Rasa cinta merupakan rasa yang paling istimewa, yang diberikan kepada makhluk alam semesta karena dari cinta semua hal indah itu tercipta, dari cinta kita bisa melihat sebuah ketulusan, keikhlasan bahkan perjuangan. Cinta bersifat fitrah selalu melekat dalam diri manusia menjadi hal yang paling hakiki serta fundamental yang dimiliki oleh manusia, cinta tidak mengenal agama, suku, ras atau Bahasa. Cinta berada disetiap sisi hati manusia, berada di tengah ramainya kota bahkan pelosok desa, karena cinta diciptakan untuk menghiasi dunia yang istimewa dengan segala penghuninya.

Jatuh cinta bukan sebuah kesalahan, karena rasa cinta datang begitu saja masuk secara kebetulan menetap dengan penuh keindahan, jatuh cinta dimulai dari kekaguman, suka, bahkan ketertarikan. Tidak ada yang aneh dari jatuh cinta karena semua manusia mengalaminya, seperti halnya rasa lapar, rasa ingin tahun, dan rasa penasaran semua hal yang wajar dialami oleh setiap insan. Karena sejatinya tuhan menciptakan sebuah rasa untuk dinikmati bukan disalahkan.

Tidak mungkin sang maha pengampun menciptakan rasa cinta tanpa alasan, karena semua yang diciptakan pasti memiliki tujuan yang selalu memiliki arti kebaikan, namun setiap insan memiliki pikiran dan perasaannya masing – masing maka terkadang cinta menjadi sebuah bencana bagi seorang manusia yang hanya melibatkan perasaan, nafsu, keinginan, tanpa keimanan. Sejatinya jatuh cinta adalah hal yang wajar namun yang menjadi perhatian adalah bagaimana kita menyikapinya.

Setiap insan selalu memiliki sikap yang berbeda tentang cinta, sebagian senang, sebagian takut, sebagian bingung, Seharusnya cinta bisa disikapi dengan tenang karena jatuh cinta bukan kita yang memilih, semua itu terjadi begitu alami seperti halnya hujan di sore hari atau matahari terbit dipagi hari, namun yang perlu di ingat cinta selalu bergandengan dengan keimanan, jangan sampai rasa cinta yang dibangun dihati untuk ciptaan melebihi rasa cinta kepada sang pencipta.

Jangan terburu – buru biarkan rasa itu abadi dalam hati, manusia tidak hanya satu didunia tuhan selalu berjanji menciptakan makhluknya berpasangan, jangan karena ketakutan atau ketertarikan kamu menghilangkan Allah dalam hatimu. Apa yang bisa kau harapkan dari manusia biasa, yang lebih mementingkan nafsunya dibanding imannya padahal tuhan lebih sempurna dari apapun, setiap kamu mengalami masalah, lelah, bahkan kebingungan dalam dosa. Allah menjadi sosok pertama yang mendatangimu dia menaruh rasa sesal didalam hatimu membuatmu memohon ampun lalu mengampuni mu.

Allah yang menciptakanmu sangat romantis dengan 5 love language nya, pertama words of affirmation Allah turunkan Alquran dengan susunan kata begitu indah mengalahkan puisi bahkan yang diciptakan oleh penyair terhebat sekalipun, kedua act of service Allah selalu membantumu tanpa kamu memintanya, menolongmu disituasi terburuk sekalipun walau kamu kadang melupakannya, ketiga receiving or giving gift setiap waktu Allah memberimu rezeki walau kamu jarang bersyukur dan mengingatnya. Keempat quality time Allah memanggilmu datang 5 kali dalam sehari namun kamu sering lalai dan tidak menghadapnya, kelima physical touch Allah selalu sentuh hatimu dengan hidayah dan cahayanya namun terkadang kamu sibuk dengan dunia, jadi siapa yang lebih romantis menurutmu tuhanmu atau manusia biasa itu.

Jangan terlalu terbawa suasana dengan cinta didalam dunia yang fana, karena semua kembali dalam kehendak sang pencipta, memang benar harus kamu sadari bahwa cinta yang tuhan tempatkan dalam hatimu tidak ada yang mampu mencabutnya kembali kecuali oleh-nya. Bukan kehilangan, kebiasaan atau jarak yang bisa merenggutnya, bahkan kekecewaan pun tidak akan mampu.

Allah ingin menunjukkan bukti kebesarannya bukan berarti kamu malah melupakannya, semakin dekat dirimu dengan Allah semakin dekat dirimu dengan yang engkau cintai, karena sejatinya yang harus dilakukan adalah mencintai penciptanya baru ciptaannya. Karena cinta harus didasari dengan perbaikan diri dan memantaskan diri untuk orang yang kamu cintai.

Semua yang menjadi takdirmu tidak akan melewatkanmu dan semua yang bukan takdirmu tidak akan menjadi milikmu, menyukai hujan tidak selalu harus basah – basahan saat ia turun, menyukai bunga tidak harus memetik untuk sekedar memilikinya. Terkadang, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dimiliki, bukan karena tidak mampu tapi untuk menjaga.

Dengan cinta air keruh menjadi jernih, karena cinta tembaga menjadi emas, semua ketidak sempurnaan jika dilihat dengan cinta menjadi sempurna. Seperti itulah tuhan memandang makhluknya tanpa membeda – bedakan derajat, jabatan, gaji, atau fisik, semua sama dimata sang pencipta dicintai dengan sempurna tanpa dilupakan. Maulana jalaluddin rumi mengatakan temui tuhanmu walau doa yang kau panjatkan penuh kemunafikan, sejauh apapun kamu berlari kembalilah karena sejatinya hanya dialah tempat kembali. Jalaludin rumi juga mengatakan ada banyak jalan menuju Allah tapi aku memilih cinta.

Bijaklah dalam mencintai dan menyikapi rasa cinta tersebut jangan sampai menjerumuskan dirimu kedalam penyesalan, karena diciptakan cinta untuk kebahagiaan bukan kegagalan, kesedihan atau kekecewaan tetaplah ingat tuhanmu apapun keadaannya karena dia lebih mencintaimu lebih dari apapun, selalu temui tuhanmu walau nikmat ibadahmu itu hampir tidak ada, bacalah Alquranmu meski seolah mati rasa dihatimu, sebab engkau tidak pernah tau disujud mana tuhan akan mendekapmu dan di ayat mana tuhan mulai melembutkan hatimu.