Berita Terbaru

Tazkia Gelar SEMINAR DAN WORKSHOP PENDIDIKAN EKONOMI SYARIAH

No comments


Program Studi Tadris IPS atau Pendidikan Ekonomi Syariah adalah Jurusan Baru yang ada dilingkungan STEI Tazkia. Setelah STEI Tazkia berubah menjadi Institut Agama Islam Tazkia Prodi Tadris IPS atau Pendidikan Ekonomi Syariah berada dibawah naungan Fakultas Tarbiyah mengadakan gebrakan program yang menunjukkan eksistensi prodi ini sebagai pencetak guru-guru ekonomi berbasis syariah dengan mengadakan Seminar dan Workshop Pendidikan ekonomi Syariah dengan tema umum telaah atas kurikulum ekonomi syariah di sekolah dan madrasah serta SMK.

Melihat pentingnya pendidikan ekonomi syariah sejak dini, dipandang perlu untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan kontribusi konkrit terhadap pendidikan ekonomi syariah di sekolah dan madrasah. Untuk itu acara seminar dan workshop ini dilakukan dengan mengundang khusus para guru ekonomi, ekonomi syariah,PAI dan IPS untuk mendapatkan masukan dan saran guna bisa merumuskan pendidikan ekonomi syariah yang berkualitas dan terstruktur.

Acara ini diaksanakan selama 2 hari dari tanggal 28-29 Agusutus 2019 M/27-28 Zulhijjah 1440 H bertempat di ruang kelas internasional institut Tazkia Sentul mendapatkan respon yang luar biasa dari para guru dan pemerhati pendidian ekonomi syariah dengan jumlah peserta yang melebihi kuota yang seharusnya untuk 60 orang dari pendaftar sebanyak 90 orang yang datang dari berbagai daerah baik dari jabodetabek, pulau jawa dan luar pulau jawa dari sumatera (jambi).

Selain pematerinya dari dosen internal institut Tazkia, juga didatangkan pemateri utama direktur bidang pendidikan dan riset keuangan syariah KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah), anggota DSN MUI Institute serta praktisi pendidikan dari SMK yang melengkapi kemeriahan kegiatan ini.

Pada akhir acara peserta sepakat untuk membentuk asosiasi guru ekonomi syariah dengan nama AGESI (Asosisasi Guru Ekonomi Syariah Indonesia) sebagai wadah yang menghimpun para guru ekonomi syariah, ekonomi, PAI dan IPS agar dapat berkiprah dan berkontribusi nyata dalam pengembagnan pendidian ekonomi syariah di indonesia.

Institut Tazkia melalui prodi tadris IPS sebagai inisiator terbentuknya lembaga asosiasi ini diberi mandat dari peserta untuk membentuk tim ad hoc penyusunan pengurus dan AD ART asosiasi untuk melakukan musyawarah khusus pada tanggal 14 September 2019 M/14 Muharram 1441 H serta membentuk kepengurusan AGESI selama 3 tahun 2019-2023.

Semoga susunan kepengurusan yang dibentuk dapat mewakili aspirasi dan kebutuhan para guru ekonomi syariah dalam mendakwahkan tujuan yang mulia ini, amin

 

Miftahul AnwarTazkia Gelar SEMINAR DAN WORKSHOP PENDIDIKAN EKONOMI SYARIAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *