Rubrik Tanya Jawab-Anita A


2016-04-08 09:05:46

Anita A, S.EI, M.AK

Ka.Prodi EI

Pertanyaan:

Saya ingin mengajukan pembiayaan ke bank tetapi tidak punya jaminan. Saya sangat ingin untuk meningkatkan usaha saya. Saya dengar bahwa Tazkia memiliki program keuangan mikro. syariah. Apakah boleh dijelaskan seperti apa sistemnya? Terima kasih.

Jawaban

Program keuangan mikro syariah ini berada di bawah Koperasi Pemberdayaan Tazkia. Program pemberdayaan ini biasanya dilakukan terhadap sebuah komunitas, biasanya di sebuah desa. Daerah yang akan dipilih disurvey terlebih dahulu untuk melihat kelayakan penduduknya menyelenggarakan program tersebut. Setelah dianggap layak, barulah dibuat pemetaan.

Sebelum dilaksanakan program, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi, terutama kepada aparat desa atau tokoh masyarakat. Hal ini penting agar program yang akan dilaksanakan mendapat dukungan, terutama dari para pejabat yang berwenang.

Setelah mendapatkan izin dari aparat, baru kemudian dilakukan sosialisasi terhadap masyarakat, terutama yang tertarik untuk mengikuti program ini. Sasaran dari program pemberdayaan ini adalah para ibu rumah tangga. Mereka yang tertarik kemudian diuji kelayakannya, dengan beberapa indikator seperti berapa banyak anggota keluarga, apa saja asset yang dimiliki, berapa pendapatan per bulan, dan bagaimana kondisi tempat tinggalnya.

Masyarakat yang tertarik dengan program ini, nantinya akan dibuat dalam kelompok kelompok yang masing masing terdiri dari lima orang. Selanjutnya akan diberikan pelatihan. Setelah itu akan diadakan tes untuk menentukan kelompok mana yang layak mendapatkan pinjaman. Sistem pemberian pinjaman diberikan dalam kelompok untuk memastikan bahwa satu sama lain saling mengingatkan untuk membayar kembali pinjamannya. Setelah diberikan pinjaman, semua kelompok tetap diberikan pembinaan baik secara kewirausahaan maupun secara spiritual.

© 2017 Tazkia Markazia.