Berita Terbaru

Demi Memasifkan Gerakan Investasi Saham Syariah dan Digital Marketing, KSEI Progres Institut TAZKIA Menggelar Seminar Nasional Untuk Millenials

No comments

Sentul City, TAZKIA TV – Pada hari Ahad, 13 Oktober 2019 telah dilaksanakan acara Seminar Nasional bertajuk “Stock Exchange and Digital Marketing Education for Millenials” yang digelar di Hall Lantai 3 Institut TAZKIA. Seminar nasional ini merupakan seminar akbar perdana yang diadakan di kampus ekonomi Islam rintisan Bapak Syafi’i Antonio setelah dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) atas kenaikan tingkat dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam menjadi Institut.

Tujuan dari keberadaan seminar ini adalah merespon peluang-peluang yang ada di sekitar kita terutama potensi digital marketing dan investasi saham syariah yang perlu dikembangkan dan dimanfaatkan oleh generasi muda.

Acara ini turut dihadiri oleh Rektor Institut TAZKIA, Murniati Mukhlisin dan 2 pembicara utama yang sangat bergengsi saat itu ialah Bang Revardi Syaputra dan Kak Frisca Devi Choirina dengan ditemani moderator yang langsung dipimpin oleh Ketua KSEI Progres periode 2018/2019, Bang Thufeil. Tak luput dari itu, terdapat delegasi perwakilan KSEI Kampus wilayah Jabodetabek, Mahasiswa Asrama TAZKIA, dan juga beberapa anggota komunitas Investor Saham Pemula sebanyak 250 peserta.

Dalam pemaparan yang dijelaskan oleh Founder DigiClass, Bang Revardi, ia menyampaikan tips and trick kepada peserta tentang bagaimana langkah awal setiap pembisnis dalam membangun bisnis digital yang mulai marak saat ini. Selain itu, ia juga menyampaikan pesan bahwa kegiatan berbisnis yang dilakukan oleh generasi muda saat ini dapat menjadi penggerak ekonomi dunia.

Pada sesi lainnya, Kak Frisca yang juga merupakan Founder Investor Saham Pemula turut menyampaikan materi tentang Nabung Saham Syariah yang semakin mulai digemari oleh lapisan masyarakat kita. Ia menegaskan bahwa generasi muda harus turut ikut andil dalam memanfaatkan kesempatan berinvestasi sehingga perlu mindset yang baru untuk mencapai titik peluang dalam melakukan investasi saham syariah.

Dalam kesempatan event Progres kali ini disponsori oleh Urunmodal, Hotel Alana, Nitrogen, Anand Catering, Ny. JAB, dan Economichannel. Acara tersebut kemudian diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan plakat kepada pembicara sebagai bentuk apresiasi panitia atas kesediannya dalam berbagi ilmu dan inspirasi kepada generasi millenials.

Harapannya, semoga digital marketing dan investasi saham syariah di Indonesia dapat berkembang lebih pesat berkat tangan anak muda saat ini. (Naufal Rizqullah Al Banjar)

Miftahul AnwarDemi Memasifkan Gerakan Investasi Saham Syariah dan Digital Marketing, KSEI Progres Institut TAZKIA Menggelar Seminar Nasional Untuk Millenials
read more

Belum Genap Satu Bulan, Mahasiswa Tazkia Juarai 6 Lomba Tingkat Nasional

No comments

Mengawali Perkuliahan Semester Ganjil di bulan September, Institut Tazkia menjuarai berbagai even Nasional di Beberapa Provinsi. Prestasi ini diraih dengan beragam cabang lomba. Berikut daftar juara yang telah diraih :
1. Juara 1 Shariah Economics Smart Olympiad (SESO) 2019 di IPB
2. Juara 2 Perlombaan Essay Nasional in UNS, Solo
3. Juara 3 Karya Tulis Ilmiyah Nasional di Universitas Babel
4. Juara 3 Karya Tulis Ilmiyah Nasional in UNNES
5. Juara 3 Lomba Poster Nasional di UNS, Solo
6. Juara 3 Karya Tulis Ilmiyah Nasional di IPB

Tahun sebelumnya Tazkia juga banyak menjuarai lomba skala Nasional bahkan Internasional. Ini menjadi komitmen Tazkia untuk menggapai prestasi Terbaik dalam ilmu dan Amal Ekonomi Syariah.

Rizqi ZakiyaBelum Genap Satu Bulan, Mahasiswa Tazkia Juarai 6 Lomba Tingkat Nasional
read more

Lokakarya Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Institut Tazkia

No comments

Pada hari Senin, 30 September 2019 M/ 01 Shafar 1441 H, LPPM Tazkia mengadakan workshop terkait penyusunan roadmap penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Trainer pada acara ini adalah Bapak Dr. Mukhamad Yasid, M.Si selaku Direktur LPPM.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuat roadmap arah penelitian dan pemberdayaan masyarakat Institut Tazkia selama 5 tahun ke depan. Metode yang digunakan adalah Logical Framework Approach (LFA). Peserta terdiri dari dosen tetap dan jajaran manajemen Institut Tazkia.

Miftahul AnwarLokakarya Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Institut Tazkia
read more

KSEI Progres Tazkia Menjadi Tuan Rumah Studi Banding KSEI SES-C IPB

No comments

Sabtu, 28 Muharram 1441 H/ 28 September 2019 M, lebih dari 30 delegasi KSEI SES-C IPB University berkesempatan untuk datang berkunjung menyambung tali Silaturrahim dengan keluarga besar KSEI Progres Institut Tazkia dalam rangkaian kegiatan Studi Banding regional.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang kelas 1.4 ini diawali dengan sambutan dari ketua KSEI Progres, Lalu Rizky Adriansyah dan ketua KSEI SES-C IPB, M. Arief Ilyanto, dilanjutkan dengan pemaparan profil masing-masing KSEI serta program kerja divisi, kemudian diadakan diskusi antar divisi yang linier untuk bertukar gagasan dan inspirasi.

Dengan adanya diskusi dalam Studi Banding ini, diharapkan masing-masing anggota dapat bertukar pikiran dalam membentuk idealisme mahasiswa sebagai agent of change dengan menjadikan sistem ekonomi Islam sebagai suatu solusi konkrit dalam perbaikan perekonomian bangsa dalam wadah Kelompok Studi Ekonomi Islam.

Melalui Studi Banding ini pula, insya Allah dapat meningkatkan kapasitas pengurus KSEI dalam hal komunikasi, kepemimpinan, dan kreativitas serta meningkatkan ukhuwah antara KSEI Progres Tazkia dan KSEI SES-C IPB.

Rizqi ZakiyaKSEI Progres Tazkia Menjadi Tuan Rumah Studi Banding KSEI SES-C IPB
read more

LDK Al Iqtishod Tazkia menerima kunjungan FKDK UNSIKA

No comments

Ahad, 22 September 2019 M/ 22 Muharram 1441 H, LDK Al-Iqtishad Institut Tazkia mendapatkan kesempatan untuk menyambut kunjungan dari Forum Komunitas Dakwah kampus Universitas Singaperbangsa Karawang atau FKDK Unsika. Acara penyambutan dimulai pukul 10.00 WIB di ruang 3.6 lantai 3, IAI Tazkia. Acara kunjungan ini merupakan rangkaian dari silaturahim dan saling bertukar pikiran terkait program kerja dan kondisi dakwah masing-masing LDK. Seperti yang dikatakan Ismail selaku Ketua LDK Unsika dalam sambutannya, “Kami mengunjungi LDK Al-Iqtishad dikarenakan kondisinya tidak jauh berbeda dari kami, sehingga kami bisa mendapatkan banyak masukan dan ide yang baru dari kunjungan ini”.

Agenda silahturahim ini dimulai dengan menyerukan jargon dan sambutan dari masing-masing ketua LDK. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan program kerja masing-masing organisasi yang diwakili oleh Aunul Muwaffaq (Ketua LDK Al-Iqtishad) dan Ismail (Ketua LDK Unsika). Ada beberapa perbedaan menarik yang terdapat dalam masing-masing struktur, sehingga memunculkan pertanyaan demi pertanyaan dari masing-masing LDK.

Agenda kunjungan ini juga dikemas dengan group discussion yang dibagi berdasarkan divisi yang disesuaikan dengan bidangnya masing-masing untuk membahas secara mendalam terkait kendala ataupun program kerja di masing-masing LDK dan bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut. Dari hasil diskusi ini diharapkan bisa menggambarkan kondisi dakwah dan menambah inspirasi untuk bisa diadaptasi oleh LDK Al-Iqtishad dan LDK Unsika.

Acara berakhir dengan penyerahan cinderamata dari LDK Unsika kepada LDK Al-Iqtishad. Kemudian dilanjutkan foto bersama sebagai kenangan. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini dapat menjalin silaturahmi dan mempererat relasi dari kedua belah pihak.

Rizqi ZakiyaLDK Al Iqtishod Tazkia menerima kunjungan FKDK UNSIKA
read more

Pelatihan Design HIMTAS menjawab tantangan Pendidikan Era Digital

No comments

Jumat 27 September 2019 M /27 Muharram 1441 H

Perkembangan Tekhnologi yang begitu cepat membuat semua kita harus sudah berlari mengejar ketertinggalan ini, dalam menghadapi Revolution Industry 4.0 yang serba digitalisasi dalam segala bidang.

Melihat fenomena ini Prodi Tadris IPS melalui HIMTAS Periode 2019-2020 mengadakan kegiatan pelatihan dasar video dan editing untuk menambah kemampuan soft skill para pengurusnya agar mampu bersaing dan tidak tertinggal dalam dunia digital dan informasi.

Koordinator Prodi Tadris IPS Bapak Syamsul Hadi, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya mendukung kemampuan para pengurus HIMTAS saat sekarang ini, tetapi juga sebagai bekal jangka panjang untuk bisa bersaing setelah lulus dari tazkia dimasyarakat nantinya.

LM Cahya Kurnia Harmawan sebagai instruktur Pelatihan dasar ini juga menyepakati untuk mengadakan pelatihan tingkat lanjutan dan membuat grup digital agar lebih matang lagi dalam dunia desain, editing video dan kemampuan grafis lainnya

Semoga Pengurus HIMTAS tetap eksis dalam dunia digital dan kegiatan lainnnya

Rizqi ZakiyaPelatihan Design HIMTAS menjawab tantangan Pendidikan Era Digital
read more

Wakaf Goes to Campus ; Institut Tazkia Menghadirkan BWI & MoU BNI Syariah

No comments

Sentul City, TAZKIA TV – Pada hari ini, Selasa (24/9), Institut TAZKIA kedatangan tamu dari Badan Wakaf Indonesia dan BNI Syariah pada acara Studium Dynamic Student (SDS) yang dilaksanakan di Aula Al-Hambra Masjid Andalusia, Sentul.

Dalam kesempatan ini, dihadiri pula sekaligus diisi oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Wakaf Indonesia. Terdapat juga General Manager (GM) Funding Division BNI Syariah, Bambang Sutrisno dan Rektor Institut TAZKIA, Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc.

Dalam sambutan wanita yang sehari-harinya dipanggil Madam Ani ini, menekankan bahwa generasi muda, terutama mahasiswa harus mengembangkan wakaf menjadi sarana perekonomian yang mampu mengentaskan permasalahan kemiskinan di Indonesia. Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa setiap generasi muda hari ini harus memetik banyak pelajaran dari adanya praktik wakaf karena dapat menjadikan manusia untuk selalu bersyukur akan hal tersebut.

Dalam pemaparan materi pada acara SDS ini yang berjudul Waqf: Digital Native Life Style, Kepala Badan Wakaf Indonesia menyampaikan bahwa wakaf harus dijadikan sebagai gaya hidup baru setiap generasi muda. Beliau menekankan bahwa wakaf itu adalah kesempurnaan dalam keabadian karena praktik tersebut dapat memberikan nilai kebahagiaan yang lebih daripada lainnya. Beliau juga menjelaskan prinsip dari adanya wakaf ini adalah menahan asalnya dan mengalirkan hasilnya sehingga wakaf dikatakan lebih produktif dibandingkan dengan zakat, infak, dan sadaqah. Beliau pun berpesan agar setiap mahasiswa harus selalu beradaptasi dan berinovasi dalam mengembangkan potensi wakaf.

Di sesi pembicara lain, Bambang Sutrisno menyampaikan pandangannya terhadap pengelolaan wakaf di Indonesia ini yang cenderung masih kurang diminati oleh kebanyakan orang. Selain itu, beliau juga memaparkan inovasi wakaf yang dibuat oleh BNI Syariah atau program Hasanah Way sebagai bentuk upaya merespon terhadap disrupsi teknologi yang terjadi hari ini.

Kegiatan SDS tersebut kemudian diakhiri dengan penandatanganan MoU antara Institut TAZKIA dengan BNI Syariah untuk kerjasama pengembangan wakaf di Indonesia yang disaksikan langsung oleh Kepala Badan Wakaf Indonesia dan jajaran dari karyawan BNI Syariah.

 

Journalist: Naufal Rizqullah Al Banjar

Rizqi ZakiyaWakaf Goes to Campus ; Institut Tazkia Menghadirkan BWI & MoU BNI Syariah
read more

KSEI Progres Raih Penghargaan “KSEI Berdaya ke-1 se-Indonesia”

No comments

 

KSEI Progres Raih Penghargaan sebagai KSEI Berdaya ke-1 se-Indonesia

Alhamdulillah puji syukur atas karunia Allah Ta’ala, pada hari Jumat, 20 September 2019 KSEI Progres Institut Tazkia berhasil meraih penghargaan KSEI Berdaya ke-1 se-Indonesia pada Munas FoSSEI XVII di Universitas Yarsi, Jakarta.

Dengan diberikannya penghargaan ini, diharapkan dapat menjadi apresiasi bagi kiprah para pengurus dan anggota serta motivasi agar lebih semangat berkontribusi dalam membumikan ekonomi Syariah.

“Kami ucapkan Syukran Jazakumullahu Khairan untuk seluruh dukungan terhadap KSEI Progres” Ujar Rizky Ketua Progres 2019.

Rizqi ZakiyaKSEI Progres Raih Penghargaan “KSEI Berdaya ke-1 se-Indonesia”
read more

Gandeng Institut Tazkia, Pemprov Kaltim Mulai Program Pengembangan SDM Syariah

No comments

Senin 23 September 2019, bertempat di Ruang Program Internasional Kampus Tazkia Sentul City, Institut Tazkia mengadakan acara serah terima mahasiswa beasiswa utusan daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Acara yang langsung dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si beserta jajaran staff nya ini dimulai dengan pemberian sambutan oleh Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc. selaku Rektor Institut Tazkia.

Dengan adanya program kerjasama beasiswa utusan daerah ini, Rektor Institut TAZKIA menitipkan pesan kepada suluruh mahasiswa penerima beasiswa agar bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu di Tazkia dan selalu mengedepankan adab sebelum ilmu.

“Saya berpesan kepada seluruh mahasiswa penerima beasiswa utusan daerah Kalimantan Timur agar bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu di Tazkia dan selalu mengedepankan adab sebelum ilmu sebagai bentuk rasa syukur yang besar terhadap kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Kalimantan Timur.dan setelah lulus dari Tazkia kami harapkan seluruh mahasiswa dapat kembali ke tanah asal dan mampu berkontribusi dalam membangun Kalimantan Timur menjadi Provinsi yang Gemah Ripah Loh Jinawi” Tegas Murniati.

“Kampus Terbaik Ekonomi Syariah ini akan selalu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh mahasiswa. Kami selaku manajemen dan seluruh dosen Tazkia akan berusaha membimbing mahasiswa dengan sepenuh hati baik baik dalam sisi keilmuan dan juga pembentukan akhlak mahasiswa.” Lanjut Murniati.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi, S. Si, M. Si. Hadi Mulyadi mengucap terima kasih banyak kepada Institut TAZKIA yang sudah berkenan menerima dan mendidik putra putri utusan daerah Kalimantan Timur. Hadi juga berjanji akan berusaha mengirimkan kembali 200 mahasiswa dari Kalimantan Timur ke Institut TAZKIA pada tahun depan khusus untuk program hafidz ekonomik Tazkia.

“Saya berpesan kepada 35 putra/i daerah yang hadir disini, tentang 3 hal yang harus adik-adik pegang selama mengikuti perkuliahan di Tazkia, yaitu kerja keras, cinta, dan doa. Kerja keras yang dimaksud adalah kerja keras yang didasari rasa tulus, ikhlas, profesional dan memiliki cita-cita jauh kedepan. Kemudian, cinta yang mendeskripsikan bagaimana setiap mahasiswa/i dapat selalu mencintai apa yang dikerjakan. Terakhir, berdoa dimana kerja keras dan cinta manusia dapat menjadi satu frekuensi menuju cita-cita yang diinginkan karena doa yang selalu dipanjatkan kepada Allah SWT.” Pesan Hadi kepada seluruh mahasiswa utusan daerah.

Acara kemudian ditutup dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing pihak sebagai tanda program ini mulai berjalan untuk pertama kali bagi kedua institusi ini.

Sebagai info, terdapat 3 poin inti yang akan dibangun dalam kerjasama Institut TAZKIA dengan Pemprov Kalimantan Timur, yaitu:
1) Menyiapkan SDM bidang Ekonomi Syariah, SDM bidang Hukum Syariah, SDM bidang Pendidikan Ekonomi Syariah, SDM Profesional, dan Penghafal Al-Quran.
2) SDM yang akan merancang dan mengembangkan sektor-sektor industri halal: PARIWISATA HALAL, MAKANAN HALAL, UVOP, dan INDUSTRI KREATIF HALAL.
3) SDM yang siap mengelola SDA Kutai dan sekitar Kalimantan Timur. (Naufal & Anwar)

 

Miftahul AnwarGandeng Institut Tazkia, Pemprov Kaltim Mulai Program Pengembangan SDM Syariah
read more

Perkuat Sinergi Mahasiswa Tadris IPS, Kaprodi membentuk HIMTAS

No comments

Perilaku organisasi sebuah lembaga adalah wajah dari organisasi itu sendiri, karena dasar inilah Prodi Tadris IPS melakukan program Latihan Dasar Kepemimpinan dan Tata Cara Berorganisasi yang baik dan benar melalui Musyawarah Akbar untuk para mahasiswa/i Tadris IPS.

Kegiatan ini diharapkan dapat menstimulasi para mahasiwa Tadris IPS agar lebih aktif dan kreatif dalam menjalankan roda organisasi dengan baik dan terstruktur, sehingga nantinya mereka dapat berkiprah dengan baik di masyarakat

Koordinator Prodi Tadris IPS Bapak Syamsul Hadi, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh prodi karena kepengurusan perdana sehingga perlu diarahkan dan diberikan pembinaan yang komprehensif, kedepannya para mahasiswa/i dapat berfikir kreatif dan responsif terhadap perubahan dan perkembangan organisasi.

 

Musyawarah Akbar ini juga mengesahkan kepengurusan HIMTAS Periode 2019-2020 sebagai berikut:

Pembina

Koordinator Prodi Tadris IPS (Ketua )

Sektetris Prodi Tadris IPS (Anggota)

Pengawas

Dosen Prodi Tadris IPS

Susunan Pengurus Himpunan Mahasiswa Tadris IPS (HIMTAS)

Periode 2019-2020

Ketua:

Gunawan

Wakil Ketua:

Dewi Sartika Wakanubun

Sekretaris :

M. Naufal Irfan

Bendahara:

Ayu Astiani

Departemen Intelektual dan Keilmuan:

Ujang R Mokan (Koordinator)

Raudhatul J Lie  (Anggota)

Departemen Minat Bakat dan Dana Usaha:

Sahdan Rabo (Koordinator)

Novianti La Daera (Anggota)

Departemen Humas dan Media:

Sahlan Abbas (Koordinator)

Nurmina Mansur (Anggota)

Semoga para mahasiswa dapat memanfaatkan pendidikan berorganisasi ini untuk menjadi bekal mereka berdakwah dan berkontribusi nyata dimasyarakat nantinya.

Rizqi ZakiyaPerkuat Sinergi Mahasiswa Tadris IPS, Kaprodi membentuk HIMTAS
read more