Berita Terbaru

Kiat-Kiat Pencegahan Virus Corona Ala Tazkia

No comments

Beberapa hari ini masyarakat Indonesia digegerkan dengan pernyataan resmi dari pemerintah bahwa virus corona akhirnya masuk ke Indonesia. Dua orang (Ibu dan Anak) di daerah Depok diberitakan positif terjangkit virus corona setelah sebelumnya melakukan kontak langsung dengan WNA asal Jepang yang diketahui juga positif terjangkit virus corona. Berita ini tentu saja mengakibatkan kekhawatiran yang besar berujung kepanikan di tengah masyarakat. Hal ini terbukti dengan habisnya stok masker di beberapa daerah karena diborong oleh masyarakat yang merasa khawatir.

Untuk meredakan kepanikan dan meminimalisir penyebaran Virus Corona, Tazkia mencoba memberikan kiat-kiat pencegahan Virus Corona, tapi sebelumnya mari kita kenali dulu apa itu Virus Corona.

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Gejala Virus Corona:

Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Pencegahan Virus Corona:

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau dilakukan sebagai bentuk pencegahan terjangkit virus corona. beberapa kiat pencegahan virus corona yang direkomendasikan Tazkia adalah:

  • Sering cuci tangan pake sabun;
  • Gunakan Masker apabila batuk/pilek;
  • Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah;
  • Berhati-hati ketika melakukan kontak dengan hewan;
  • Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup;
  • Hindari mengkonsumsi daging mentah;
  • Bila batuk/pilek dan sesak nafas segera lakukan pemeriksaan ke dokter;
  • Hindari melakukan perjalanan jauh terutama ke daerah-daerah yang sudah terjangkit virus corona.

Semoga info ini bermanfaat, silahkan mencoba menerapkan kiat-kiat pencegahan diatas. Semoga Allah selalu melindungi kita dari penyakit-penyakit yang membahayakan seperti virus corona

————————————–
Info pendaftaran Tazkia hubungi kakak dibawah ini yah :
kak Irma +62-815-9551-299
kak Sadam +62-852-1146-4969
————————————–

Miftahul AnwarKiat-Kiat Pencegahan Virus Corona Ala Tazkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *