Berita Terbaru

Webinar series – partisipasi perempuan dalam kesejahteraan keluarga

No comments

Situasi pademi yang melanda seluruh dunia saat ini ternyata tidak menghalangi semangat belajar dan berkolaborasi di mana-mana. Tidak mau ketinggalan, kolaborasi dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Syariah Institut Agama Islam Tazkia dengan FEBI UIN Sumatera Utara. Selama beberapa minggu terakhir kedua lembaga ini telah mengadakan Webinar Series dengan menghadirkan narasumber dari kedua kampus tersebut yang dapat dinikmati oleh siapa saja melalui platform Zoom meeting maupun youtube live streaming. Pada tanggal 20 Mei 2020, bertepatan dengan tanggal 27 Ramadhan 1441 H, kedua kampus mengadakan webinar yang bertemakan Partisipasi Perempuan dalam Kesejahteraan Keluarga. Narasumber dari webinar ini adalah Ibu Dr. Hj. Yenni Samri J. Nasution, MA yang merupakan Sekretaris Program Doktor Ekonomi Syariah FEBI UIN SU, dan dimoderatori oleh Ibu Putri Syifa Amalia, M.Sc. yang merupakan Dosen Program Studi Akuntansi Syariah IAI Tazkia.

Webinar yang dimulai pada pukul 09.45 WIB ini diikuti oleh puluhan peserta yang mayoritas merupakan perempuan. Pada kesempatan ini, Ibu Dr. Yenni memberikan paparan yang menarik terkait dengan posisi perempuan di dalam keluarga, pandangan Islam mengenai perempuan yang bekerja, alasan dan motivasi yang mendorong perempuan untuk bekerja, serta indicator kesejahteraan keuarga. Selain itu, Dr. Yenni juga memberikan pemaparan terkait hasil penelitian beliau bersama beberapa rekan dosen yang dilakukan di 4 Universitas di Sumatera Utara. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pola partisipasi perempuan dalam pemenuhan kesejahteraan keluarga dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu istri yang berkontribusi lebih dari 50%, sama dengan 50% dan kurang dari 50% dalam pemenuhan kesejahteraan keluarga. Dari 3 kelompok ini, mayoritas responden berada pada kelompok kedua, di mana partisipasi istri seimbang dengan suami dalam pemenuhan kesejahteraan keluarga.

Selain sesi pemaparan, sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta webinar juga berjalan dengan seru karena banyak dari peserta yang ikut memberikan pandangan terkait dengan tema yang dibahas dan beberapa pertanyaan yang terinspirasi dari kejadian nyata di dunia kerja.  Diantaranya adalah permasalahan yang kerap dihadapi oleh perempuan Ketika bekerja, yaitu kesulitan pengaturan waktu antara pekerjaan dengan keluarga, tuntutan pekerjaan, serta fasilitas di tempat kerja yang kurang memadai bagi ibu hamil dan menyusui.

Webinar ditutup pada pukul 11.15 dengan komitmen dari kedua institusi agar terus melaksanakan kolaborasi yang insya Allah akan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat pada umumnya dan umat Islam pada khususnya.

Berikut adalah link webinar melalui youtube: https://www.youtube.com/watch?v=RopMdaGodAU

dofirfauziWebinar series – partisipasi perempuan dalam kesejahteraan keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *