International Webinar Spesial Series Hadirkan Ulama Mesir dan Indonesia

1 comment

Oleh : Aisyah As-Salafiyah (Mahasiswa Tazkia Angkatan 17)

Alhamdulillah atas izin Allah Ta’ala, pada hari Rabu, 22 April 2020, Institut Tazkia kembali menyelenggarakan Webinar Series, namun sore ini edisi Spesial, karena merupakan Webinar Internasional berbahasa Arab dengan para pakar dari Mesir dan MUI. Webinar dengan tema “Metodologi Fatwa dalam Menyikapi Virus Corona” atau “منهجية الإفتاء في نازلة فيروس كورونا” dilaksanakan via Google Meet dan beberapa media sosial Institut Tazkia.

Acara dimulai pada pukul 16.30 WIB oleh moderator, Ust. Arip Rahman, Lc, MA selaku dekan fakultas Syariah Institut Tazkia. Beliau menyatakan bahwa pada masa sekarang ini, virus Corona telah menyebar ke seluruh dunia, sehingga dampaknya banyak fatwa hukum syariah yang dikeluarkan terkait ibadah.

Agenda utama yaitu penyampaian materi oleh Dr. Washfi Ashur Abu Zaid, seorang Ulama Mesir, komite Tazkia dan pakar Ushul Fiqh dan Maqashid Syariah. Beliau menyampaikan tentang urgensi pembentukan fatwa, fatwa yang dikeluarkan mestilah melalui metodologi yang benar, karena seorang mufti ibarat seorang dokter, ia harus tahu bagaimana cara pengobatan yang terbaik sesuai dengan keadaan penyakit.

Diantara metode yang harus dipenuhi oleh dalam penentuan fatwa adalah:
🔹 Mufti haruslah seseorang yang ahli.
🔹 Mufti harus memahami betul pokok permasalahannya.
🔹 Mufti harus memiliki pengetahuan tentang hukum Syar’i yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi.
🔹 Menjaga maqashid syariah.
🔹 Mempertimbangkan akibat yang maslahat.

Materi dilanjutkan oleh KH. Fahmi Salim, Lc.MA yang merupakan salah satu anggota MUI pusat dan sekertaris dewan pakar JATTI. Beliau menyampaikan tentang urgensi seorang mufti memahami ilmu agama dan ilmu dunia (termasuk ilmu kedokteran).

Selain itu, beliau sebagai anggota MUI juga menyampaikan beberapa fatwa yang telah dikeluarkan terkait prosedur tata cara beribadah selama masa pandemi Corona ini, setelah tentunya melalui berbagai metodologi fatwa yang Insya Allah terpercaya. Diantaranya adalah fatwa hukum shalat dan wudhu bagi tenaga medis rumah sakit, tentang prosedur penguburan jenazah hingga tentang tata cara ibadah.

Pada Webinar kali ini, Ketua Yayasan Tazkia, Dr. Syafii Antonio dan Rektor Institut Tazkia, Madam Murniati Mukhlisin, M.Acc turut bergabung menghadiri dan menyimak ilmu yang disampaikan oleh kedua narasumber.

Dengan dilaksanakannya Webinar ini, diharapkan dapat menjadi bekal bagi mufti, hakim dan ahli ilmu agar dapat mengetahui bagaimana urgensi metodologi pengambilan fatwa yang baik, langsung dari kedua pakar ulama Mesir dan Indonesia. Semoga kedepannya kita akan dapat banyak menghasilkan fatwa yang benar dan maslahat bagi ummat, Insya Allah.

> Untuk kajian lengkapnya bisa diakses di channel youtube Tazkia TV:

Sampai jumpa di Webinar Series selanjutnya!

==========
Held By :

International Program & Prodi Hukum Ekonomi Syariah Tazkia

Supported By:

Tazkia TV

#webinar #ulama #mesir #MUI #dirumahaja #workfromhome #socialdistancing #stayathome #tazkia #tazkiatv #nstituttazkia #ekonomi #ekonomiislam #ekonomisyariah

Miftahul AnwarInternational Webinar Spesial Series Hadirkan Ulama Mesir dan Indonesia

1 comment

Join the conversation
  • Indra Gunawan - May 12, 2020 reply

    E sertifikat utk program ini blm ada yaa

    • No.HP/WA: 0896-6445-3446

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *