Berita Terbaru

Roadmap KNKS, Berkah untuk Ekonomi Syariah

No comments

Dalam webinar yang diadakan BRI Corporate University, pakar ekonomi syariah ini menilai, roadmap Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) akan lebih mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

Dalam webinar berjudul “Peran Islamic Finance dalam Menunjang Perekonomian Indonesia”, ketua STEI Tazkia mengabarkan, peta jalan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) sebenarnya sudah diterbitkan, namun belum bisa diakses oleh publik. Dalam peta jalan tersebut, di antaranya disebutkan, keuangan syariah diharapkan lebih bisa bersinergi dengan industri halal seperti makanan dan wisata halal.

Webinar kali ini diisi oleh, Ketua STEI Tazkia, Dr. Murniati Mukhlisin M.Acc sebagai pembiaya kunci. Dibuka oleh Asisten Deputi Manajemen SDM Eksekutif Kementerian BUMN, Imam Bustomi, dan sebagai tuan rumah adalah CLO BRI Corporate University, Retno Wahyuni Wijayanti dan CLO B & FS BUMN Corporate University, Lugiyem.

konomi syariah sejalan dengan SDG. Kalau melihat kepada maqasid syariah (tujuan syariah), program sustainable development goal (SDG’s) sejatinya sejalan dengan maqasid syariah. Misalnya, dalam pengembangan keuangan syariah, harus memikirkan kebermanfaatannya untuk pendidikan manusianya, atau hisbun nafs. “Juga dengan harta, bagaimana melindungi aset, rumah, harta, itu di hisbun al maal”, kata Murniati menjelaskan.

Namun, perkembangan keuangan syariah juga menghadapi tantangan. Salah satunya perlambatan, pertanyaan dari pemirsa webinar tentang melambatnya pertumbuhan keuangan syariah di Indonesia.

Dijawab oleh Murniati, kurang komprehensifnya sosialisasi menjadi penyebabnya. Belum ada sosialisasi ekonomi syariah yang lengkap. Padahal, hampir 24 jam kita berurusan dengan masalah ekonomi, dan yang namanya ekonomi harusnya dijalankan secara syariah. “kita harus taklukan godaan iblis dengan ekonomi syariah, karena sudah dikatakan dalam kitab suci, iblis akan terus menggoda manusia, dengan dari harta dan anak”, kata Murniati menjelaskan.

Untuk mempercepat perkembangan ekonomi syariah, sebenarnya, Pemerintah telah memiliki roadmap. Ada beberapa roadmap yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan juga yang sudah diluncurkan di ISEF kemarin, roadmap-nya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

“Ini menjadi keseriusan dari pemerintah kita. Dengan adanya roadmap, menjadi lebih jelas arah pengembangannya dan akan ada perangkat di dalam KNKS. Dalam roadmap itu dari tahun ke sudah ada ukuran pencapaiannya yang diiginkan. Keuangan syariah adalah salah satu dari industri halal. Kita malu, kita mayoritas Muslim, tapi bukan pemain utama keuangan syariah, masih banyak negara non Muslim yang menjadi pemain utama”, kata Murniati menjelaskan.

Ke depan, menurutnya penting juga untul menjadikan industri keuangan syariah bisa membantu pengembangan industri makanan halal dan wisata.

Miftahul AnwarRoadmap KNKS, Berkah untuk Ekonomi Syariah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *