Program Internasional Institut Tazkia lakukan inisiasi kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Afghanistan untuk Indonesia

No comments

Oleh : Ria Marsella, S.H

JAKARTA – Dalam rangka mencapai visi World Class University dengan menghadirkan mahasiswa yang berasal dari mancanegara, IAI Tazkia melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Islam Afghanistan untuk Indonesia di Jakarta pada Rabu, 9 Juni 2021/28 Syawal 1442H. Pihak IAI Tazkia diwakili oleh Rektor, Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP, Direktur Internasional Program, Anita Priantina, M.Ec, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah, Dr. Achmad Firdaus, M.Si, Kepala Bagian Humas, Melvina Syahnum Lubis, M.E.Sy dan tim. Kunjungan ini disambut langsung oleh Duta Besar Republik Islam Afghanistan untuk Indonesia H.E Faizullah Zaki dan segenap jajaran.

Pertemuan ini merupakan silaturahmi dan penjajakan kerjasama perguruan tinggi antara kedua belah pihak, khususnya dibidang pertukaran pelajar antara mahasiswa dari Tazkia dan mahasiswa dari Afghanistan. “Kami sangat mendukung IAI Tazkia menerima banyak mahasiswa dari Afghanistan untuk studi di kampus IAI Tazkia”, tukas Dubes Afghanistan. Senada dengan Dubes Afghanistan, Rektor IAI Tazkia mengatakan “Tazkia sudah siap untuk menerima mahasiswa Afghanistan untuk melanjutkan studi di IAI Tazkia pada tahun ajaran 2021/2022, Agustus mendatang”

IAI Tazkia juga menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa Afghanistan untuk melanjutkan studi di kampus Tazkia. Inisiasi kerjasama lainnya yang usulkan, yakni penelitian industri halal di Afghanistan yang nantinya akan dilakukan oleh mahasiswa dan dosen IAI Tazkia. Hal ini disambut dengan baik oleh Pihak Kedutaan Afghanistan. Dubes Afghanistan menjelaskan bahwa industri halal di Afghanistan tumbuh dengan baik dalam 20 tahun terakhir dan siap menjadi bagian dari industri halal dunia.

Pertemuan ini merupakan pertemuan lanjutan antara dua belah pihak. Pertemuan sebelumnya dilakukan oleh Kedubes Afghanistan yang hadir ke kampus IAI Tazkia pada tanggal 3 Juni 2021/22 Syawal 1442 H. Hasil dari pertemuan hari ini akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang akan ditandatangani antara para pihak. (Anwar)

Miftahul AnwarProgram Internasional Institut Tazkia lakukan inisiasi kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Afghanistan untuk Indonesia
read more

Mengunjungi Alumni Tazkia di PNM, Tazkia menguatkan sinergi Alumni

No comments

Oleh : Rizqi Zakiya, S.E.I., M.E.

Selasa, 8 Juni 2021/ 27 Syawal 1442 H. IAI Tazkia melaksanakan kunjungan alumni yang bertugas di Permodalan Nasional Madani (PNM) Jakarta. Bertempat di Gedung Artaloka Lantai 8, Kabag Kemahasiswaan & Alumni; Rizqi Zakiya, M.E., bersama Humas; Miftakhul Anwar, S.E.I., dan Divisi Hubungan Industri; Ahmad Abdullah Rahil, S.E. & Fakhry Barly, S.E. dari IAI Tazkia menjalin silaturahim serta berdiskusi terkait potensi pengembangan alumni dalam menguatkan sinergi antar alumni dan kontribusi Tazkia di masyarakat.

Bapak Suryadi, M.E. dan Bapak Mizan selaku Alumni dan Mahasiswa Pascasarjana IAI Tazkia banyak menyampaikan potensi pengembangan ekonomi masyarakat yang telah dikembangkan oleh PNM. Mulai dari potensi investasi di pasar modal yang disambungkan dengan pendampingan PNM hingga besarnya keuntungan bagi investy dan investor jika ikut serta dalam penanaman modal melalui PNM. Banyak produk telah dikembangkan oleh PNM termasuk instrumen investasi syariah yang dioptimalkan untuk menggulirkan dana investasi di masyarakat. Bapak Mizan juga menyampaikan pentingnya literasi reksadana syariah bagi semua kalangan masyarakat, sehingga masyarakat memiliki instrumen investasi yang lebih aman sebagai langkah awal mengembangkan investasi sebagai bekal di kemudian hari.

Pada akhir sesi, Bapak Suryadi, ME. dan Bapak Mizan juga memberikan kesan serta pesan bagi mahasiswa juga alumni IAI Tazkia untuk ikut berperan serta membangun ekonomi bangsa dengan mensinergikan potensi mahasiswa dan alumni Tazkia khususnya juga potensi Ekonomi Islam umumnya. Bahkan juga menyatakan kesediaan untuk ikut berperan aktif dalam mendampingi, membekali, serta mendukung implementasi literasi dan implementasi potensi mahasiswa dan alumni Tazkia selanjutnya. .

Kunjungan ini merupakan langkah nyata Kemahasiswaan & Alumni IAI Tazkia untuk mendengar masukan serta melihat potensi alumni IAI Tazkia yang telah banyak berkiprah memajukan Ekonomi masyarakat, termasuk diantara dengan bekal ilmu serta motivasi yang didapat selama studi di IAI Tazkia.

Miftahul AnwarMengunjungi Alumni Tazkia di PNM, Tazkia menguatkan sinergi Alumni
read more

Sertifikasi Halal bagi UMKM: Peluang dan Tantangan

No comments

Kesadaran akan pentingnya sertifikasi halal bagi UMKM dewasa ini menjadi isu yang menarik untuk dibahas. Pada Selasa, 8 Juni 2021 M bertepatan dengan 27 Syawwal 1442 H, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Tazkia (IAI Tazkia) yang dimotori oleh Program Studi Ekonomi Syariah (Prodi ES) menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema; Sertifikasi Halal bagi UMKM: Peluang dan Tantangan. Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber yang kompeten yakni, Ir. Nur Wahid, M.Si. sebagai Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama Indonesia (LSP-MUI) dan Dr. Indra, M.Si sebagai Direktur Pusat Studi Halal LPPM IAI Tazkia. Acara ini dimoderatori oleh Dosen Mata Kuliah Industri Halal, Anita Priantina, M.Ec

Ir. Nur Wahid, M.Si. selaku pembicara pertama membahas tentang landasan hukum sertifikasi halal bagi UMKM, urgensi, prosedur serta peluang untuk menjadi penyelia halal bagi masyarakat luas. Selain itu, Dr. Indra, M.Si juga menjelaskan sekilas tentang kegiatan yang telah dilakasanakan oleh Halal Center Tazkia yang berkejasama dengan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (DEKS BI) pada medio 2020. Diantaranya kegiatan-kegiatan yang sudah diselenggarakan oleh Halal Center Tazkia seperti; pilot project pembangunan Kantin Halal IAI Tazkia, pelatihan pendamping halal UMKM, sosialisasi dan pelatihan UMKM Halal untuk UMKM, fasilitasi pendampingan sertifikasi halal untuk UMKM dan riset UMKM halal.

Acara yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Achmad Firdaus, M.Si., AAAIJ ini diselenggarakan secara daring melalu aplikasi zoom yang dihadiri oleh 138 peserta. Webinar ini dimulai pukul 13.00 hingga pukul 15.300 WIB dan ditutup dengan diskusi dan tanya jawab oleh para pemateri dan para peserta. Pada akhir acara, Koordinator Prodi ES, Nahsr Akbar, M.EC menyerahkan sertifikat pengahargaan kepada dua narasumber dan moderator. Beliau menyampaikan harapannya kedepan agar dapat terjalin kerjasama yang lebih inten antara IAI Tazkia dan LSP-MUI dalam pendampingan sertifikasi halal bagi UMKM dan juga sertifikasi Penyelia Halal bagi mahsiswa Prodi Ekonomi Syariah.

dofirfauziSertifikasi Halal bagi UMKM: Peluang dan Tantangan
read more

Giat pada bidang Islamic Capital Market, Alumni Tazkia dipercaya oleh Perusahaan Multinasional

No comments


Oleh : Rizqi Zakiya, S.E.I., M.E.

Selasa, 8 Juni 2021/27 Syawal 1442 H. IAI Tazkia melaksanakan kunjungan ke salah satu alumni IAI Tazkia yang telah berkiprah cukup lama dalam bidang islamic capital market. adalah Pak Sutrisna Amijaya, S.E.I., M.E. sebagai salah satu alumni angkatan 7 IAI Tazkia yang begitu concern mendalami keahlian dalam Islamic Capital Market. Kabag Kemahasiswaan & Alumni; Rizqi Zakiya, M.E., bersama Humas; Miftakhul Anwar, S.E.I., dan Divisi Hubungan Industri; Ahmad Abdullah Rahil, S.E. & Fakhry Barly, S.E. dari IAI Tazkia disambut hangat di sela kesibukan Pak Sutrisna yang mendapat amanah sebagai Head of Sharia Business & Development di MNC Sekuritas.

Kiprah Pak Sutrisna dalam bidang Capital market bukan terbilang baru, tidak kurang dari 11 tahun beliau telah menggeluti bidang Capital market termasuk mengedukasi puluhan bahkan ratusan ribu masyarakat khususnya mahasiswa terkait potensi islamic capital market. Berbekal berbagai sertifikasi yang menaikan nilai pencapaian beliau mulai dari WPPE, WMI, hingga ASPM telah dikantongi oleh Pak Sutrisna sebagai bukti komptensi berkiprah di dunia pasar modal. Pak Sutrisna juga menyampaikan pentingnya kita semua, khususnya mahasiswa serta alumni penggiat ekonomi syariah untuk terjun dalam dunia pasar modal, karena potensi investasi yang besar dapat menjadi pundi keuangan untuk meningkatkan taraf ekonomi dengan tetap berpegang pada aturan DSN terkait interkasi keuangan di pasar modal syariah

Pada pertemuan ini, Pak Sutrisna menyampaikan pentingnya seluruh mahasiswa dibekali dengan pendampingan pengembangan potensi pasar modal syariah. Setelah adanya pojok bursa di Kampus, Kampus dapat mendorong mahasiswa untuk melakukan edukasi rutin terkait potensi pasar modal syariah, serta mengadakan berbagai pelatihan termasuk sertifikasi bekerjasama dengan bursa agar semakin naik komptensi dan kualifikasi mahasiswa. Pak Sutrisna juga berharap agar Tazkia dapat terus mengembangkan semua potensi praktik Ekonomi Syariah yang ada khususnya dalam bidang Islamic Capital Market.

Kunjungan ini merupakan upaya pihak Kemahasiswaan & Alumni untuk menyatukan potensi Alumni tazkia dalam sinergi lebih baik sebagai upaya pengembangan kurikulum dan softskill mahasiswa, serta membuka potensi internship (magang) sebagai satu program perkuliahan yang menjadi bekal mahasiswa sebelum terjun di Dunia Kerja.

Miftahul AnwarGiat pada bidang Islamic Capital Market, Alumni Tazkia dipercaya oleh Perusahaan Multinasional
read more

Audiensi Kerjasama Penguatan Nilai Nilai Anti korupsi Di Dunia Pendidikan

No comments

Program Studi Tadris IPS Pendidikan Ekonomi Syariah hari Selasa tanggal  8 Juni 2021 M yang bertepatan dengan tanggal 27 syawwal 1442 H  melakukan Audiensi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Bidang Pendidikan Dan Peran Serta Masyarakat terkait Peningkatan Kualitas Pengajaran Dan Lulusan Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.

IAI Tazkia yang diwakili Prodi Tadris IPS Dalam audiensinya mengatakan bahwa kerjasama ini terinspirasi dari beberapa pelatihan yang sudah diikuti yaitu untuk mengembangkan kemampuan peserta didik agar bisa menjdi duta anti korupsi di sekolah. Pada audiensi ini Prodi Tadris Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Syariah mengatakan bahwa salah satu kompetensi lulusan Prodi tadris IPS Konsentrasi Pendidikan  Ekonomi Syariah adalah memiliki keahlian yang mendalam di bidang anti korupsi dan penerapannya.

Dengan adanya kerjasama ini nantinya lulusan dari Prodi Tadris IPS Konsentrasi Pendidikan EKonomi Syariah diharapkan bisa berkolaborasi dalam bidang Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian masyarakat yang merupakan Tri Darma Perguruan Tinggi  dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Bidang Pendidikan Dan Peran Serta Masyarakat. KPK melalu bapak Agung, Ramah Handoko dan Erlo mengapresiasi atas inisiatif IAI Tazkia melalui Prodi Tadris IPS atas kerjasama ini.

Mereka  berharap ada tindak lanjut dari audiensi ini baik dalam bentuk MOU maupun pelatihan terstruktur, dengan begitu kualitas dari lulusan matakuliah Pendidikan Anti Korupsi bisa terstandart dan berkualitas. Selanjutnya mereka juga mensupport segala bentuk kegiatan yang menambah wawasan mahasiswa agar mau menjadi duta anti korupsi dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Juga mereka menawarkan untuk memberikan materi ketika pembekalan PPL agar mahasiswa ketika Praktek Pengajaran di sekolah bisa menjadi calon guru yang melek mengenai pemberantasan korupsi sejak di tingkat sekolah

diasmAudiensi Kerjasama Penguatan Nilai Nilai Anti korupsi Di Dunia Pendidikan
read more

Kerjasama Institut Agama Islam Tazkia dengan Lembaga Pendidikan Turki dan Kazakhstan

No comments

Pada hari Senin, 7 Juni 2021/26 Syawal 1442 H, Institut Agama Islam (IAI) Tazkia menerima kedatangan tamu rombongan dari International Edu Turki dan Kazakhstan. Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Doddy C. Hidayat Putra, S.T (Direktur Utama Biru Marmara Edukasi), M. Hashfi Aufar, S.Pd (Manajer Marketing & Bisnis Biru Marmara Edukasi), juga diikuti oleh Mr Ibrahim dan Mr. Zekai (dari International Edu Turki dan Kazahstan).


Di kampus Tazkia, kunjungan tersebut diterima secara langsung oleh Pak Faried Kurnia Rahman, M.Sc (Wakil Rektor IAI Tazkia bagian Humas, Mahasiswa, Alumni, dan Perencanaan Karir). Bersama dengan M. Bintang Pamuncak, M.Sc (Kepala Bagian Pengembangan Bahasa Tazkia), Melvina Syahnum Lubis, M.E. Sy. (Kepala Bagian Humas dan Perencanaan Karir), Grandis Imama Hendra, M.Ac. Acc (Koordinator Program Studi Akuntansi Islam), dan Shofi Arofatul Marits (Staf International Program).
Pertemuan ini diselenggarakan secara offline di ruang meeting kampus Sentul IAI Tazkia dari pukul 9.45- 11.00 WIB. Pertemuan diawali dengan perkenalan kampus Tazkia. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait peluang kerjasama antara Tazkia dan Biru Marmara Edukasi. Semoga setelah pertemuan ini akan ada program kerjasama yang baik antara kedua belah pihak.

(Shofi Arofatul Marits, Staf IP)

diasmKerjasama Institut Agama Islam Tazkia dengan Lembaga Pendidikan Turki dan Kazakhstan
read more

Diskusi Perumusan dan Pengembangan Kompetensi Dasar Ekonomi Syariah di Pendidikan Menengah Jumat 4 Juni 2021 M / 23 Syawal 1442 H

No comments

Diskusi Perumusan dan Pengembangan Kompetensi Dasar Ekonomi Syariah di Pendidikan Menengah
Jumat 4 Juni 2021 M / 23 Syawal 1442 H

Prodi Tadris IPS Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Syariah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tazkia menerima kunjungan kerja dari Divisi Pengembangan SDM Ekonomi Syariah KNEKS di Institut Agama Islam Tazkia. Dalam sambutannya Rektor IAI Tazkia Murniati Mukhlisin mengapresiasi kunjungan kerja ini dan berterima kasih atas kepercayaan KNEKS dalam pengembangan kurikulum Pendidikan ekonomi Syariah di tingkat menengah.
Sementara M. Soleh Nurzaman sebagai Kepala divisi Pengembangan SDM ekonomi Syariah KNEKS menyampaikan bahwa salah satu program kerja di divisi mereka adalah Kajian Kompetensi Dasar Ekonomi Syariah pada Pendidikan Menengah yang mana Penguatan sumberdaya manusia (SDM) di sektor ekonomi dan keuangan syariah sangat penting guna menghasilkan SDM unggul yang memiliki korelasi erat dengan peningkatan produktivitas kerja di sektor tersebut yang pada akhirnya memberikan kontribusi pada kenaikan angka pertumbuhan ekonomi nasional dan Edukasi ekonomi dan keuangan Syariah, termasuk pada usia sekolah, menjadi hal fundamental dalam memperkuat kualitas SDM untuk percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.


Prodi Tadris IPS pendidikan ekonomi Syariah yang mewakili Institut Agama Islam mengatakan bahwa dalam beberapa penelitiannya kurikulum Ekonomi Syariah yang diajarkan di tingkat menengah dalam hal ini SMA dibawah Kemendikbud dan MA dibawah Kementerian agama masih dirasa kurang dalam materinya maka daripada itu Prodi Tadris IPS pendidikan Ekonomi Syariah dan Asosiasi Guru Ekonomi Syariah sangat mendukung pembuatan outline dan kajian terkait dengan kurikulum di tingkat pendidikan menengah yang diharapkan mampu menambah literasi ekonomi syariah terhadap masyarakat luas khususnya para siswa ditingkat pendidikan menengah Di akhir acara baik dari KNEKS, Institut Agama Islam Tazkia yang di wakili Prodi TAdris IPS PEndidikan Ekonomi Syariah, guru Ekonomi Syariah di tingkat menengah yang diwakili AGESI berkomitmen membuat kajian kurikulum lebih intensif terkait kompetensi dasar di tingkat Pendidikan menengah.

diasmDiskusi Perumusan dan Pengembangan Kompetensi Dasar Ekonomi Syariah di Pendidikan Menengah Jumat 4 Juni 2021 M / 23 Syawal 1442 H
read more

Program Studi Tadris IPS Pendidikan Ekonomi Syariah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tazkia mengadakan Audiensi Kerjasama Peningkatan Kualitas Lulusan dengan Sakinah Finance

No comments

Dalam rangka peningkatan kualitas lulusan, Program Studi Tadris IPS Pendidikan Ekonomi Syariah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tazkia mengadakan Audiensi Kerjasama Peningkatan Kualitas Lulusan dengan Sakinah Finance yang dilaksanakan pada hari Senin 31 Mei 2021 yang bertepatan pada tanggal 19 Syawwal 1442 H yang dilakukan secara daring. Pada Kegiatan ini Prodi Tadris IPS konsentrasi Pendidikan Ekonomi Syariah diwakili oleh Koordinator Program Studi dan Sekertaris Prodi Tadris IPS. Sedangkan sakinah finance diwakili oleh Direktur sakinah finance Dr. Luqyan Tamanni, M.Ec dan dua orang staff ahlinya.

Dalam acara ini prodi tadris IPS konsentrasi pendidikan ekonomi syariah menjelaskan bahwa kompetensi lulusan Prodi Tadris IPS salah satunya memiliki keahlian di bidang keuangan pribadi muslim. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan alumninya bisa menjadi duta sakinah finance ditingkat sekolah/madrasah untuk mendakwahkan literasi dan kemampuan dalam mengelola keuangan keluarga berbasis syariah.
Direktur Sakinah finance mengapresiasi audensi dan tawaran kerjasama ini serta berharap ada tindak lanjut dalam bentuk MOU dan MOA untuk realisasi kerjasama ini. Dengan begitu kualitas lulusan program studi tadris tadris ips khususnya pada mata kuliah muslim personal finance berkualitas dan terstandar.

diasmProgram Studi Tadris IPS Pendidikan Ekonomi Syariah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tazkia mengadakan Audiensi Kerjasama Peningkatan Kualitas Lulusan dengan Sakinah Finance
read more

Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Institut Agama Islam Tazkia , Bogor menandatatangani naskah kerjasama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID).

No comments

Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Institut Agama Islam Tazkia , Bogor menandatatangani naskah kerjasama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID). Kerjasama tersebut dalam rangka memberikan advokasi dan pendampingan kepada masyarakat terkait hal-hal perlindungan anak.

Penandatangan kerjasama dilakukan disela-sela Silaturahmi Pihak IAI Tazkia ke Kantor KPAID Bogor Jl. Raya Pajajaran No.10, RT.01/RW.03, Baranangsiang, Kota Bogor, Rabu 2 Juni 2021.Kegiatan ini dihadiri Ust Dodi Yarli (koordinator Prodi HES), Fakhruddin (Ketua Komisi Disiplin/Komdis IAI Tazkia), Joko & Dias (Humas IAI Tazkia) serta. Dudih Syiaruddin S.sos. MM Selaku Kepala KPAID kota Bogor dan Muhammad Medi Kasi Advokasi dan perlindungan mewakili KPAID Kota Bogor.

Dekan Fakultas Hukum Ekonomi Syariah yang diwakili Ust Dodi Yarli,M.Sc, mengatakan, kerjasama IAI Tazkia dengan KPAID bentuk Komintmen kampus untuk terlibat langsung dan mendukung advokasi perlindungan anak.

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. Di antaranya, pengabdian dosen dan mahasiswa melalui program kuliah pengabdian masyarakat (KPM). Lewat program tersebut, mahasiswa maupun dosen dapat menyampaikan informasi dan melakukan advokasi terhadap kasus-kasus yang dialami masyarakat.

Untuk itu, sambung Ust Dodi, mahasiswa perlu diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang perlindungan anak. Terlebih, banyak kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi akhir-akhir ini di Kota Bogor.

“Dengan adanya MoU, maka ke depan akan lebih mudah dan terarah dalam memberi pendampingan kepada masyarakat,” ujar Bapak Fakhruddin (Ketua Komdis IAI Tazkia).

Menurutnya, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab dalam hal perlindungan anak di semua lini. Kampus adalah tempat stategis, karena memiliki tenaga muda mahasiswa dan para dosen, yang siap berkontribusi kepada masyarakat.

Fakhruddin mengatakan, mahasiswa memiliki potensi besar untuk berkontribusi denga hal-hal yang positif.

“Semoga kerjasama ini dapat menghasilkan output untuk masyarakat terutama dalam perlindungan anak dan juga bermanfaat bagi IAI Tazkia dalam merealisasikan upaya2 perlindungan hukum syariah pada masyarakat khususnya anak anak

diasmProgram Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Institut Agama Islam Tazkia , Bogor menandatatangani naskah kerjasama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID).
read more