Berita Terbaru

Ratusan Mahasiswa se-Jabodetabek Hadiri Rakereg 2019 di KSEI Progres Institut Tazkia

No comments

Perkembangan Ekonomi Islam pada saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik kajian akademis di perguruan tinggi maupun dalam praktik operasionalnya. Hal tersebut tidak terlepas dari peranan mahasiswa yang tergabung dalam FoSSEI dalam berdiskusi tentang Ekonomi Islam. Untuk terus menjaga kemajuan Ekonomi Islam, FoSSEI Regional Jabodetabek insya Allah akan menyelenggarakan agenda Rapat Kerja Regional (Rakereg) FoSSEI Jabodetabek 2019

Alhamdulillah atas izin Allah Ta’ala, pada hari Sabtu hingga Ahad, 30 November hingga 1 Desember 2019, sekitar 200 mahasiswa yang tergabung dalam KSEI dari seluruh kampus di Jabodetabek datang ke KSEI Progres Institut Tazkia dalam rangka menghadiri agenda tersebut.

Rangkaian acara dimulai sejak Sabtu sore (30/11/2019) dengan registrasi di kampus utama Institut Tazkia, Sentul City. Kegiatan pertama adalah sharing keorganisasian bersama Koordinator Regional FoSSEI Jabodetabek, kak Hadi Aufa dari KSEI Lisensi UIN Jakarta hingga menjelang Maghrib.

Setelah istirahat, shalat dan makan. Kegiatan selanjutnya adalah kajian ba’da Isya bersama peneliti senior bank Indonesia, Dr. Ali Sakti dengan tema: Satukan Langkah, Bumikan Ekonomi Syariah.

Selesai kajian Ba’da Isya, seluruh KSEI berkumpul untuk sharing perkembangan antar KSEI dengan dipandu oleh Koordinator Regional FoSSEI Jabodetabek, kak Hadi Aufa hingga pukul setengah sepuluh malam, dilanjutkan dengan istirahat di tempat yang telah disediakan oleh panitia.

Pada hari kedua (Ahad, 1/12/2019), Rakereg kembali dimulai dengan agenda kegiatan salat tahajud secara berjamaah di Masjid Andalusia. Kegiatan ini dimulai pukul 03.30 WIB hingga 10 menit menjelang azan subuh yang diimami oleh saudara Muhammad Rijal Anshorulloh, Mahasiswa Semester 3 Jurusan Ekonomi Syariah.

Seusai kegiatan salat subuh berjamaah, terdapat kajian subuh spesial sebagai penutup kegiatan MABIT para delegasi KSEI seluruh wilayah Jabodetabek. Kajian ini diisi dan dibawakan oleh ustadz Ardhy Surya Nugraha, Da’i Muda Nasional selama hampir 2 jam. Tema yang dibawakan sangatlah istimewa, yakni “Dari Masjid, Ekonom Rabbani Bangkit”. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan agenda sesi foto bersama dengannya dan kegiatan olahraga pagi hingga pukul 07.00 WIB.

Memasuki acara inti dengan diawali oleh pembukaan Master of Ceremony (MC) beserta sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Muhammad Syihabudin selaku ketua acara Rapat Kerja Regional FoSSEI Jabodetabek 2019. Dilanjutkan setelahnya, yaitu Koordinator Regional FoSSEI Jabodetabek, Hadi Aufa dan terakhir adalah Ustadz Rizqi Zakiya yang mewakili manajemen Institut Tazkia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi hasil RAKERNAS 2019 yang dilakukan di Madura pada awal bulan November yang dipresentasikan oleh Agus Sulaeman, Presidium Nasional FoSSEI bagian Kaderisasi. Dalam penyampaiannya dijelaskan bahwa tema nasional FoSSEI untuk 1 tahun kedepan adalah Optimalisasi Manajemen dan Keuangan Masjid serta ZISWAF dalam Pembangunan Sosial Ekonomi Indonesia.

Usai sosialisasi dilakukan, acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus FoSSEI Jabodetabek periode 2019/2020 yang dilantik langsung oleh Hadi Aufa. Rangkaian acara berikutnya adalah ice breaking dan coffee break dengan bermain games kahoot.

Selanjutnya adalah sidang komisi yang terbagi menjadi 3, yaitu komisi kaderisasi, keilmuan, dan media dimana masing-masing komisi tersebut membahas program kerja untuk dilakukan selama 1 tahun kedepan. Sidang tersebut berlangsung 1 jam dengan menghasilkan Key Performance Indicator sebagai pedoman kerja FoSSEI Jabodetabek satu tahun kedepan. KPI tersebut kemudian disahkan, ditetapkan, dan ditandatangani oleh Hadi Aufa pada sidang pleno dengan disaksikan langsung oleh delegasi-delegasi yang menghadiri acara ini. Acara tersebut diakhiri dengan pembacaan doa, sesi foto bersama, dan jumpa lepas delegasi KSEI.

Dengan dilaksanakannya acara ini, diharapkan dapat menjadi wadah ukhuwah bagi seluruh KSEI se-Jabodetabek dan motivasi agar lebih semangat berkontribusi bagi pengurus masa amanah 2019-2020 yang akan melanjutkan estafet dakwah ekonomi Syariah di Indonesia.

_Kami ucapkan Syukran Jazakumullahu Khairan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, semoga dapat berjumpa kembali di kesempatan berikutnya, Insya Allah.._

Ekonom Rabbani.. Bisa❗
Progres.. Ceria❗

Miftahul AnwarRatusan Mahasiswa se-Jabodetabek Hadiri Rakereg 2019 di KSEI Progres Institut Tazkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *