap Jenis Kelamin       Konsentrasi
 

Alumni Angkatan 12

12010001 Gusril Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
12010003 Afrad Arifin Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
12010004 Abdul Haris Laki-laki Manajemen Harta Syariah
12010008 Fahd Noor Laki-laki Manajemen Harta Syariah
12010015 Reza Wahidy Laki-laki Manajemen Harta Syariah
12010016 Irsan Sanusi Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
12010018 Dian Ranggajaya Laki-laki Manajemen Harta Syariah
12010019 Muljibir Rohman Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
12010002 Reni Kristiana Perempuan Manajemen Harta Syariah
12010006 Rahmatiyaningsih Dwi Endaryani Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
12010007 Atikah Perempuan Manajemen Harta Syariah
12010009 Nurul Beyti Perempuan Manajemen Harta Syariah
12010010 Cucu Sugiarti Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
12010011 Fathin Afifah Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
12010013 Rinrin Jamrianti Perempuan Manajemen Harta Syariah
12010017 Khumaera Huda Perempuan Manajemen Harta Syariah
12010020 Kholifah Perempuan Manajemen Harta Syariah
 

Alumni Angkatan 13

13020002 Tika Kartika Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
13020006 Yuni Kurniawati Perempuan Akuntansi Syariah
13020008 Astuti Karina Sitepu Perempuan Akuntansi Syariah
13020013 Aziza Bunga Khairani Perempuan Manajemen Harta Syariah
13030001 Eka Lisnawati Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
13030003 Neti Dewi Hartati Perempuan Manajemen Harta Syariah
13030005 Inayah Nurhayati Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
13030009 Yundri Astiani Perempuan Manajemen Harta Syariah
13030011 Melvina Syahnum Lubis Perempuan Manajemen Harta Syariah
13030012 Giska Perempuan Manajemen Harta Syariah
13030013 Wiwiet Mutiah Perempuan Akuntansi Syariah
13030014 Farisah Amanda Perempuan Manajemen Harta Syariah
13030018 Tintin Marlina Perempuan Manajemen Harta Syariah
13030027 Nur Saidah Perempuan Akuntansi Syariah
13020003 Zahid Mangku Alam Laki-laki Manajemen Harta Syariah
13020009 Fiqih Afriadi Laki-laki Manajemen Harta Syariah
13020010 Hilman Fauzi Nugraha Laki-laki Manajemen Harta Syariah
13020015 Hera Herdiansyah Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
13020016 Joko Triono Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
13020017 Putra Satria Laki-laki Manajemen Harta Syariah
13020018 Bambang Dwi Handoko Laki-laki Manajemen Harta Syariah
13020020 Mufti Fauzi Rahman Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
13030002 Delta Hadi Purnama Laki-laki Akuntansi Syariah
13030019 Didi Rusliyadi Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
13030020 Asep Saefulloh Laki-laki Manajemen Harta Syariah
13030021 Nurul Iman Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
13030025 Purbadi Laki-laki Manajemen Harta Syariah
13030029 Rusyana Iwan Kurniawan Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
13030026 Rizqi Zakiya Laki-laki Manajemen Harta Syariah
13030015 Tri Yaniarrinita Perempuan Manajemen Harta Syariah
 

Alumni Angkatan 14

14040003 Dewi Ayu Sartika Putri Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14040004 Atika Rukminastiti Masrifah Perempuan Manajemen Harta Syariah
14040008 Shofiyatul Muthi’ah Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14040010 Ulfah Alfiyanti Perempuan Manajemen Harta Syariah
14040014 Siti Nurfajar Octaviani Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050005 Nurhendra Fatma Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050009 Lusi Dewi Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050010 Annisa Ristiana Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050011 Dewi Rosmalia Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050017 Mela Trestiati Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050019 Puri Hukmi Lestari Perempuan Manajemen Harta Syariah
14050020 Hashifah Ibadurrahmi Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050023 Ummu Hafsoh Perempuan Akuntansi Syariah
14050024 Asri Prihastuti Perempuan Manajemen Harta Syariah
14050027 Ilma Juriyanahdia Perempuan Manajemen Harta Syariah
14050030 Yeni Aryati Safitri Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050036 Siti Fatimah Zahra Perempuan Manajemen Harta Syariah
14040019 Rahmi Eka Putri Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
14050029 Wulan Asnuri Perempuan Manajemen Harta Syariah
14040012 Mukhamad Ali Yusuf Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14040015 Aliyas Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
14040022 Muhammad Ulul Azmi Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14050031 Ridwan Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14040001 Akhyar Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
14040006 Nene Harmulyo Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14040009 Pupun Saepul Rohman Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14040011 Nur Kholis Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14040013 Deni Hidayat Laki-laki Akuntansi Syariah
14040016 Adi Mardi Sutomo Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14040017 Purwoko Deni Rahwanto Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
14040020 Ahlis Fatoni Laki-laki Akuntansi Syariah
14040023 R. Ali Pangestu Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14040024 Mahalli Djunaedi Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
14040027 Ade Widiya Antonio Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14050001 Sudadi Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
14050002 Mohamad Ivan Setianagara Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
14050013 Royhan Syaputra Laki-laki Manajemen Harta Syariah
14050014 Hanes Hendri Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
14050033 Hanan Mukriyadi Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
14050041 Tatang Nurhidayat Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
 

Alumni Angkatan 15

15060001 Arief Masthuro Warli Laki-laki Manajemen Harta Syariah
15060003 Ahmad Ridha Akbar Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
15060006 Endy Muhardin Laki-laki Manajemen Harta Syariah
15060012 Mochammad Ridhwan Musthofa Laki-laki Manajemen Harta Syariah
15060015 Luqmanulhakim Laki-laki Akuntansi Syariah
15070005 Tamaruddin Laki-laki Manajemen Harta Syariah
15060008 Dharma Satyawan Laki-laki Manajemen Harta Syariah
15070004 Ulumuddin Nurul Fakhri Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
15070009 Muhammad Yusuf Aria Widjaja Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
15070020 Bernad Hananto Laki-laki Akuntansi Syariah
15070024 Solahuddin Al-Ayubi Laki-laki Manajemen Harta Syariah
15070030 Bahori Ahoen Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
15070032 Yupiter Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
15070035 Waskin Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
15070039 Dindin Jaenudin Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
15060005 Nurul Azizah Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
15060013 Syifa Zakia Nurlatifah Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
15060014 Yunisa Fitriana Perempuan Akuntansi Syariah
15070012 Maya Asfarina Perempuan Manajemen Harta Syariah
15070019 Aminah Nuriyah Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
15070021 Alia Alidinar Perempuan Manajemen Harta Syariah
15070025 Fadhilah Hanum Lubis Perempuan Akuntansi Syariah
15070041 R. Dina Arfiana Burhan Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
15070045 Elvi Anita Afandi Perempuan Manajemen Harta Syariah
 

Alumni Angkatan 16

16080013 Zulnan Tinggi Hari Laki-laki Akuntansi Syariah
16080014 Angga Darmawan Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
16080017 Yaser Taufik Syamlan Laki-laki Akuntansi Syariah
16080018 Abdul Ghofar Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
16080019 Mursalmina Laki-laki Akuntansi Syariah
16080029 Muhammad Hamdan Ainulyaqin Laki-laki Akuntansi Syariah
16080007 Nur Nugrahani Setiawati Perempuan Akuntansi Syariah
16090001 Ayu Solihah Sadariyah Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
16090022 Sandra Monica Perempuan Akuntansi Syariah
16080005 Boby Rachman Gumay Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
16080006 Dea Aryandhana Mulyana Haris Laki-laki Manajemen Harta Syariah
16080011 Najahuddin Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
16090002 Ogie Orlando Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
16090003 Abi Adiyat Fitrachman Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
16090017 Diki Zulkarnaen Laki-laki Akuntansi Syariah
16090018 Muhammad Taufik Bunyamin Laki-laki Manajemen Harta Syariah
16090031 M. Rizky Kurnia Sah Laki-laki Manajemen Harta Syariah
16080008 Cut Dina Atika Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
16080031 Ria Nor Syaidatus Sofa Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
16080033 Nio Tjong Kian Foei Perempuan Islamic Wealth Management
16090030 Ajeng Eka Sagitta Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
 

Alumni Angkatan 17

17100020 Sukma Sunirja Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
17100024 Nanda Naufal Rofiza Haidar Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
17100036 Joni Iskandar Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
17110013 Mohamad Shubran Laki-laki Akuntansi Syariah
17110023 Muhammad Rizki Laki-laki Manajemen Harta Syariah
17110025 Wahyu Cahyadi Laki-laki Akuntansi Syariah
17110034 Rizki Fathoni Adianto Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
17100001 Ummu Aminah Perempuan Manajemen Harta Syariah
17100017 Diva Azka Karimah Perempuan Manajemen Harta Syariah
17100018 Adita Dyah Asokawati Perempuan Manajemen Harta Syariah
17100019 Niati Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
17100021 Farida Ratna Dewi Perempuan Akuntansi Syariah
17100026 Ani Nurhayati Taufik Perempuan Bisnis dan Manajemen Syariah
17110014 Dita Fitri Nurjannah Perempuan Akuntansi Syariah
17110015 Fatmawati Perempuan Manajemen Harta Syariah
17110029 Wildan Mashfufah Perempuan Manajemen Harta Syariah
17110037 Sitty Rabia Mutia Amali Perempuan Manajemen Harta Syariah
17110043 Zharifah Mardliyyah Perempuan Akuntansi Syariah
 

Alumni Angkatan 18

18120016 Muhamad Dede Sulaeman

Laki-laki

Akuntansi Syariah
18120023 Suryadi Laki-laki Manajemen Harta Syariah
18120027 M. Sudirman Laki-laki Akuntansi Syariah
18120036 Wahibul Minan Laki-laki Manajemen Harta Syariah
18130002 Deni Nasri Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
18130036 Akhmad Sultoni Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
18130039 Azwar Laki-laki Bisnis dan Manajemen Syariah
18120004 Fera Yolanda Perempuan Akuntansi Syariah

 

Rizqi ZakiyaData Alumni Pascasarjana Institut Tazkia
read more

(Video) Kematian Kian Dekat, Bencana & Pandemi Didepan Mata – Saatnya Belajar Ilmu Warits!!!

No comments

Tidak jarang permasalahan waris bisa menghancurkan sebuah hubungan keluarga.

Hal ini terjadi karena pemahaman masyarakat tentang ilmu waris yang masih sangat rendah. Waris juga menjadi hal yang tabu untuk diperbincangkan karena berhubungan dengan kematian seseorang.

Mari kita simak video berikut:

“Pentingnya Ilmu Waris, Pada Masa Bencana & Pandemi (Kematian Didepan Mata”

Miftahul Anwar(Video) Kematian Kian Dekat, Bencana & Pandemi Didepan Mata – Saatnya Belajar Ilmu Warits!!!
read more

Rektor Institut Tazkia dan peneliti University of Warwick Bahas Perkembangan SDM Ekonomi dan Keuangan Syariah di Sharia Economic Talk

No comments

Bismillah.

Sumber daya manusia merupakan investasi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan keuangan Syariah. SDM menjadi salah satu kunci faktor produksi untuk mencapai sistem ekonomi yang berkelanjutan.

Dr. Lena Rethel, peneliti ekonomi politik di University of Warwick, telah meneliti ekonomi dan keuangan Islam selama 15 tahun, dimulai sejak tahun 2007 ketika menghadiri Global Islamic Finance Forum di Malaysia, beliau merasa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, terutama ketika terjadi krisis ekonomi dimana mulai dikenal sistem ekonomi Syariah yang berbeda dan mengutamakan etika dan keberlanjutan, sedangkan sistem ekonomi yang ada belum dapat menyelesaikan permasalahan ini.

Menurut Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP, rektor Institut Tazkia, tantangan sumber daya manusia dalam pertumbuhan ekonomi Syariah di Indonesia adalah kurangnya kekuatan dasar Syariah dalam rangka komitmen pada tujuan mensejahterakan masyarakat yang saat ini masih berkembang. Terutama ketika kita melihat keadaan lembaga keuangan Syariah yang berperan dalam bidang komersil dan sosial dalam memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

Institut Tazkia, sebagai kampus yang diketuai oleh Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP, dlam upayanya membentuk SDM yang berkualitas, banyak mengundang para stakeholder ekonomi Syariah ke kampus untuk mengajarkan mahasiswa dan berbagi pengalaman praktisnya di samping ilmu-ilmu akademis, agar para mahasiswa mengetahui peluang dan tantangan di dunia kerja. Selain itu, Institut Tazkia juga sering mengajak mahasiswa untuk mengunjungi berbagai lembaga ekonomi Syariah untuk berdiskusi langsung dengan para pelaku bisnis.

Adapun di The University of Warwick, sebagaimana disampaikan oleh Dr. Lena Rethel, kualitas yang diharapkan dari mahasiswa adalah pemahaman holistik terhadap permasalahan ekonomi Syariah, termasuk di dalamnya sejarah, politik dan hukum dari praktik ekonomi kontemporer.

Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP menambahkan bahwa kita membutuhkan lulusan yang berkualitas dan tentunya harus memahami hukum Syariah, isu-isu keuangan hingga isu-isu politik ekonomi Syariah, serta tantangan dalam praktik kedepannya. Sehingga ketika lulus, para mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah kontemporer.

Saat ini, Inggris menjadi salah satu negara yang juga konsen dalam mengulas ekonomi Syariah, Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP antusias mendapati bahwa pemerintah Inggris sangat mendukung ekonomi dan keuangan Islam, salah satunya dengan penerbitan Sukuk pada tahun 2014. Selain bermanfaat dalam pengembangan komunitas Islam, dukungan ini juga bagi pengusaha dan profesional yang ingin memasuki industri keuangan Islam di Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa Inggris merupakan salah satu negara yang sangat terbuka dalam menerima ekonomi dan keuangan Islam, tentunya menjadi harapan bersama, negara-negara lain juga akan mengikutinya.

Sepakat dengan pendapat Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP, Dr. Lena Rethel menyatakan bahwa pemerintan Inggris memang sangat mendukung ekonomi Syariah dibanding negara non Muslim lainnya. Keuangan Islam sendiri telah menjadi bagian dari pusat keuangan Inggris selama 50 tahun sejak 1970 an, seiring dengan ketertarikan masyarakat terhadap ekonomi Syariah yang berkelanjutan. Aset keuangan Syariah di Inggris juga berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan permintaannya juga terus meningkan.

Ketika berbicara tentang ekonomi Syariah dalam ruang lingkup negara, Dr. Lena Rethel merasa bahwa apa yang terjadi di Indonesia sangat menarik, mengingat Indonesia merupakan negara dengan masyarakat mayoritas Muslim, dapat dikatakan Indonesia cukup terlambat dalam hal ekonomi Syariah, namun sekatang ini sudah maju pesat dan memiliki posisi dalam ekonomi Syariah global, bahkan memiliki kesempatan sebagai ketua negara G20 untuk mempromosikan dan mengambil manfaat dari para ahli ekonomi Syariah.

Meski memiliki potensi, masih ada missing link antara kualitas dan harapan industri ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia. Menurut Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP, ada dua strategi yang dapat digunakan, yaitu dosen di kampus harus terbuka dan memproyeksikan tantangan masa depan agar mahasiswa terus berkembang dan kerjasama antara akademis dan industri agar para lulusan dapat memiliki ilmu yang dapat memenuhi ekspektasi industri kedepannya.

Jika saat ini, masih banyak karyawan non Muslim dan industri keuangan Syariah, maka perlu ada pendekatan berbeda dalam menanggapinya. Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP menjelaskan bahwa industri perlu dipastikan menjunjung tinggi nilai Islam, yaitu tidak hanya mengutamakan tujuan komersil, namun juga memenuhi tujuan sosial. Semua karyawan harus memahami Syariah guna memastikan pedoman utamanya yaitu mencapai kesejahteraan dan keadilan semua manusia. Barulah selanjutnya bahasan tentang produk, fitur, fasilitas, layanan usaha dan lain sebagainya dapat dilakukan.

Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP juga melihat bahwa pemerintah Indonesia sangat mendukung ekonomi dan keuangan Syariah, bahkan memiliki cita-cita menjadi pusat ekonomi dan keuangan Islam dunia di tahun 2024, ditambah dengan dukungan dari regulasi yang menunjukkan dukungan pemerintah melalui berbagai kebijakan ekonomi Syariah. Harapan ini dapat diwujudkan dengan fokus pada seluruh sektor industri Syariah, yaitu industri halal.

Perkembangan ekonomi Syariah di Inggris lebih banyak datang dari sektor swasta dan rakyat sipil, sebagaimana disampaikan Dr. Lena Rethel. Indonesia mendapat kelebihan dengan dukungan yang lebih luas dari masyarakat dan pemerintah. Menurut beliau, tantangan Indonesia adalah memastikan koordinasi yang baik antar lembaga-lembaga ekonomi dan keuangan Syariah dalam negeri dan global. Berbeda dengan Indonesia, Inggris sendiri, meski terdapat dukungan dari pemerintah, namun belum ada rencana atau harapan besar ekonomi Syariah kedepannya.

Melihat peluang besar, ini tentunya kualitas sumber daya manusia perlu dipersiapkan dengan baik. Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP berpendapat bahwa antusiasme masyarakat terhadap ekonomi Syariah terus berkembang secara masif, sehingga perlu adanya kerjasama antara berbagai pihak, disertai dukungan kebijakan terhadap industri ini agar harapan Indonesia menjadi pusat ekonomi dan keuangan Syariah dunia dapat tercapai. Dr. Lena Rethel juga mengafirmasi pendapat Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP, menurutnya Indonesia perlu membangun pemerintahan berkapasitas global dalam ekonomi Syariah.

Pada akhirnya, Gunawan Yasni, tuan rumah acara Sharia Economic Talk menyimpulkan bahwa orang-orang terbaik dalam ekonomi dan keuangan Syariah adalah mereka yang memiliki pengetahuan dan mampu mengamalkannya dalam praktik industri halal bagi semua manusia, bukan hanya kaum Muslim. (Aisyah)

Miftahul AnwarRektor Institut Tazkia dan peneliti University of Warwick Bahas Perkembangan SDM Ekonomi dan Keuangan Syariah di Sharia Economic Talk
read more