Berita Terbaru

Ukhuwah dan Berjamaah Kunci Kejayaan Ekonomi Syariah

No comments
Ekonomi Syariah bukanlah hanya milik perbankan,  asuransi, pasar modal, dan lembaga keuangan modern lainnya. Ia adalah milik umat Islam, bahkan jika merujuk pada fungsi Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam, maka sejatinya ekonomi Islam adalah ekonomi yang selaras dengan fitrah manusia tanpa melihat agama dan kepercayaannya. Merujuk pada fakta ini maka ekonomi syariah haruslah terus disebarkan ke seluruh pelosok negeri bahkan ke setiap sudut jagad raya.
Salah satu dari kunci sukses penyebaran ekonomi syariah adalah Dakwah Ekonomi Syariah yang harus terus digaungkan oleh para dai dan seluruh umat Islam. Tentu saja ia melibatkan seluruh komponen umat Islam untuk memanfaatkan seluruh moment yang ada sebagai masa untuk mengenalkan dan mensosialisasikan ekonomi yang adiluhung ini.
Perayaan Hari Besar Islam adalah moment yang sangat special karena pada hari tersebut umat Islam berkumpul dan telah siap dengan tausiah Islamiyah. Sehingga moment ini tidak boleh disia-siakan untuk menyebarkan, mengenalkan, dan memahamkan umat mengenai ekonomi Islam.
Dr. Abdurrahman Misno BP, MEI sebagai Kepala Prodi Hukum Ekonomi Syariah sangat memahami hal ini, sehingga saat diundang untuk menyampaikan tausiah Islamiyah selalu memanfaatkan momen ini untuk mengenalkan dan mensosialisasikan ekonomi syariah. “Kalau kita betul-betul taat Allah dan RasulNya, dan kita juga mencintai Umat Islam dan Indonesia maka satu-satunya cara adalah dengan melaksanakan ekonomi Syariah” demikian ujar Dr. M dengan lantang di hadapkan Jamaah Masjid Nuruzaman Bogor Tengah.
Tausiah yang dihadiri oleh ibu-ibu, bapak-bapak, remaja masjid dan anak-anak yang berada di Bogor Tengah berlangsung sangat meriah. Bahkan hadirin yang hadir rela duduk di teras masjid dan jalan raya di depan masjid.
Dalam tausiahnya Dr. M menyatakan bahwa ekonomi Islam tidak akan bisa berjaya tanpa adanya ukhuwah Islamiyah yang kokoh, salah satu yang bisa diaplikasikan dengan mudah adalah dengan membeli dari saudara muslim. Selain itu menurut dosen STEI Tazkia ini bahwa *Berjama’ah* adalah kunci sukses berikutnya. Tidak akan maju umat ini jika masih berkutat dalam perselisihan furuiyyah, merasa benar sendiri dan mudah menyalahkan orang lain. Maka berjamaah adalah kita bersama memajukan ekonomi syariah dengan membentuk berbagai lembaga bisnis yang berbasis umat.
Doktor bidang Islamic Law dari UIN Sunan Gunung Djati ini juga menyatakan bahwa saat ini masa di mana kita harus berjihad, jihad yang sangat urgen dan kontekstual adalah Jihad Ekonomi Syariah. Saat ini umat Islam tengah dijajah secara ekonomi, maka melawan kapitalisme dengan santun adalah solusi mulia.
Maka, Ukhuwah dan Berjamaah adalah salah satu kunci sukses bagi berjayanya ekonomi syariah. Sehingga sudah saatnya kampus dan akademisi terus menyebarkan ekonomi Syariah, salah satu medianya adalah momen di mana umat Islam berkumpul yaitu hari-hari besar Islam. Mari Jalin Ukhuwah dan Sentiasa Berjamaah.
Miftahul AnwarUkhuwah dan Berjamaah Kunci Kejayaan Ekonomi Syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *