Audiensi dan Silaturrahim IAI Tazkia ke PT. Bank Syariah Indonesia

No comments

Kamis, 4 Agustus 2022 / 6 Muharram 1444 H, Ibu Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP, IFP (Rektor) Institut Agama Islam Tazkia bersama Bapak Faried Kurnia Rahman, M.Sc (Fin) (Wakil Rektor III), Bapak Dr. Ahmad Firdaus, M.Si (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah), Bapak Dr. Sigid Eko Pramono, SE, Ak, MIBA, CA (Koordinator Program Studi Magister Akuntansi Syariah), Bapak Dr. Zulkarnain M.Si (Koordinator Program Studi Magister Ekonomi Syariah), Ibu Melvina Syahnum Lubis, M.E.Sy (Kepala Bagian Humas dan Perencanaan Karir) dan tim mengadakan audiensi dengan Ibu Tribuana Tunggadewi (Direktur Kapatuhan & SDM), didampingi oleh Bapak Taufik Machrus (Dean Leadership Academy), dan Bapak Rusdi Musa Ishak (Group Head BSI Corp. University).

 

Ibu Dr. Murniati, dalam sambutannya, bersyukur dan berterimakasih atas sambutan dari Ibu Tribuana Tunggadewi, dan tim yang seperti keluarga yang sedang saling mengunjungi.  Dalam kesempatan tersebut, Dr. Murniati menggambarkan kondisi kampus IAI Tazkia pada saat ini, juga penyelarasan dunia industri dan akademik. Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi yang berlangsung secara hangat. Beberapa hal yang menjadi topik pembahasan dalam diskusi tersebut adalah peningkatan kerjasama kedua belah pihak, khususnya sistem pengajaran pasca pandemi, pelaksanaan kampus merdeka, & peningkatan kualitas SDM di kedua belah pihak, baik untuk level sarjana maupun pascasarjana. Semoga pertemuan kali ini menjadikan kedua belah pihak semakin erat dalam pengembangan sumber daya di lembaga keuangan syariah. (MSL)

 

 

 

 

 

 

Melvina SyahnumAudiensi dan Silaturrahim IAI Tazkia ke PT. Bank Syariah Indonesia
read more

Serah Terima Jabatan Koordinator Program Studi Akuntansi Syariah, Ekonomi Syariah, Pengukuhan Tim Publikasi Ilmiah dan InformasI Strategis dan Tim Pendirian Program S3

No comments

Tepat pada hari Selasa, tanggal 5 Juli 2022 dilakukan pelantikan sekaligus serah terima jabatan Koordinator Program Studi Akuntansi Syariah dan Ekonomi Syariah. Ibu Putri Syifa Amalia, S.E., M.Sc. sebagai Koordinator Program Studi Akuntansi Syariah menggantikan Bapak Grandis Imama Hendra, M.Sc. Acc dan sebagai Koordinator Program Studi Ekonomi Syariah Bapak Sebastian Herman, M.Ec menggantikan Bapak Nashr Akbar, M.Ec. Pelantikan ini di hadiri oleh seluruh dosen dan Karyawan IAI Tazkia. Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Rektor IAI Tazkia Ibu Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP., IFP. Secara Online dan di wakilkan offline oleh Wakil Rektor II Bidang Keuangan, SDM,IT dan Umum Ibu Dr. Sugiyarti Fatma Laela, M.Buss(Acc), CMA.  Acara berjalan hikmat dan lancar hingga selesai.

Setelah dilakukan serah terima jabatan ini, masing-masing Koordinator Program Studi yang baru dilantik memberikan sambutan dan ucapan terima kasih serta harapan kedepan bagi masing-masing program studi yang akan dipimpinnya. Ketua Program Studi terpilih ini sama-sama menyampaikan ingin lebih meningkatkan kekompakan seluruh sivitas akademika untuk mewujudkan visi dan misi masing-masing program studi.

Selain itu dikukuhkan juga Bapak Bayu Taufiq Possummah, Ph.D  menjadi Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis dengan tim terpilih Bapak Fajar Nugraha, M.I.Kom, Ibu Aminah Nuriyah, S.E.I., M.E dan Ibu Shofi Arofatul Marits, M.E. Serta pengukukuhan Bapak Wiku Suryomurti, Ph.D menjadi Ketua Tim Pendirian Program Doktor dengan dengan timnya Ibu Dr. Rochania Ayu Yunanda, S.E.I, M.Sc (Acc), Ibu Sitty Rabia Mutia Amali. S.H., M.E, Ibu Ana Eka Fitriani, S.H., M.H, dan Ibu Rina Nur Shabrina, M.E.

Melvina SyahnumSerah Terima Jabatan Koordinator Program Studi Akuntansi Syariah, Ekonomi Syariah, Pengukuhan Tim Publikasi Ilmiah dan InformasI Strategis dan Tim Pendirian Program S3
read more

Pekan Ilmiah Olahraga dan Seni Mahasiswa (PIOSIMA) Tasikmalaya, 2-6 Juli 2022/ 2-6 Dzulhijjah 1443 H

No comments

 

Tasikmalaya, 2-6 Juli 2022. Institut Agama Islam Tazkia mengirimkan delegasi dalam perlombaan yang diadakan oleh PTKIS Jawa Barat. Pekan Ilmiah Olahraga dan Seni Mahasiswa (PIOSIMA) diadakan per dua tahun sekali untuk menggali potensi mahasiswa/i yang berada di bawah Naungan PTKIS Wilayah Jawa Barat. Mengirimkan utusan untuk 9 cabang lomba, IAI Tazkia optimis mampu memperoleh prestasi yang membanggakan karena memiliki bibit unggul mahasiswa/i yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia dengan berbagai prestasi mereka di bidangnya. Hal ini dikarenakan saat penerimaan mahasiswa baru, IAI Tazkia tidak hanya melihat prestasi akademik, namun juga memberikan kesempatan studi bagi mereka yang memiliki prestasi non akademik, bahkan tersedia beasiswa prestasi sebagai upaya memperoleh bibit unggul yang dapat mengharumkan nama IAI Tazkia selanjutnya. Selain itu, berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga memiliki peran untuk mengasah potensi mahasiswa, sehingga semakin siap tampil dalam berbagai even nasional maupun internasional yang diadakan oleh berbagai lembaga dalam dan luar negeri.

PIOSIMA diadakan selama lima hari dari tanggal 2-6Juli 2022 / 2-6 Dzhulhijjah 1443 H bertempat di IAI Cipasung Tasikmalaya. Diikuti oleh puluhan kampus di bawah PTKIS Jawa Barat, PIOSIMA menjadi ajang bergengsi untuk menunjukkan berbagai prestasi mahasiswa mahasiswi antar kampus dalam bidang intelektual, Seni, dan olahraga.

Dengan mengikuti agenda Piosima ini, IAI Tazkia kembali menunjukkan eksistensinya untuk terus tampil dalam berbagai even bergengsi untuk menunjukkan potensi mahasiswa mahasiswi dalam berbagai bidang lomba. Dengan mengikuti PIOSIMA ini diharapkan pengalaman, softskill, serta relasi diharapkan semakin baik mewarnai dunia Kemahasiswaan yang dilalui oleh mahasiswa selain dunia perkuliahan yang ada. (RZ)

 

Melvina SyahnumPekan Ilmiah Olahraga dan Seni Mahasiswa (PIOSIMA) Tasikmalaya, 2-6 Juli 2022/ 2-6 Dzulhijjah 1443 H
read more

Workshop Renstra IAI Tazkia

No comments

Selama dua hari tepatnya hari senin dan selasa tanggal 20-21 Juni 2022 bertepatan dengan 20-21 Dzulqa’ah 1443 H di Hotel Albero Cikreteg Bogor Manajemen Tazkia melakukan Workshop Rencana Strategis IAI Tazkia.

Hari Pertama diawali dengan Mengucapkan Sumpah Setia dan penanda tangan Pakta Integritas untuk Menyelesaikan Renstra dengan Amanah dipandu oleh Ketua Panitia Workshop Oleh Asnan Purba,Lc., M.Pd.I, dilanjutkan  Pembukaan kegiatan dengan 5T oleh Wakil Rektor  bidang Akademik Dr Andang Heryahya, M.Pd.M.Pd.I lalu dilanjutkan dengan Pembacaan Tazkia Value oleh Wakil Rektor Bidang Humas dan Kemahasiswaan dipimpin oleh Bapak Faried Kurnia Rahman, M.Sc (fin)

Dalam Kata Pengantar Penanggung Jawab Workshop Dr. Afif Zaerofi,MM. dan Dr. Achmad Firdaus, M.Si. menegaskan pentingnya penyusunan Renstra untuk memenuhi kebutuhan industri dan perubahan zaman, sambutan sekaligus membuka acara workshop oleh Rektor IAI Tazkia Assoc. Prof. Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP., IFP mengingatkan bahwa tugas Renstra ini adalah tugas bersama dan amanah serta amal jariyah kita semua sebagai manajemen civitas akademika IAI Tazkia sebagai bentuk Legacy dimasa mendatang menuju Era Emas Tazkia Tahun 2035.

Hari Kedua lanjutan dari penyusunan Renstra hingga sampai ketahap finalisasi akhir dari Renstra IAI Tazkia dengan komitmen bersama mengawal Renstra IAI Tazkia dan meneruskannya dengan Menyusun tahapan berikutnya berupa Rencana Strategis Fakultas dimana acuan utamanya adalah Renstra IAI Tazkia tersebut.

Diakhir kegiatan Workshop dan Penutupan para peserta juga berjanji untuk terus mengawal pelaksanaan Renstra ini dengan bersama menanda tangani Pakta Integritas mengawal hingga akhir pelaksanaan Renstra IAI tazkia dan Renstra Fakultas. Lalu diakhiri dengan serah terima dokumen dari panitia kepada Direktur LPM dan diserahkan kepada Rektor IAI Tazkia. Kemudian peserta melakukan sesi foto bersama.

Berikut Tim Penyusun Renstra ini adalah sebagai berikut:

Ketua : Assoc. Prof. Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP., IFP

Sekretaris : Dr. Afif Zaerofi, MM.

  • Kriteria 1 : Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
  1. Prof. Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP., IFP
  2. Andang Heryahya, M.Pd.I
  3. Zulkarnain Muhammad Ali, Ph.D
  4. Ana Eka Fitriani, M.H.
  • Kriteria 2 : Tata Pamong, Tata Kelola, Kerjasama, dan Penjaminan Mutu
  1. Achmad Firdaus, M.Si
  2. Afif Zaerofi, MM.
  3. Syafiqha Ihsani Hasania Basri, B.A.Hons., M.Sc., ACCA.
  • Kriteria 3 : Kemahasiswaan dan Alumni
  1. Faried Kurnia Rahman, M.Sc.
  2. Melvina Syahnum Lubis, M.E.Sy.
  3. Miftakhus Surur, M.Sc. (fin)
  4. Arif Sumandar, S.E.
  • Kriteria 4 : Dosen dan Tenaga Kependidikan
  1. Sugiyarti Fatma Laela, M.Buss. (Acc), CMA., CIBA.
  2. Sigid Eko Pramono, MIBA.
  3. Vicky Riza Umami, S.E.
  • Kriteria 5 : Keuangan, Sarana, dan Prasarana
  1. Grandis Imama Hendra, M.Sc. (Acc)
  2. Furqon Hidayat, S.E.
  3. Sellia Prilianty
  • Kriteria 6 : Pendidikan
  1. Thuba Jazil, M.Sc. (fin)
  2. Dodi Yarli, Lc., M.E.I
  3. Asnan Purba, Lc., M.Pd.I.
  4. Anita Priantina, M.Ec.
  • Kriteria 7 : Penelitian
  1. Nurizal Ismail, M.A.
  2. Sebastian Herman, M.Ec.
  3. Sitty Rabia Mutia Amali, M.E.
  • Kriteria 8 : Pengabdian Kepada Masyarakat
  1. Muhammad Dimas Anugrah D.S, M.Si.
  2. Unang Fauzi, Lc., M.E.I
  3. Yusuf Ibrahim, M.E
dofirfauziWorkshop Renstra IAI Tazkia
read more

Apresiasi Prestasi, Rektor Undang Para Juara

No comments

Bogor, Selasa, 14 Juni 2022 / 14 Dzulqo’dah 1443 H. Institut Agama Islam Tazkia mengadakan Tasyakuran dan do’a bersama dalam rangka memberikan apresiasi kepada para Mahasiswa/i Tazkia yang telah berprestasi di bidang akademik dan non-akademik baik di ajang regional maupun nasional. Agenda ini mengundang 50 Mahasiswa/i terbaik yang telah memenangkan perlombaan, dimana para Mahasiswa/i tersebut mengikuti berbagai macam cabang perlombaan seperti Olimpiade, Business plan, LKTI, MTQ, MHQ, Desain, Video Kreatif, Pencak Silat dan masih banyak lainnya.

Dalam kesempatan ini Rektor IAI Tazkia Assoc. Prof Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP secara langsung menerima para juara. Beliau memberikan banyak motivasi dan semangat dengan para juara.

“Sebagai mahasiswa kampus ekonomi syariah kita harus memberikan kontribusi terbaik untuk dakwah ini. Salah satunya dengan mengikuti ajang kompetisi. Dengan begitu kita akan ikut andil mensyiarkan ekonomi syariah bukan hanya tingkat nasional tapi juga ke tingkat global.” Ujar Rektor

IAI Tazkia sebagai kampus ekonomi syariah yang telah berdiri selama 23 tahun, tentunya selalu mengajak para mahasiswanya untuk terus aktif mengambil peran. Termasuk dalam menyiapkan mahasiswa yang akan ikut kompetisi, Tazkia menyiapkan mentor-mentor terbaik yang membimbing mereka agar siap berkompetisi. Dimana mereka tergabung di Tazkia Juara. Dengan bimbingan dari Salah satu Alumni terbaik, Abdullah Haidar, SE. Telah terbentuk banyak mentor tazkia juara yang siap membina adik adik kelas selanjutnya untuk berprestasi dan menjadi juara di berbagai ajang even lomba.

Dalam sesi ini juga Rektor IAI Tazkia menerima secara simbolisasi Tropi Juara 1 Olimpiade Nasional, dan diakhir agenda ditutup dengan do’a dan jamuan makan siang bersama serta ramah tamah dengan para juara.

Turut hadir juga menemani Direktur Pusat Matrikulasi Miftakhussurur, M.Sc(fin) dan juga bagian Kemahasiswaan Rizqi Zakiya, M.E dan Arif Sumandar, S.E yang selalu menemani dan memberikan support para Mahasiswa yang mengikuti ajang kompetisi perlombaan. Dimana setiap Mahasiswa yang memenangkan kompetisi juga mendapatkan dana apresiasi dari Kampus IAI Tazkia. Dengan adanya agenda ini, diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk ikut serta dalam berbagai perlombaan seiring menjalani masa perkuliahan di Kampus Tazkia.

Rizqi ZakiyaApresiasi Prestasi, Rektor Undang Para Juara
read more

Rektor Tazkia Bersama (PRESNAS FoSSEI) Gelar Silaturahim dan Kunjungan Strategis ke Bank Syariah Indonesia (BSI)

No comments

Presidium Nasional Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (PRESNAS FoSSEI) menggelar silaturahim dan kunjungan strategis ke Bank Syariah Indonesia (BSI) di The Tower, Jakarta, 18 April 2022/16 Ramadhan 1443H.

Bersama Rektor Institut Agama Islam Tazkia, Murniati Mukhlisin, PRESNAS yaitu Muhammad Rafiuddin, Ismadanaf Ramadan, Muhamad Rijalul Humam, Ambo Endeng, serta pengurus nasional Wulan Listiani dan Farah Amalia melakukan advokasi ke BSI Corporate University dan Human Capital yang merupakan unit-unit khusus rekrutmen SDM dan learning di BSI.

Hadir pula Arief Rosyid Hasan, Komisaris Independen BSI yang memfasilitasi PRESNAS bertemu dengan Taufik Machrus dari BSI Corporate University, Ganis dan Tessy dari Human Capital BSI.

Keprihatinan link and match atas lulusan kampus kampus ekonomi dan keuangan syariah yang tidak terserap baik di lembaga keuangan syariah, menjadi fokus bahasan. Poin di yang di dapat pada pertemuan kali ini yaitu, FoSSEI gandeng BSI untuk mendukung Industri keuangan syariah dalam menyiapkan SDM yang berkompeten melalui literasi digital finance dan bussines mindset.

PRESNAS FoSSEI juga akan membuat program supaya kader – kader FoSSEI menyiapkan dirinya ketika memilih karir di perbankan syariah sehingga dapat lebih siap dalam psikotes.

Murniati berharap agar SOP rekrutmen mengutamakan kemampuan baca Al-Qur’an dan bisnis syariah pada seleksi awal bukan nilai IPK dan penampilan.

Sumber: Humas FoSSEI Nasional

Miftahul AnwarRektor Tazkia Bersama (PRESNAS FoSSEI) Gelar Silaturahim dan Kunjungan Strategis ke Bank Syariah Indonesia (BSI)
read more

Presnas Fossei Gelar Silaturahim dengan Institut Tazkia

No comments

Para Presidium Nasional Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam(PRESNAS FOSSEI) menggelar silaturahim dan kumpul bareng di Kampus Tazkia di Sentul City kemarin, 16 April 2022/14 Ramadhan 1443H. Hadir pula Arief Rosyid Hasan, Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) dan M Gufran Pribadi Direktur Eksekutif Asosiasi FinTech Syariah Indonesia (AFSI).

Keprihatinan link and match atas lulusan kampus kampus ekonomi dan keuangan syariah yang tidak terserap baik di lembaga keuangan syariah, ternyata menjadi fokus bahasan juga bagi Fossei Nasional.

Agenda silaturrahim dengan Rektor Insititut Agama Islam Tazkia, Murniati Mukhlisin yang difasilitasi oleh KSEI Progres Tazkia menjadi ajang diskusi mencetuskan strategi perumusan link and match. KSEI merupakan singkatan dari Kelompok Studi Ekonomi Islam yang merupakan komunitas kajian Ekonomi Islam.

“Di Indonesia, hampir setiap universitas yang memiliki program studi Ekonomi Islam memiliki KSEI yang berada di bawah naungan Fossei,” kata Murniati dalam keterangannya yang disampaikan kepada Republika.co.id, Ahad (17/4/2022)

Karenanya, besok Rektor IAI Tazkia bersama dengan Presnas Fossei akan mengadakan advokasi ke BSI Corporate University dan Human Capital yang merupakan unit-unit khusus rekrutmen SDM dan learning di BSI. BSI adalah bank syariah terbesar di Indonesia dan 10 terbesar di dunia. (Republika.co.id)

Miftahul AnwarPresnas Fossei Gelar Silaturahim dengan Institut Tazkia
read more

Bincang SDG’s Edisi Ramadhan | Potensi Ekonomi Ummat : Pertumbuhan Ekonomi, Pekerjaan yang Layak, Inovasi & Berkurangnya Kesenjangan

No comments

Salam Progresif !

BSO SDG’s Ikatan Alumni Universitas Diponegoro bermaksud untuk mengangkat & mempromosikan implementasi prinsip-prinsip Sustainable Development Goals (SDG’s) di Indonesia. Dalam diskusi kali ini kita membahas terkhusus dalam agenda besar yakni pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, industri, inovasi dan infrastruktur serta berkurangnya kesenjangan ekonomi.

Dalam diskusi ini kita mengundang Mas Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif seorang menteri yang mempunyai peran terwujudnya SDG’s dan 2 CEO dari perusahaan start up yang jelas melaksanakan tujuan SDG’s tersebut.

ALAMI adalah sebuah perusahaan yang belum lama lahir namun mampu secara cepat dapat menentukan posisi sehingga saat ini tak hanya dalam bidang inovasi keuangan digital namun juga di dalam peer to peer lending dan sekarang merambah dunia perbankan – Bank Hijrah. Sedangkan EOA Gold lahir baru di akhir 2019 dengan modal dibawah 100 juta namun sekarang telah membukukan omset ratusan kali lipat dalam waktu singkat dan memiliki inovasi dalam pemasaran dan produk yang luar biasa.

TAZKIA adalah kampus yang peduli dalam pencapaian SDGs; memasukan diskursusnya di kurikulum dan riset para dosen. Pandangan mengenai SDGs yang mendukung tujuan syariah (Maqashid Syariah) juga sering disampaikan ke publik.

Bincang SDG’s :
Edisi Ramadhan

Potensi Ekonomi Ummat:
Pertumbuhan Ekonomi, Pekerjaan yang Layak, Inovasi & Berkurangnya Kesenjangan

Kamis, 14 April 2022
Jam 13.00 – 15.00 WIB

https://us02web.zoom.us/j/84090924647?pwd=czRnOUE3eHpzOEMyWE85K3pCby96QT09

Meeting ID: 840 9092 4647
Passcode: 209057

Keynote Speech
Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Opening Speech
Ahmad Redi
Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Narasumber

1. Murniati Mukhlisin
Rektor Institut Agama Islam Tazkia
2. Fitoy Wicaksono
Chief Product Officer ALAMI
3. Rohmayadi
CEO EOA GOLD

Host
Arisakti Prihatwono
Ketua BSO SDG’s Center
Ikatan Alumni Fakultas Hukum Undip

Yuk ikuti diskusi nya dan dapatkan doorprize Logam Mulia

#ikafhundip
#KerisDiponegoro
#guyubsaklawase @tazkiaofficial #murniatimukhlisin #instituttazkia

Miftahul AnwarBincang SDG’s Edisi Ramadhan | Potensi Ekonomi Ummat : Pertumbuhan Ekonomi, Pekerjaan yang Layak, Inovasi & Berkurangnya Kesenjangan
read more

Aisyah’s valedictorian speech.

No comments

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله واصحابه ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين اما بعد.

اهلا وسهلا ومرحبا بكم مجلس الامين لمؤسسة جامعة تزكية، الدكتور محمد شافعي انتونيو المكرم، رئيسة جامعة تزكية، السيدة الدكتورة مرنياتي مخلسين المكرمة، المكرم الاساتذة والدكاترة والمعلمين الاجلاء والزملاء والزميلات الاعزاء..

يسعدني ان اكون معكم في هذا الحفل الكريم الذي نحتفل فيه بنتهاء مراحل دراستنا، فالحمدلله على نعمة العلم والتعلم

فاليوم سيحمل معه حصاد مجهوداتنا الدراسية وهذا مانتظرناه كثيرا والنفس كانت تتشوق. فاليوم نحصد ثمار جهودنا وعملنا ونفرح عائلاتنا و نودع كل تعب مررنا به والقلوب تشعر بالفرح.

ولا تنسوا ان هذه الخطوة هي الاولى ومن بعدها سننطلق في بحور العلوم المختلفة و ننتقي منها ما يناسبنا كلا ما يملئه الحماس والطاقة التي تساعده على استكمال مسيرة حياته.

وبالطبع نشكرك كلا من ساهم في تعليمنا فقد ادوا رسالتهم بكل تفاني واخلاص فكل الشكر والتقدير لهم.

Dear all ladies and gentlemen, my teachers, lecturers, my brothers and sisters, class of 2017

I’ve always found spoken word poetry to be a powerful platform to spread messages

And I’m neither a poet nor an artist but I’d like to share something that I wrote for graduation

This is a poem from Vivian Ng modified by me

So, Bismillah.

I am Aisyah As-Salafiyah.

I am one of your valedictorians here today

if I told you my dream in life is to be a mother you might say, no way

but it’s true

my success has been determined by my rank in my class

but no number or rank could define genuine success

being a valedictorian doesn’t mean I’m perfect

and if you believe so then you’re horribly incorrect.

all this title manifest is that I’m just good at taking tests

but life you see is not like TOEFL or IELTS

several hours of shading A to C or D does not determine your destiny

having a title that is prestigious doesn’t really reflect success

we’ve seen time and time again respected powerful individuals revealed to be

terrible criminals

having a title didn’t cover the fact

that they manipulated their power for money and wrongful acts

having a title didn’t make them

the best

what makes you the best is that you bring the most benefit to others

how you change someone’s life

where no one’s rights or honor is sacrifice

take for example madam Murniati Mukhlisin

several years of being miss rector

she graduated approximately thousands and four hundred five individuals

blessed with the ability to see everything positively

she blessed us with the presence of a role model

a role model who taught us gratitude and humility

who let us be who we want to be

not who society tells you to be

Madam Ani,

she values all types of students

looking beyond skin color and gender to see true talent

she made us all realize that we are all blue and orange Tazkians

in this university, she created unity amongst diversity

it’s when you use the power that you are given to create beauty

to spark change

to show the good

that

is what makes you

the best

but you don’t need to have a title to be the best

our parents, especially my umi my abi

they have no Nobel Prize

all they have is a simple educational enterprise

but my umi and abi affected the life of me

they were with me since I was a little seed tiny

they planted me in home unsure of who I grow to be

like the soil they nurtured me with love and kindness

like the birds they sang songs of encouragement and confidence

they molded me to be steadfast and virtuous

they did all this

still

unsure

of who

I’d grow to be

unsure if I’d even love them back

my parents

like the Sun they’d rise every morning

they pray for me and say

May Allah guide you and I’m proud of you

that too is what makes you

the best

but being the best, is like a star that can eventually fade

if it isn’t for Allah sincere

when I ask people

when you look into the future what do you see

I get all sorts of answers

I’m famous I’m married I have a college degree

but not once does someone say

when I look into the future

I see myself being a better muslim and happy

see

happiness is often assumed or forgotten

society makes you believe you need to achieve a certain type of success

that loyalty to Islam follows success

that you are dumb if you can’t do a couple of sums

but no

life worldly is just a fantasy

success is nothing if you disobey Allah’s command

so don’t settle or let any intrusions

because money and power are simply delusions

don’t let yourself be materialized

just to realize how much you’ve sacrificed

I’m a valedictorian

that really just want to spread goodness

and some of you might think that’s not logic

but instead of being a lawyer I really just want to write

for those of you who think that’s won’t make you wealthy

as long as I’m living my life following Allah’s guidance, I’m uninvolved

if you expected me to tell you how to get a job at DinarStandard or how to publish a Scopus indexed journals

I’m sorry, my only advice is to join LinkedIn

Class of 2017..

I want you to know that your grade does not determine your fate

But your full potential is still a long way away

and that your journey at Tazkia will not lead you astray

I want you to realize

but you and you alone is in charge of your destiny

that happy isn’t just a word in your dictionary

that you don’t have to meet a legacy of the century

but to realize that you should live your life

To Allah have faith and belive

Just like what our father, Dr. Muhammad Syafii Antonio said,

Do your best and let Allah do the rest.

Thank you.

dofirfauziAisyah’s valedictorian speech.
read more

Kisah Inspiratif Alumni : “Usaha Kecil Dengan Keuntungan Meroket”

No comments

Disinilah Azzam Memulai kegiatan berdagang pada awal masuk kuliah di Institut Tazkia tahun 2010. dengan beberapa teman di kampus menjual produk kuliner seperti keripik pisang dan kue kering. Dengan metode keliling kampus dan menyebarkan promosi ke teman-teman. Namun karena tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup, aktivitas tersebut tidak bertahan lama.

Seorang tersebut adalah Mohammad Azzam kelahiran Jakarta tanggal 23 Oktober 1991. Saat ini tinggal di Magelang, Jawa Tengah bersama istri dan tiga orang putra. Azzam merupakan mahasiswa konomi Syariah Islam di Institut Tazkia. Yang dimana sudah mendirikan CV Imako Mas pada tahun 2012 dengan jumlah karyawan awal sebanyak 3 orang dan saat ini bertambah  menjadi 17 orang karyawan dengan Brand yang dimiliki oleh CV Imako Mas adalah karapao, yaitu produk makanan (bakpao) yang dibuat dalam berbagai bentuk unik. Dan CV Mustika Berkah Abadi didirikan pada tahun 2010 dengan jumlah karyawan awal sebanyak 2 orang saat ini sudah menjadi 20 orang karyawan. Kedua perusahaan ini memproduksi berbagai jenis produk makanan mulai dari makanan siap saji hingga produk berbentuk bahan dan pelengkap makanan/masakan. Saat ini memiliki 5 brand kuliner seperti Nicchi Bumbu Kare Jepang, Sambal Goreng Garam Bu Ayem, Bumbu Ayam Ungkep Bu Ayem, Kering Kentang Bu Ayem, dan Donat Frozen Kak Rani.

Selain mengelola beberapa brand kuliner, CV Mustika Berkah Abadi juga mengelola beberapa brand di kategori perkebunan dan pertanian serta di kategori bisnis edukasi.

Perjalanan merintis usaha

Dalam usahanya sekarang tidak lepas dari lika likunya percobaan hidup masa lalu. Pada tahun 2011 Azzam belajar blogging dan bisnis online ke Makassar selama kurang lebih 1 minggu. Ia mempelajari bagaimana membuat website dan menghasilkan uang melalui aktivitas blogging. Namun karena suatu hal ia berhenti belajar blogging. Akan tetapi , disini Yang jalan justru brand S-Media yang bergerak di bidang jasa pembuatan website karena sesuai dengan passion dalam desain yang bisa dikombinasikan dengan blogging dan bisnis online yang didapat sewaktu belajar di Makassar.

Sambil agency berjalan, istri Azzam membuka restoran Jepang kecil-kecilan di Bogor pada tahun 2012. Usaha ini berjalan hingga tahun 2014 kemudian tutup dikarenakan kenaikan biaya usaha yang semakin tidak terkendali. Agency juga saya hentikan di tahun 2014 untuk tidak menerima klien baru karena aktivitas kampus yang  sudah semakin padat dan sudah mendekati waktu-waktu ujian skripsi.

Setelah skripsi selesai di tahun 2015, Azzam dan istri memulai usaha Karapao yang sudah dipersiapkan sejak tahun 2014 ketika restoran Jepang sudah ada tanda-tanda tidak bisa dilanjutkan. Dan pada tahun 2017 kami sekeluarga pindah ke Magelang untuk bergabung dan membantu membangun perusahaan yang sudah dirintis oleh orang tua dari istri sejak tahun 2010. Kami membantu melakukan beberapa perbaikan dan pembaruan pada sistem-sistem yang sudah tidak relevan dan ‘memaksa’ perusahaan untuk bergerak lebih efisien dan sedikit lebih cepat. Hingga di tahun 2018 kami juga diminta oleh orang tua a untuk secara aktif membantu perusahaan dan yayasannya yang berada di daerah Yogyakarta. Aktivitas ini berjalan hingga saat ini.

Hingga di tahun 2021 ini kami memiliki portofolio beberapa brand di kategori kuliner, pertanian dan perkebunan, edukasi, dan kesehatan serta kecantikan.

Motivasi menjadi pengusaha

Dalam menjalankan usaha tentunya ada dorongann yang begitu kuat untuk Azzm menjadi seperti yang sekarang ini. Ia memberikan Motivasi awal untuk menjadi pengusaha yang memiliki beberapa mentor baik dari kalangan dosen, teman, dan profesional yang banyak memberi pengertian bahwa kalau tujuan berbisnis ingin bisa bebas finansial dan waktu itu kurang tepat. Beberapa menyebutkan bahwa justru hal tersebut hanya merupakan salah satu efek samping dari bisnis yang bisa dikatakan sudah berhasil. Mereka juga menyampaikan bahkan banyak pebisnis hebat yang waktunya tetap ‘tergadai’ bahkan pada skala bisnis yang sudah sangat besar sekali pun, karena memang bukan itu tujuannya. Akhirnya setelah melalui penempaan mental dan mindset panjang, semakin ke sini Azzam semakin sadar bahwa motivasinya menjadi pengusaha hanya satu, yaitu untuk memberikan dampak pada kehidupan orang lain, atau bahkan berdampak pada hal yang lebih besar seperti negara misalnya.

Dan sepanjang sejarah, orang-orang yang mampu memberikan dampak besar adalah orang dengan mental dan mindset yang tangguh dan tidak biasa-biasa saja. Ini menjadikan Azzam terus terpacu dan terpicu untuk selalu mengembangkan kemampuan diri baik dari sisi hard skill maupun soft skill. Hard skill mencakup kemampuan yang terlihat seperti mampu menguasai berbagai tools marketinf dan soft skill mencakup kemampuan yang hanya bisa dirasakan seperti kemampuan berpikir panjang, analisis kritis, dan mental tidak mudah menyerah menghadapi segala resiko.

Sikap mental sebagai pengusaha

Disini Azzam berbagi berdasarkan pengalamannya mengenai sikap mental yang harus ditanam untuk pengusaha di era sekarang ini seperti :

  1. Mental yakin, optimis, dan bahagia.
  2. Belajar secara efektif.
  3. Hilangkan sifat menunda-nunda.
  4. Banyak action meminilmalisir terlalu lama menimbang-nimbang sesuatu.
  5. Fokus (Stop eksplorasi jika sudah yakin terhadap sebuah pilihan).
  6. Tahan kesenangan di awal dan bangun mental menggulung bola salju.
  7. Tawakal kepada Allah.

Mahasiswa berwirausaha

Untuk rekan-rekan mahasiswa yang ingin berwirausaha, setidaknya ada 7 pesan hal yang mungkin menurut Azzam akan berguna jika dipahami dengan baik dan diamalkan. Keempat hal tersebut adalah :

  1. Niat yang kuat dan serius jika tidak kuat maka gampang sekali kehilangan arah dan motivasi dalam menjalankan bisnis.
  2. Cari mentor.Saran dan masukan dari orang (mentor) yang sudah berpengalaman seringnya lebih berguna di lapangan daripada tumpukan teori yang ada di mana-mana.
  3. Start small. Mulai dari hal yang kecil, termasuk punya modal banyak sekali pun. Kamu bisa mulai menjual produk milik produsen yang sudah mapan atau menjual jasa dengan skill yang kamu punya. Beberapa ide bisnis yang bisa kamu jalankan :
    1. Reseller produk snack, fashion, dan produk lain yang mudah dijual, penyimpanan mudah, pengiriman mudah, daya tahan cukup lama.
    2. Dropshipping
    3. Bisnis afiliasi
    4. Buka booth minuman/makanan ringan siap saji
    5. Ternak akun media sosial (Instagram)
    6. Blogging (adsense)
    7. Translator bahasa
    8. Desain grafis
    9. Pengajar privat untuk anak SD/SMP/SMA
    10. Calo properti
    11. Influencer media sosial
  1. Temukan ritme. Setelah menemukan apa yang ingin dikerjakan. Lakukan dan temukan ritmemu sendiri. Ritme di dalamnya paling tidak mencakup :
    1. Momen di mana kamu sudah bisa membagi waktu untuk kuliah dan wirausaha.
    2. Momen di mana kamu sudah mendapatkan keuntungan, bukan sebaliknya alias ngabisin uang.
  2. kamu harus segera memikirkan bagaimana bisnis ini bisa terus berjalan. Misalnya saja kamu harus mulai memikirkan bagaimana terus-terusan mencari konsumen atau klien baru untuk bisnismu. Bagaimana membuat orang yang sudah beli bisa beli lagi. Intinya bagaimana agar bisnismu bisa selalu ngomset dan untung.
  3. Belajar delegasikan. Mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk mencari orang yang bisa mengerjakan pekerjaan rutin yang mudah.
  4. Perbesar Kamu bisa mencoba untuk memperbesar skala bisnismu.
Miftahul AnwarKisah Inspiratif Alumni : “Usaha Kecil Dengan Keuntungan Meroket”
read more