Berita Terbaru

Dakwah Ekonomi Syariah: Menembus Batas

No comments
Oleh; Dr. Abdurrahman Misno BP, MEI (KepalaProdi Hukum Bisnis Islam STEI Tazkia)
Ekonomi Syariah adalah ekonomi adiluhung, ia adalah sistem ekonomi yang pasti benar dan sesuai dengan kebutuhan manusia. Pasti benar karena berasal dari Allah Ta’ala, Dzat Yang Maha Benar. Sehingga setiap muslim harus yakin akan kebenarannya serta tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak menjalankannya.
Namun sayangnya sosialisasi dan dakwah ekonomi syariah masih sangat terbatas, sehingga masih ada masyarakat yang menganggap bahwa ekonomi syariah tidak jauh berbeda dengan ekonomi ribawiyah. Sebagian lagi menganggap bahwa ekonomi syariah hanya sebatas ekonomi moral dan etika semata.
Padahal jelas, bahwa ekonomi syariah adalah sistem ekonomi yang memberikan solusi bagi berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, riba yang sangat mendzalimi rakyat, denda yang memberatkan nasabah hingga gharar yang hampir ada pada setiap transaksi modern saat ini.
Sayangnya dakwah ekonomi Syariah masih sangat terbatas; ia masih terbatas sebagai subyek kajian akademisi di kampus,  atau bahan pengajian di masjid dan majelis taklim. Sehingga harus ada terobosan baru dalam mensosialisasikan dan mendakwahkannya.  Karena masyarakat tidak hanya ada di masjid, majelis taklim, atau sekolah. Mereka juga ada di pasar, mall, mini market, restaurant dan cafe-cafe.
Salah satu tempat yang banyak didatangi oleh masyarakat baik tua ataupun muda adalah cafe. Mereka tidak hanya makan dan minum, namun juga melakukan aktifitas lainnya seperti arisan, silaturahmi atau hanya nongkrong dan ngobrol sesama mereka.
Cafe Te ‘ Sra adalah salah satu dari cafe yang menjadi tempat nongkrong para remaja dan masyarakat yang tinggal di sekitar Kota Bogor. Cafe ini biasanya digunakan oleh masyarakat Bogor khususnya generasi muda untuk sharing dan unjuk gigi group band mereka. Namun tempat ini kemudian disulap menjadi media dakwah untuk ekonomi Syariah.
Dr. Abdurrahman Misno BP, MEI selaku dosen sekaligus Kepala Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) STEI Tazkia Bogor menjadikan cafe ini sebagai tempat untuk berdakwah ekonomi syariah.
Acara yang digelar pada Ahad, 14 Maret 2018 ini mengambil tema “Ekonomi Syariah; Solusi Berkah Dunia Akhirah”.
Sebuah metode dakwah ekonomi syariah yang ‘Menembus Batas’, karena diadakan di tempat yang berbeda dan belum pernah terpikirkan sebelumnya.
“Saya sangat berterimakasih atas acara yang diadakan di tempat ini, sangat bermanfaat bagi saya dan tamu yang hadir” komentar dari Eka Kusmayadi seorang peserta yang merupakan Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia ini.
“Upaya untuk mensosialisasikan dan dakwah ekonomi syariah akan terus kami lakukan, karena hanya sistem ekonomi ini yang bisa menjadi solusi berbagai persoalan ekonomi bangsa ini” tutur Dr. M panggilan akrab Dr. Abdurrahman Misno BP, MEI sebagai
pemateri tunggal acara ini.
Para peserta merasa puas dengan kegiatan ini dan menginginkan acara serupa diadakan lagi. “Kami sangat mengharapkan acara ini berlanjut kembali karena kami ingin mengetahui lebih dalam mengenai ekonomi syariah” ucap Ahmad seorang peserta yang merupakan pengusaha dari wilayah Depok.
“Bagi peserta yang ingin lebih dalam belajar ekonomi syariah bisa datang ke STEI Tazkia, karena selain mengajarkan mahasiswa kampus ini juga memiliki 14 pusat studi yang siap melayani masyarakat yang ingin berkonsultasi masalah ekonomi syariah” papar Dr. Abdurrahman Misno BP sedikit beriklan.
Semoga dengan kegiatan ini ekonomi syariah semakin berkembang dan dipahami serta diaplikasikan oleh masyakarat. Karena hanya sistem ekonomi ini yang akan menyelamatkan masyakarat dari jeratan ekonomi kapitalis yang selama ini menghancurkan tatanan perekonomian umat. Wallahualam…
Miftahul AnwarDakwah Ekonomi Syariah: Menembus Batas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *