Berita Terbaru

LPPM-Tazkia Hadirkan BI dalam acara Monday Forum

No comments

Senin, 09 April 2019 M/ 22 Rajab 1439 H, Kepala LembagaPenelitiandanPengabdianMasyarakat (LPPM) STEI Tazkia, Ibu Ries Wulandari mengundang salah satu peneliti Departemen Ekonomi Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) yaitu Ibu Siti Rahmawati untuk sharing terkait Kebijakan Pengembangan Ekonomi Keuangan Syariah pada acara rutin Monday Forum.

Saat ini, Indonesia dengan mayoritas muslim terbesar belum dapat menjadi benchmark dalam perkembangan ekonomi syariah. Menurut Global Islamic Economics,  Indonesia masuk kedalam sepuluh besar pada tiga kategori industri halal yaitu, keuangan, farmasi & kosmetik halal serta travel. Ibu Siti memberikan gambaran kunci sukses keuangan syariah dari beberapa negara benchmark seperti Malaysia, Sudan dan Dubai yaitu dengan mencanangkan keuangan syariah sebagai program nasional. Hal ini sejalan denganharapan BI mengenai pengembangan keuangan syariah ke depan yaitudengan membuat otoritas khusus keuangan syariah.

Pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dengan dosen-dosen STEI Tazkia. Diskusi ini membahasbagaimana mengembangkan sumber daya manusia yang dibutuhkan bagi keuangan syariah dengan harapan STEI Tazkia dapat berkontribusi dalam riset serta sumber daya manusia syariah yang berkualitas.

Monday Forum dilanjutkan dengan presentasi proposal penelitian dari dua dosen Tazkia yaitu Nashr Akbar dengan judul penelitian ‘Determinan Inflasi: Pembuktian Teori AL-MAQRIZI.’ Pemaparan selanjutnya tentang ‘Analisis Rantai: Pendekatan dalam Merancang Produk Keuangan Syariah. (Studi Kasus Pada Perajin Sepatu yang tergabung pada Koperasi Pengrajin Sepatu Ciomas Bogor)’ oleh Mukhamad Yasid.

 

Miftahul AnwarLPPM-Tazkia Hadirkan BI dalam acara Monday Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *