PROGRAM STUDI

EKONOMI ISLAM

P R O F I L

 

Progam Studi Ekonomi Islam menawarkan dua konsentrasi, yaitu konsentrasi Ekonomi Pembangunan Islam, dan Keuangan Moneter Islam.


V I S I  &  M I S I

Visi

  • Menjadi Program Studi Ekonomi Islam kelas dunia berkarakter T.A.Z.K.I.A. pada tahun 2025

Misi

  • Mewujudkan sarjana ekonomi Islam yang berkarakter T.A.Z.K.I.A. dan berkontribusi di skala dunia.
  • Menyelenggarakan perkuliahan dan pendidikan yang mencakup disiplin ilmu ekonomi secara komprehensif.
  • Islamisasi ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang ekonomi yang dapat dimanfaatkan secara internasional.
  • Melakukan penelitian dan pengabdian dalam rangka pengembangan konsep dan implementasi ekonomi Islam di masyarakat.
  • Mempromosikan program studi ekonomi Islam sebagai program unggulan di tingkat internasional dengan berbagai aktivitas publikasi.

T U J U A N

  • 1. Menjadi program studi yang berlandaskan Syariah, filsafat ilmu serta metode pengembangan Program Studi Ekonomi Islam
  • 2. Menjadi referensi kurikulum nasional dalam pengembangan Program Studi Ekonomi Islam.
  • 3. Mempunyai kompetensi serta indikator kuantitatif maupun kualitatif lulusan Program Studi Ekonomi Islam yang dapat memenuhi kebutuhan lembaga bisnis Islam baik di sektor riil maupun sektor keuangan.
  • 4. Terjalinnya kerjasama dan kemitraan institusional yang saling menguntungkan dengan lembaga pendidikan tinggi lain dan industri baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Hidup bukan hanya soal kecerdasan. Kecerdasan menjadi tidak berarti tanpa etika yang baik serta landasan spiritual yang kuat. Di STEI Tazkia, saya terdorong untuk menjadi cerdas dan aktif dengan etika yang baik tanpa melupakan aspek spiritualitas, sehingga saya dapat meraih apa yang belum pernah teraih. I'm Proud To Be Tazkian.

    Satrio Raharjo, S.E.I. Alumni Prodi Akuntansi Islam 2013. Staff Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI)
  • STEI Tazkia merupakan tempat terbaik untuk mendalami Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah, dengan kajiannya yang komprehensif serta penerapannya yang aplikatif, menjadi senjata utama bagi alumninya untuk menjadi akademisi dan profesional, serta dapat bersaing di kancah global.

    Bazari Azhar Azizi, S.E.I. Alumni Prodi Ekonomi Islam 2014. Penerima Beasiswa LPDP di Durham University.
  • Perkembangan Ekonomi Syariah saat ini perlu didukung oleh sumber daya insani yang berkualitas dan berkelas. Sebagai kampus ekonomi syariah pertama & terbaik yang lengkap & terpadu dalam menvetak lulusan-lulusan yang kompeten dan multi talenta diberbagai bidang. Saya bersyukur menjadi bagian dari keluarga besar STEI Tazkia.

    Hilman Fauzi Nugraha, S.E.I., M.E.Sy. Alumni Prodi Ekonomi Islam 2011. Narasumber Mengaji dan Mengkaji Transvision.
  • STEI Tazkia mencerdaskan mahasiswanya dengan ajaran syariah secara umum dan sektor keuangan secara khusus sekaligus mendidik untuk memiliki jiwa enterpreneur.

    Jose Hadita, S.E.I. Alumni Prodi Binis Manajemen Islam 2010, Staff Kementerian Keuangan Republik Indonesia & Pemilik Toko Abdu.
  • STEI Tazkia mengajarkan saya berbagai pendekatan dalam belajar mengintegrasikan ilmu syariah dan berbagai pemikiran ekonomi Islam serta ilmu aplikatif lain di bidang ekonomi dan bisnis untuk menghadapi tantangan ekonomi dunia. Selain itu, STEI Tazkia juga membekali dengan pendidikan karakter dan motivasi spiritual, sebagai bekal terbaik untuk pngembangan diri.

    Muh. Tri Bakhoirudin. S.E. Alumni Prodi Binis Manajemen Islam 2016, SODP Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS)..
  • Suatu kebanggan tersendiri bagi saya pribadi bisa menjadi salah satu alumnus Tazkia, Institusi pendidikan pelopor Ekonomi Syariah di Indonesia. Tazkia tidak hanya mengajarkan pengetahuan umum kepada mahasiswanya melainkan juga memberikan pembekalan ilmu agama yang mempuni. semoga STEI Tazkia tetap menjadi yang terdepan dalam proses penciptaan kualitas alumnus yang lebih baik.

    Fahror Rosi, S.E.I. Alumni Prodi Akuntansi Islam 2009, KPMG Indonesia
  • Menjadi alumni STEI Tazkia bagi saya merupakan sebuah kebanggaan. Semoga STEI Tazkia bukan hanya menjadi pelopor ekonomi syariah tetapi juga menjadi katalisator dalam mengaplikasikan muamalah di dalam bisnis dan keseharian ummat.

    Iryandi Masputra, S.H.
  • STEI Tazkia mendidik mahasiswa melalui dosen-dosen yang kompeten di bidangnya dalam mempelajari peluang, menyusun strategi pemasaran dan bagaimana menciptakan customer satisfaction

    Galih Andika, S.E.I. Alumni 2010, pemilik of Car Auto Shine
  • STEI Tazkia tidak hanya memberi pembekalan mengenai perbankan syariah, tetapi juga mendidik interpersonal skill untuk siap ‘terjun’ langsung di dunia perbankan yang kompetitif

    Anna Ratnaningsih, S.E.I Alumni 2009, Bank BRI Syariah
  • Pesatnya pertumbuhan ekonomi Islam saat ini harus dibarengi dengan SDM yang handal, terbukti STEI Tazkia adalah pencetak SDM yang berkualitas.

    Muzammil, S.E.I Alumni 2009, Bank CIMB Niaga Syariah Cab. Lhokseumawe
  • Sistem pendidikan yang terintegrasi antara praktek ekonomi dan pemikiran Islam serta didukung oleh lingkungan yang nyaman. Sungguh tempat yang sangat baik untuk belajar.

    Anisza Hasmawati, S.E.I Alumni 2011, PT Sigma Citra Caraka/Telekom Sigma
  • Semua yang sudah saya dapatkan dari Tazkia telah memberikan manfaat kepada hidup dan karir saya di perusahaan asuransi syariah. Perkembangan pesat industri asuransi syariah memerlukan SDM yang handal. Lanjutkan Tazkia!

    Ade Solahuddin, S.E.I., AAAIK. Alumni 2008, PT. Asuransi Umum Bumida Syariah
  • Tazkia memberikan saya pendekatan baru dalam memahami akuntansi, dan akuntansi syariah sebagai nilai utamanya. Tazkia membuat saya mencintai akuntansi!

    Muhamad Jarkasih, S.E.I Alumni 2008, PT. Zahir International (Accounting Software)
  • Tazkia ibarat mata air yang membasahi keringnya asupan praktisi & akademisi ekonomi syariah. Sehingga lulusannya mampu menjadi primadona di industri syariah.

    Putra Satria, S.E.I Alumni 2011, BSM Sentul City, Bogor
  • STEI Tazkia mengajarkan saya kemampuan holistik. Tidak hanya model-model ekonomi dan manajemen, tetapi juga pendekatan wahyu, diajarkan secara padu.

    Mahbubi Ali, Ph.D. Alumni 2009, Penerima Beasiswa INCEIF (The International Centre for Education in Islamic Finance), Malaysia

N E W S  &  E V E N T S

Ries Wulandari, SP, MSi (kedua dari kiri) bersama dosen pengampu MK kebanksentralan se-Indonesia.

STEI Tazkia Turut Ambil Bagian Dalam Workshop SPEKTRO Dan TOT Kebanksentralan BI Institut

STEI Tazkia telah memiliki MoU dengan Bank Indonesia Institute yang deperbaharui pada tahun 2017. Salah satu kerjasama yang disepakati adalah Pengembangan Kurikulum Mata Kuliah Kebanksentralan. Terkait hal tersebut Dosen Prodi Ekonomi Islam, yang merupakan Pengampu MK Ekonomi Moneter, Ibu Ries Wulandari, MSi mengikuti agenda Workshop Spektro dan ToT Kebanksentralan. Acara berlangsung di Jakarta, selama 3

Foto Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc

Inflasi dan Keuangan Keluarga

By Dr. Murniati Mukhlisin M.Acc, ( Konsultan Sakinah Finance/Ketua STEI Tazkia )* Hari ini ada kajian riset para dosen atau dikenal dengan “Monday Forum” di Kampus STEI Tazkia. Topiknya menarik, yaitu “Determinan Inflasi: Pembuktian Teori Al-Maqrizi” dibawakan oleh Ketua Program Studi Ekonomi Syairah dan Direktur Pusat Studi Wakaf di STEI Tazkia, Nashr Akbar MEc. Tentu

Kerjasama IAI dan Tazkia

Pada hari Selasa, 10 april 2018, telah diselenggarakan acara penandatanganan nota kesepahaman antara STEI Tazkia dan IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) tentang Pelaksanaan USAS (Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah) & CAFB (Certified in Accounting, Finance and Business) bagi mahasiswa STEI Tazkia. Acara ini dihadiri oleh Ibu Dr. Khomsiyah, M.M., Ak., CA., FCMA., CGMA. selaku anggota Dewan Pengurus

Fintech Syariah Butuh Fatwa yang Mendesak

Kebutuhan akan fatwa fintech syariah dinilai mendesak karena fatwa akan menjadi panduan. Wakil Ketua STEI Tazkia yang menginisiasi Pusat Kajian Fintech Syariah di STEI Tazkia, Murniati Mukhlisin, menjelaskan bahwa bersama DSN MUI, pihaknya tengah mengawal fatwa fintech syariah. Karena masih wacana, selama fatwa belum keluar, panduan fintech syariah masih belum jelas. Keberadaan sandbox oleh regulator

I am text block. Click edit button to change this text.

Ahmad BukhoriS1 – Ekonomi Islam