Berita Terbaru

Tazkia Adakan Dialog Ringan Dengan Bupati Bogor Terkait Dunia Perkuliahan Pada Masa New Normal

No comments

Kamis, 02 Juli 2020 Institut Tazkia yang diwakili oleh Rektor dan jajaran manajemen kampus melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Bogor untuk bertemu langsung bersama Ibu Ade Yasin (Bupati Bogor).

Kunjungan Tazkia kali ini ditujukan untuk konsultasi dan pengajuan permohonan ijin langsung kepada Bupati agar Tazkia dapat segera memulai kembali kegiatan perkuliahan secara normal mulai bulan September. Dengan catatan bahwa yang dimulai pada bulan september adalah kegiatan perkuliahan untuk program Hafidznomic dan juga program reguler khusus tahun pertama yang kebetulan mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk tinggal di asrama (seluruh kegiatan perkuliahan dilaksanakan d dalam area asrama kampus).

Hal ini ditanggapi positif oleh Bupati Ade Yasin.

“kalau memang kegiatan perkuliahan kampus Tazkia bisa dipusatkan seluruhnya di dalam kawasan kampus (asrama) dan tetap menjaga prosedur kesehatan, insya Allah pihak Kabupaten Bogor akan senantiasa mendukung dan memberikan ijin kegiatan perkuliahan Tazkia segera dilaksanakan kembali. Hal ini kami sesuaikan dengan kebijakan terkait pemberian ijin pelaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk Pondok Pesantren dan lembaga sejenis”. Sambut Ade Yasin

Hal ini tentu menjadi kabar bahagia untuk seluruh elemen kampus Tazkia. Kedepannya hal ini akan dirapatkan kembali pada level manajemen Tazkia sampe akhirnya dikeluarkan keputusan resmi terkait dimulainya kembali jadwal perkuliahan Tazkia terutama program Hafiznomic dan Matrikulasi.

Miftahul AnwarTazkia Adakan Dialog Ringan Dengan Bupati Bogor Terkait Dunia Perkuliahan Pada Masa New Normal
read more

CDC Entrepreneur Talk Edisi Spesial Bersama Sandiaga Uno

No comments

Mari Bergabung dalam acara CDC Entrepreneur Talk Edisi Spesial..

Bersama:

👨‍🏫 Speaker : H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A (Founder OK OC & Pengusaha Nasional)*Tazki

👨‍🏫 Moderator : Fauzul Azmi Zen (Business Owner Pojok Banget Daycare, Direktur Utama PT. Indonesia Kreatif Nusantara) Alumni S1 Institut Tazkia Angkatan 5, Mahasiswa Pascasarjana Institut Tazkia.

Dengan Tema:

📌”Kiat Mengoptimalkan Peluang Bisnis di Tengah Krisis Ekonomi bagi Pengusaha Muda”📌

🗓 Date :
Saturday, 6 Juni 2020 M/ 14 Syawal 1441 H
⏰Time: 13.00- selesai
_______________________

>> Mari Bergabung dengan acara CDC Entrepreneur Talk nya melalui aplikasi Zoom Meeting:

Zoom Klik Join Meeting, dan masukkan kode ID: 882 1865 9346 / password: 553152

https://us02web.zoom.us/j/88218659346?pwd=UUMraFk3dFBRRndGRVBiLzhVNjdZUT09

>> Atau tonton live streaming nya di official YouTube Channel Tazkia TV..dengan klik link dibawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=618O9RcVOw0&feature=youtu.be
_______________________

>>> Mari Bergabung dalam acara keeen ini ya..jangan lupa Subscribe Channel YouTube Tazkia TV nya ya!!! 🙏😇
_______________________

#tazkia #instituttazkia #webinar #kampus #sandiagauno #bogor #amandirumah #idulfitri #bisnis #entrepeneur #dagang #indonesia #ekonomiislam

Miftahul AnwarCDC Entrepreneur Talk Edisi Spesial Bersama Sandiaga Uno
read more

Webinar series – partisipasi perempuan dalam kesejahteraan keluarga

No comments

Situasi pademi yang melanda seluruh dunia saat ini ternyata tidak menghalangi semangat belajar dan berkolaborasi di mana-mana. Tidak mau ketinggalan, kolaborasi dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Syariah Institut Agama Islam Tazkia dengan FEBI UIN Sumatera Utara. Selama beberapa minggu terakhir kedua lembaga ini telah mengadakan Webinar Series dengan menghadirkan narasumber dari kedua kampus tersebut yang dapat dinikmati oleh siapa saja melalui platform Zoom meeting maupun youtube live streaming. Pada tanggal 20 Mei 2020, bertepatan dengan tanggal 27 Ramadhan 1441 H, kedua kampus mengadakan webinar yang bertemakan Partisipasi Perempuan dalam Kesejahteraan Keluarga. Narasumber dari webinar ini adalah Ibu Dr. Hj. Yenni Samri J. Nasution, MA yang merupakan Sekretaris Program Doktor Ekonomi Syariah FEBI UIN SU, dan dimoderatori oleh Ibu Putri Syifa Amalia, M.Sc. yang merupakan Dosen Program Studi Akuntansi Syariah IAI Tazkia.

Webinar yang dimulai pada pukul 09.45 WIB ini diikuti oleh puluhan peserta yang mayoritas merupakan perempuan. Pada kesempatan ini, Ibu Dr. Yenni memberikan paparan yang menarik terkait dengan posisi perempuan di dalam keluarga, pandangan Islam mengenai perempuan yang bekerja, alasan dan motivasi yang mendorong perempuan untuk bekerja, serta indicator kesejahteraan keuarga. Selain itu, Dr. Yenni juga memberikan pemaparan terkait hasil penelitian beliau bersama beberapa rekan dosen yang dilakukan di 4 Universitas di Sumatera Utara. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pola partisipasi perempuan dalam pemenuhan kesejahteraan keluarga dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu istri yang berkontribusi lebih dari 50%, sama dengan 50% dan kurang dari 50% dalam pemenuhan kesejahteraan keluarga. Dari 3 kelompok ini, mayoritas responden berada pada kelompok kedua, di mana partisipasi istri seimbang dengan suami dalam pemenuhan kesejahteraan keluarga.

Selain sesi pemaparan, sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta webinar juga berjalan dengan seru karena banyak dari peserta yang ikut memberikan pandangan terkait dengan tema yang dibahas dan beberapa pertanyaan yang terinspirasi dari kejadian nyata di dunia kerja.  Diantaranya adalah permasalahan yang kerap dihadapi oleh perempuan Ketika bekerja, yaitu kesulitan pengaturan waktu antara pekerjaan dengan keluarga, tuntutan pekerjaan, serta fasilitas di tempat kerja yang kurang memadai bagi ibu hamil dan menyusui.

Webinar ditutup pada pukul 11.15 dengan komitmen dari kedua institusi agar terus melaksanakan kolaborasi yang insya Allah akan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat pada umumnya dan umat Islam pada khususnya.

Berikut adalah link webinar melalui youtube: https://www.youtube.com/watch?v=RopMdaGodAU

dofirfauziWebinar series – partisipasi perempuan dalam kesejahteraan keluarga
read more

Dakwah Lewat Radio, Mahasiswa IAI TAZKIA Tetap Produktif Di Tengah Pandemik

No comments

Koba 11 Mei 2020, Mahasiswa IAI TAZKIA Bogoor membuat sebuah program dakwah lewat radio anak muda setiap sore di New Radio Koba. Program ini menyusul minimnya pengetahuan masyarakat koba tentang ekonomi syariah dan apa saja yang menjadi poin penting didalamnya.

Dilansir dari siarannya “Program ini saya tujukan untuk dedikasi saya kepada kampus dan juga untuk mendakwakan ilmu apa yang sudah saya dapatkan selama kuliah di IAI TAZKIA. Karena ini sangat berguna bagi masyarakat bukan hanya muslim tapi umat tentunya” ujar Riyan Erwinsyah (Mahasiswa Tazkia yang menjadi penyiar di Radio New sebagai mahasiswa magang).

Program ini sudah berjalan dari awal puasa dan sudah berlangsung sekitar 18 hari. Program yang disiarkan secara live di New Radio koba setiap pukul 16.30-17.30 ini mendapat perhatian yang sangat baik dari masyrakat. Bukan hanya itu mereka juga membuka live ig untuk memberitahu masyarakat milenial yang lebih suka mendengar social media dari pada radio. Tapi buka hal yang sulit menarik para pendengar karena memang budaya masyarakat disni masih sangat kental dengan radio sebagai hiburan sehingga banyak orang yang tau tentang program ini.

Miftahul AnwarDakwah Lewat Radio, Mahasiswa IAI TAZKIA Tetap Produktif Di Tengah Pandemik
read more

Berduet Bersama Ibu Menteri Keuangan, Rektor Tazkia Jadi Pembicara Webinar Women In Islamic Finance

No comments

Kamis, 30 April 2020 / 7 Ramadan 1441 H, Dr. Murniarti Mukhlisin Selaku Rektor Tazkia berkesempatan untuk bersanding bersama Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menjadi pembicara dalam Webinar Women in Islamic Finance “Peran Wanita dalam Ekonomi Syariah di Masa Pandemi” yang diadakan oleh IAEI.

Inilah Daftar Lengkap Pembicara acara Webinar Women in Islamic Finance :

  • Sri Mulyani Indrawati, Ph.D (Ketua Umum IAEI / Menteri Keuangan RI)
  • Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc.
  • Prof. Dian Masyita, Ph.D
  • Prof. Dr. Euis Amalia, M.Ag.
  • Rahmatina Awaliah Kasri, Ph.D

>> Saksikan Video Webinar Lengkapnya pada link Youtube dibawah ini :

Miftahul AnwarBerduet Bersama Ibu Menteri Keuangan, Rektor Tazkia Jadi Pembicara Webinar Women In Islamic Finance
read more

Di Tengah Pandemi, Institut Tazkia mendampingi Mahasiswa Hafizpreneur Menyelesaikan Hafalan 30 Juz

1 comment

Kamis, 30 April 2020 / 7 Ramadhan 1441. Institut Tazkia sebagai satu-satunya Kampus Ekonomi Syari’ah yang memiliki Program Hafizpreneur (S1 Bisnis & Target Hafalan 30 Juz), dengan izin Allah Ta’ala mendampingi Mahasiswa Program Hafizpreneur bernama Mufti menyelesaikan Hafalan 30 Juz nya melalui sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Muhammad Mufti menyusul kawan-kawan angkatan nya Muhammad Ihsan,Nur Fadhil Ahmad, Ilman Nur Jamil dan Indra Maulana Iqbal, yang sebelumnya juga telah menyelesaikan hafalan 30 Juz nya dalam program unggulan Institut Tazkia ini. Sebelum PJJ diberlakukan Mufti telah memiliki hafalan 25 Juz selama studi di Institut Tazkia.

“Posisi sebelum Pandemi, ybs (yang bersangkutan (red)) masih di 25 Juz, dan bisa setor 5 juz selama pandemi” ungkap Yaser Syamlan, M.E., CIFP selaku Koordinator Program Hafizpreneur Institut Tazkia.

Program ini merupakan komitmen Institut Tazkia untuk menghadirkan para pebisnis yang menguasai Al-Qur’an dan juga Bisnis. Selain Hafizpreneur, Institut Tazkia juga menyediakan Program Hafiznomist yang bertujuan untuk menghadirkan Para Penghafal Al Qur’an yang juga Ahli Ekonomi. Semenjak Program ini digulirkan, Institut Tazkia mendapatkan dukungan tidak hanya secara individu bahkan tingkat Provinsi. Institut Tazkia, tahun ini mendapat amanah Putra/i baru Program Hafizpreneur & Hafiznomist dari Berbagai Provinsi dan Kabupaten di Indonesia, diantaranya Riau, Kalimantan Timur, dan Juga Bangka Belitung.

Pencapaian Mahasiswa Institut Tazkia ini, menjadi gambaran dan motivasi bagi kita bahwa Pandemi tidak menjadi alasan untuk putus cita-cita, tapi justru menjadi tantangan untuk terus maju dengan mengukir prestasi yang akan dicatat dalam tonggak sejarah kehidupan bahwa kita tetap produktif dan mencapai pencapaian terbaik walau Pandemi Covid-19 hadir di sekitar kita. (Rizqy Z)

Miftahul AnwarDi Tengah Pandemi, Institut Tazkia mendampingi Mahasiswa Hafizpreneur Menyelesaikan Hafalan 30 Juz
read more

Penyerahan Beasiswa BSM untuk Mahasiswa asal Papua di IAI Tazkia

No comments

Menjelang bulan Ramadahan, tepatnya pada tanggal 22 Maret 2020 yang bertepatan dengan 28 Sya’ban 1441 H, PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Laznas BSM Umat meyerahkan beasiswa senilai Rp100.000.000,-  kepada Institut Agama Islam (IAI) Tazkia. Beasiswa ini secara simbolis diserahkan langsung oleh Bapak Tamaruddin sebagai Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Cabang Sentul kepada Ibu Dr. Murniati Mukhlisin M.Acc, CFP, Rektor IAI Tazkia. Penyerahan bantuan beasiswa tersebut disaksikan oleh rekan rekan karyawan BSM dengan tetap mengikuti social distancing sesuai dengan anjuran pemerintah.

Beasiswa yang diberikan oleh BSM dikhususkan untuk mahasiswa dan mahasiswi asal Papua yang menimba ilmu di IAI Tazkia. Kampus Tazkia selama ini telah menjalin kerja sama dengan Yayasan Al Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) binaan KH. MZ. Fadzlan Rabbani Garamatan yang telah berkecimpung dalam pendidikan muslim muslimah asal Papua.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Tamaruddin menyampaikan harapan bahwa setelah lulus nanti para mahasiswa tersebut akan kembali ke Papua dan mengembangkan sumber daya alam Papua dengan sistem ekonomi syariah. Ibu Rektor pun menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur kepada PT BSM. Beliau juga mendoakan agar para karyawan serta nasabah BSM selalu diberikan keberkahan rezeki. Semoga kerjasama PT BSM dan IAI Tazkia selalu memberikan kemaslahatan untuk ummat.

By: Melvina Syahnum Lubis

Miftahul AnwarPenyerahan Beasiswa BSM untuk Mahasiswa asal Papua di IAI Tazkia
read more

المحاضرة الدولية عبر الانترنت في التزكيا مع الدكتور وصفي عاشور

No comments

.قد أقيمت محاضرة بمناسبة تفشي فيروس كورونا التي أصابت العالم بأجمعها، فنحن كالمسلمين نزن دائما كل واقعة بميزان الشرع والتكييف الفقه لكي نقف أمام هذه الظاهرة موقا صحيحا

الجامعة الاسلامية التزكيا كأحد مرجع للدراسة الاسلامية في الجمهورية الاندونيسية بالفعل يصدر رأيا وأسهم في حل هذه المصائب، فأقيمت محاضران وندوات في مختلف المجلات كالاقتصاد والاجتماع والتاريخ ، تكلم فيها الاساتذة والدكاترة والخبراء الافاضل بقصد توضيح الاحكام الصحيحة والموقف الصحيح

ففي يوم الاربعاء 28 شعبان 1441 هـ الموافق 22 إبريل 2020 م تشرفت الجامعة بإقامة محاضرة عبر الانترنت بعنوان (منهجية الإفتاء في نازلة فيروس كورونا )  تكلم فيها ثلاثة اساتيذ افاضل هم الشيخ الدكتور وصفي عاشور أبو زيد المصري والشيخ الدكتور عارف رحمن والشيخ فهمي سالم حفظهم الله

من هذه المحاضرة نعرف عظمة وظيفة المفتي وخطورة الافتاء والضوابط والاخلاق التي لا بد ان يتحلاها المفتي في فتاواه. وكذلك نظرية اسلامية في أن المفتي لا بد ان يكون له كفاية علمية عالية ونظرة واسعة في مسالة ما، ولا بد ان يتعاون مع العلماء في مختلف العلوم كالطب والاجتماع والبيولوجيا

ونحن نوافق ما قررت الحكومة باصدار قرار التباعد الاجتماعي والحجر الصحي المحلي ونسال الله ان يحمي بلاد المسلمين والعالم جميعا وان يرد الامن كما كان

Miftahul Anwarالمحاضرة الدولية عبر الانترنت في التزكيا مع الدكتور وصفي عاشور
read more

International Webinar Spesial Series Hadirkan Ulama Mesir dan Indonesia

1 comment

Oleh : Aisyah As-Salafiyah (Mahasiswa Tazkia Angkatan 17)

Alhamdulillah atas izin Allah Ta’ala, pada hari Rabu, 22 April 2020, Institut Tazkia kembali menyelenggarakan Webinar Series, namun sore ini edisi Spesial, karena merupakan Webinar Internasional berbahasa Arab dengan para pakar dari Mesir dan MUI. Webinar dengan tema “Metodologi Fatwa dalam Menyikapi Virus Corona” atau “منهجية الإفتاء في نازلة فيروس كورونا” dilaksanakan via Google Meet dan beberapa media sosial Institut Tazkia.

Acara dimulai pada pukul 16.30 WIB oleh moderator, Ust. Arip Rahman, Lc, MA selaku dekan fakultas Syariah Institut Tazkia. Beliau menyatakan bahwa pada masa sekarang ini, virus Corona telah menyebar ke seluruh dunia, sehingga dampaknya banyak fatwa hukum syariah yang dikeluarkan terkait ibadah.

Agenda utama yaitu penyampaian materi oleh Dr. Washfi Ashur Abu Zaid, seorang Ulama Mesir, komite Tazkia dan pakar Ushul Fiqh dan Maqashid Syariah. Beliau menyampaikan tentang urgensi pembentukan fatwa, fatwa yang dikeluarkan mestilah melalui metodologi yang benar, karena seorang mufti ibarat seorang dokter, ia harus tahu bagaimana cara pengobatan yang terbaik sesuai dengan keadaan penyakit.

Diantara metode yang harus dipenuhi oleh dalam penentuan fatwa adalah:
🔹 Mufti haruslah seseorang yang ahli.
🔹 Mufti harus memahami betul pokok permasalahannya.
🔹 Mufti harus memiliki pengetahuan tentang hukum Syar’i yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi.
🔹 Menjaga maqashid syariah.
🔹 Mempertimbangkan akibat yang maslahat.

Materi dilanjutkan oleh KH. Fahmi Salim, Lc.MA yang merupakan salah satu anggota MUI pusat dan sekertaris dewan pakar JATTI. Beliau menyampaikan tentang urgensi seorang mufti memahami ilmu agama dan ilmu dunia (termasuk ilmu kedokteran).

Selain itu, beliau sebagai anggota MUI juga menyampaikan beberapa fatwa yang telah dikeluarkan terkait prosedur tata cara beribadah selama masa pandemi Corona ini, setelah tentunya melalui berbagai metodologi fatwa yang Insya Allah terpercaya. Diantaranya adalah fatwa hukum shalat dan wudhu bagi tenaga medis rumah sakit, tentang prosedur penguburan jenazah hingga tentang tata cara ibadah.

Pada Webinar kali ini, Ketua Yayasan Tazkia, Dr. Syafii Antonio dan Rektor Institut Tazkia, Madam Murniati Mukhlisin, M.Acc turut bergabung menghadiri dan menyimak ilmu yang disampaikan oleh kedua narasumber.

Dengan dilaksanakannya Webinar ini, diharapkan dapat menjadi bekal bagi mufti, hakim dan ahli ilmu agar dapat mengetahui bagaimana urgensi metodologi pengambilan fatwa yang baik, langsung dari kedua pakar ulama Mesir dan Indonesia. Semoga kedepannya kita akan dapat banyak menghasilkan fatwa yang benar dan maslahat bagi ummat, Insya Allah.

> Untuk kajian lengkapnya bisa diakses di channel youtube Tazkia TV:

Sampai jumpa di Webinar Series selanjutnya!

==========
Held By :

International Program & Prodi Hukum Ekonomi Syariah Tazkia

Supported By:

Tazkia TV

#webinar #ulama #mesir #MUI #dirumahaja #workfromhome #socialdistancing #stayathome #tazkia #tazkiatv #nstituttazkia #ekonomi #ekonomiislam #ekonomisyariah

Miftahul AnwarInternational Webinar Spesial Series Hadirkan Ulama Mesir dan Indonesia
read more

Syakir Daulay Berbagi Kiat Menyambut Ramadhan Ala Milenial dalam SDS Institut Tazkia 

No comments

Oleh : Aisyah As-Salafiyah (Mahasiswa Tazkia Angkatan 17)

Alhamdulillah atas izin Allah Ta’ala, pada hari Selasa, 21 April 2020, Institut Tazkia menyelenggarakan Student Dynamic Session, kegiatan pekanan yang dilaksanakan setiap hari Selasa yang kali ini berupa Sharing Discussion dengan tema “Kiat Millenial Muslim Menyambut Ramadhan” via Google Meet dan beberapa media sosial Institut Tazkia.

Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, 4T dan pembacaan Tazkia Value bersamaa moderator, Asril Suwandi, mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh Wakil Rektor Institut Tazkia, Pak Andang Heryahya, M.PD.

Kemudian dilanjutkan dengan agenda utama yaitu sharing bersama Syakir Daulay, Influencer Muslim yang juga seorang hafidz Qur’an. Beliau menyampaikan bahwa hendaknya kita mempersiapkan Ramadhan dengan sebaik-baiknya sebagaimana kita akan menemui kekasih, karena Ramadhan adalah bulan terbaik, bulan yang mulia nan penuh rahmat sehingga menjadi kesempatan bagi kita untuk terus menambah amal kebaikan, diantaranya dengan memperbanyak membaca dan menghafalkan Al-Qur’an.

Syakir juga menyampaikan bahwa, sebagai seorang Muslim, janganlah kita dikendalikan oleh keadaan, seharusnya diri kita yang mengendalikan keadaan tersebut. Untuk menjadi seseorang yang sukses, kuncinya adalah berani melangkah disaat yang lain menunda. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, persiapkan Ramadhan dengan baik. Karena kita akan memetik apa yang kita tanam. Semakin cepat menanam, akan semakin cepat memetik. Semakin baik yang ditanam, semakin baik pula yang dipetik.

Pada akhir sesi, Rektor Institut Tazkia, Madam Murniati Mukhlisin, M.Acc ikut bergabung dalam diskusi menyapa Syakir, dan menyampaikan salam kepada seluruh keluarga. Syakir juga merekomendasikan Institut Tazkia sebagai kampus pilihan untuk mempelajari Ekonomi Syariah sebagaimana kakak Syakir, Hamimi Daulay juga pernah menimba ilmu menjadi mahasiswa Institut Tazkia.

Dengan dilaksanakannya SDS ini, diharapkan dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan Ramadhan serta menjadi ajang silaturrahim dengan beberapa mahasiswa kampus lain di seluruh Indonesia.

> Untuk kajian lengkapnya bisa diakses di channel youtube Tazkia TV:

Sampai jumpa di SDS selanjutnya!

==========
Held By :

Podi Hukum Ekonomi Syariah Tazkia

Supported By:

Tim Warek 1 Institut Tazkia

Tazkia TV

#syaqirdaulay #tazkiatv #webinar #sds #corona #covid19 #tazkia #istituttazkia #ekonomiislam #ekonomi #ekonomisyariah #ramadan #ramadhan

Miftahul AnwarSyakir Daulay Berbagi Kiat Menyambut Ramadhan Ala Milenial dalam SDS Institut Tazkia 
read more