Berita Terbaru

Menyiapkan Kader Dakwah Ekonomi Islam Terbaik, KSEI Progres Mengadakan LBT Jilid I

No comments

 

Sentul City, TAZKIA TV – Kabar kembali datang dari Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Progres Institut TAZKIA dimana pada akhir pekan kemarin telah dilaksanakan kegiatan _Leadership Basic Training_ Jilid 1 dengan berbalut kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) yang dilakukan di Gedung Abdurrahman bin ‘Auf Masjid Andalusia Sentul.

 

Acara tersebut diselenggarakan tepat pada hari Sabtu-Ahad, 19-20 November 2019 dengan menghadirkan pembicara, yakni Ustadz Ardhy Surya Nugraha, Ketua Ikatan Mubaligh Indonesia dan Kak Thufeil Muhammad Tyansyah, Pengurus Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Nasional bidang Keilmuan.

 

Rangkaian acara pun dimulai pada hari Sabtu sore pukul 16.00 WIB. Sesuai dengan tema acara yang berlaku, yaitu Urgensi Merajut Ukhuwah Dalam Dakwah Bernuansa Ilmiah, pada kesempatan kali ini, kak Thufeil menyampaikan materi tentang FoSSEI secara umum. Forum tersebut mulai didirikan pada tanggal 13 Mei 2000 dengan tujuan utamanya, yaitu menguatkan sinergi peran dakwah ekonomi Islam setiap KSEI pada masyarakat.

 

Dia menjelaskan bahwa FoSSEI yang ada saat ini adalah seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berfungsi mewadahi para KSEI dalam berkontribusi membumikan ekonomi syariah. Lebih lanjut lagi, keberadaan FoSSEI saat ini telah membawa perubahan pada arus pertumbuhan ekonomi Islam Indonesia dimana selama ini para pengurus dan kader FoSSEI telah berjuang dalam mendorong pemerintah pusat untuk menjadikan ekonomi Islam sebagai fundamental perekonomian masyarakat melalui jalur diplomasi.

 

Beliau menambahkan, dengan memiliki 3 _spirit_ yang terdiri dari Ukhuwah, Dakwah, & Ilmiah dalam berperan sebagai Ekonom Rabbani, maka segala tujuan dan cita-cita kita sebagai kader FoSSEI dapat tercapai dalam menjadikan ekonomi syariah sebagai jalan menuju kesejahteraan.

 

Pada malam harinya, dilanjutkan kembali materi kajian tentang Taman Surga Ukhuwah yang dipersembahkan oleh Ustadz Ardhy Surya Nugraha. Beliau mengatakan bahwasanya hidup itu berorganisasi setiap harinya. Setiap bagian tubuh kita memiliki peran masing-masing dalam memaksimalkan kenikmatan yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

 

 

Sebagai contoh, tangan digunakan untuk mengambil barang, kaki digunakan untuk berjalan, dan organ-organ lainnya yang memiliki peran yang berbeda daripada yang sudah disebutkan sebelumnya. Sehingga perlu adanya kejelasan komunikasi antar sesama organ tubuh agar terciptanya harmonisasi fungsi dari setiap organnya. Begitu juga dengan di Progres.

 

Beliau pun menegaskan bahwa Progres ini adalah rumah bagi keluarga yang harmonis. Maka dari itu, Ustadz Ardy mengajak para peserta mabit saat itu untuk menjadikan rumah kecil ini menjadi lebih bermakna karena dakwah ekonomi Islam yang disemarakkan oleh para Ekonom Rabbani. Mengakhiri perjumpaan dengannya, beliau berpesan:

 

 _Menjadi lebih baik itu harus dan wajib, tetapi merasa lebih baik itu tidak boleh karena dapat menggelincirkan segala amalan kebaikan._

 

Keesokan harinya, dilanjutkan kembali serangkaian kegiatan LBT dengan sesi pengenalan Progres lebih dalam dengan melakukan tanya jawab di pos-pos yang telah disediakan oleh panitia. Setelah itu, acara kemudian berlanjut dengan kegiatan pengenalan ekonomi syariah kepada masyarakat melalui metode wawancara sebagai upaya mewujudkan dakwah ekonomi Islam ke lingkup yang lebih luas.

 

 

Perlu diketahui bahwa kegiatan LBT Jilid I ini merupakan kegiatan penguatan bagi para calon pengurus Progres angkatan 18 yang selalu dilakukan setiap tahunnya dengan dihadiri sekitar 30 orang.

 

Berbagai harapan dipanjatkan agar para pengurus nantinya dapat mengemban amanah yang didapatkannya dengan baik dan penuh tanggung jawab seusai acara ini.

 

Acara tersebut kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dengan para panitia penyelenggara. (Naufal Rizqullah Al Banjari)
Miftahul AnwarMenyiapkan Kader Dakwah Ekonomi Islam Terbaik, KSEI Progres Mengadakan LBT Jilid I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *