Berita Terbaru

Islamic Law Days: Ajang Peningkatan Kualitas Mahasiswa Muamalah

No comments

Salah satu standar kualitas mahasiswa adalah kemampuannya dalam menguasai teori dan praktik ilmu pada bidangnya. Teori yang didapatkan di kelas haruslah diiringi dengan pemahaman praktik di lapangan, sehingga terjadi link and match atau keterhubungan antara teori yang dipelajari di kelas dengan apa yang ada di lapangan atau masyarakat.

Guna melakukan sinkronisasi ini maka Program Studi Hukum Ekonomi Syariah STEI Tazkia Bogor mengadakan ajang tahunan yang diberi nama Islamic Law Days. Acara yang diadakan rutin setiap tahun ini menghadirkan beberapa tokoh nasional dan internasional yang ahli dalam bidang syariah, hukum dan ekonomi Islam.

Islamic Law Days 2018 yang berlangsung dari 04-05 Mei 2018 menghadirkan Ust. Makmun el-Thubany, Dr. Saharuddin, M.H. dari Komnas HAM Republik Indonesia serta Dr. Azhar Jaafar  Ramly. Acara yang dikelola oleh Basmalah sebagai Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi Hukum Ekonomi Syariah berlangsung meriah.

Acara ini diawali dengan Workshop Belajar Bahasa Arab dengan Metode Cepat. Ust. Makmun selaku pemateri memberikan beberapa tips rahasia bagaimana belajar bahasa Arab secara mudah dan cepat. Tidak hanya mahasiswa dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah namun juga dari program studi lain juga ikut memadati workshop ini.

Agenda berikutnya yaitu presentasi essay Muamalah yang diikuti oleh mahasiswa STEI Tazkia Bogor. Ada tiga nominasi yang telah lulus seleksi dan berhak untuk mempresentasikan di depan penguji yaitu Dr. Abdurrahman Misno BP, MEI dan Muhammad Kowi, S. Akun. Essay yang masuk sangat menarik dan sangat mungkin untuk dikembangkan menjadi penelitin lebih lanjut, misalnya essay yang ditulis oleh Raehan dengan judul Implementasi Akad Muzaraah dalam Bisnis Modern. Essay ini enjadi juara pertama dalam kompetisi ini.

Selanjutnya adalah lomba Battle of Brain, yaitu cerdas cermat yang berisi materi-materi tentang Muamalah yang diikuti oleh lima orang peserta. Agenda ini sangat meriah karena menguji kemempuan mereka dalam pengetahuan muamalah. Juara pertama dalam ajang ini adalah Adzkia dari Prodi BMS.

Acara puncak dari Islaic Law Days adalah Seminar Nasional dengan tema “Perkembangan Hukum Ekonomi Syariah di Alam Melayu”. Seminar yang diisi oleh Dr. Abdurrahman Misno BP, MEI sebagai Kepala Prodi Muamalah, Dr. Saharuddin, MH. Dan Dr. Azhar Jaafar Ramly dari (University College of Yayasan Pahang (UCYP) Malaysia. Mahasiswa diberikan pemahaman lebih mengenai perkembangan Hukum Ekonomi Syariah di Alam Melayu khususnya di Indonesia dan Dunia.

Pelaksanaan Islamic Law Days 2018 sangat bermanfaat bagi mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah sehingga ke depan ia akan terus menjadi ajang tahunan prodi ini. “Agenda ini memberikan peningkatan pemahaman mahasiswa khususnya mengenai perkembangan HES (Muamalah) di dunia” demikian ungka Dr. M menutup dengan resmi agenda ini.

Miftahul AnwarIslamic Law Days: Ajang Peningkatan Kualitas Mahasiswa Muamalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *